13 Cara Memanjangkan Rambut dengan Mudah dan Cepat

Image title
22 Oktober 2021, 09:30
cara memanjangkan rambut
Unsplash
Ilustrasi orang yang menggunakan sampo

Tahukah Anda, bahwa sel rambut merupakan sel kedua yang tumbuh tercepat setelah usus. Kecepatannya bertumbuh pun mudah disadari. 

Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Honestdocs.id, ada berbagai macam trik untuk menumbuhkan rambut dalam kurun waktu singkat. Standar kecepatan tumbuh rata-rata rambut sekitar setengah inci atau setara 1,25 centimeter (cm) setiap bulannya. Sehingga, dalam setahun rambut tumbuh hanya enam inci.

Advertisement

Menghitung durasi yang cukup panjang tersebut, kemudian muncul berbagai cara memanjangkan rambut. Meskipun begitu, belum ada metode terbukti klinis yang dapat menumbuhkan rambut lebih panjang dari kecepatan pertumbuhan rata-rata.

Rambut orang Asia misalnya, pada umumnya lebih tebal dan kasar dibandingkan rambut penduduk Afrika atau ras Kaukasia. Oleh karenanya, kulit kepala manusia ada yang ditumbuhi 90 ribu helai rambut hingga 150 ribu helai rambut.

Namun, Anda jangan berkecil hati bila ingin memanjangkan rambut dalam waktu singkat. Berikut tipsnya yang bisa dilakukan dengan rumah:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Serupa dengan kulit, rambut juga mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika ingin rambut sehat, maka konsumsilah makanan bergizi, hal itu sebagai salah satu cara memanjangkan rambut dengan gizi yang seimbang.

Berikut beberapa hal yang perlu dipenuhi sebagai cara memanjangkan rambut"

a. Air
Kulit kepala juga bisa kering kalau tubuh dehidrasi. Untuk itu, minumlah air sekitar 1,5-2 liter setiap harinya, atau lebih, jika Anda rutin berolahraga atau tinggal di daerah yang panas.

b. Protein
Setiap 90% rambut tersusun dari protein (keratin), otomatis nutrisi ini sangat penting, apalagi tubuh tak bisa memproduksi keratin sendiri.

Khusus kaum pria, konsumsi 120 gram protein hewani saat sarapan dan makan siang sangat direkomendasikan. Sementara bagi vegetarian, umumnya butuh lebih dari 120 gram protein nabati dari sumber pangan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu.

Sedangkan bagi wanita, setiap harinya pihak departemen pertanian Amerika Serikat (AS) atau USDA menyarankan perempuan usia 31-50 mengonsumsi sedikitnya 5 ons (142 gram) protein dan 5,5 ons (156 gram) untuk yang berusia 19-30 tahun.

Untuk hasil terbaik, jangan makan sembarang protein. Utamakan pada protein dari ikan atau seafood yang tak hanya berkualitas tinggi, namun juga rendah lemak jenuhnya. Di samping itu, seafood juga kaya akan asam lemak esensial yang penting untuk bahan pelapis rambut.

c. Biotin
Sama seperti sel tubuh lainnya, sel rambut juga dilapisi semacam membran yang terdiri dari lemak. Pakar nutrisi asal New York, Brooke Alpert mengatakan “agar sel dapat berkembang biak, maka kita perlu menjaga kesehatan lapisan lemaknya dengan cara mengonsumsi lemak sehat atau biotin.”

Biotin atau vitamin H, merupakan bentuk vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan menjadi energi. Tak hanya itu, biotin juga membantu metabolisme lemak, karbohidrat, dan asam amino. Makanan sumber biotin antara lain seperti salmon, tiram, alpukat, kembang kol, sarden, susu, keju, kuning telur, dan kacang-kacangan seperti almon, kacang tanah, pecan, serta walnut.

d. Vitamin C
Vitamin C tak hanya penting bagi produksi kolagen yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit, namun juga sumber antioksidan penangkal radikal bebas berbahaya. Vitamin bisa diperoleh dari buah jeruk, ubi manis, dan paprika merah.

e. Bayam dan Brokoli
Kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab rambut patah atau rontok. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A tersebut, Anda perlu rajin mengonsumsi bayam dan brokoli untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain vitamin A, bayam juga mengandung protein, sedangkan brokoli sarat dengan vitamin B yang juga penting menguatkan rambut.

f. Sarapan Bernutrisi
Jangan pernah meremehkan pentingnya sarapan sehat setiap pagi. Tak hanya dapat recharge kulit kepala  serta folikel rambut. Sarapan dengan menu bernutrisi mampu memberikan energi yang diperlukan untuk membentuk sel rambut.

2. Kurangi Keramas Menggunakan Air Terlalu Dingin atau Panas

Saat tubuh merasa gerah, Anda mungkin ingin menggunakan air dingin untuk mandi. Namun, jangan menyiramkan air tersebut langsung pada kulit kepala. Kingsley menjelaskan bahwa suhu dingin yang ekstrim bisa mengerutkan pembuluh kapiler di kulit kepala yang bertugas mendistribusikan nutrisi dan membuang kotoran dari permukaan kulit, sedangkan air panas dapat mengikis kelembaban alami serta melemahkan helaian rambut.

Karenanya sedapat mungkin, cucilah rambut dengan memakai air hangat. Nanti saat membilasnya, Anda boleh menggunakan air yang sedikit lebih dingin karena kulit kepala sudah beradaptasi dengan suhu air yang dipakai sebelumnya.

3. Kurangi Sampo dan Perbanyak Kondisioner

Cara memanjangkan rambut lainnya dengan mengurangi penggunaan sampo dan tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Alasannya, sampo dapat membuat rambut lebih kering dan rapuh. Pemilik Cutler Salons, Rodney Cutler, menjelaskan bahwa lebih baik menghindari sampo yang tinggi kandungan deterjen dan sulfat, karena dapat mengikis minyak alami rambut dan kulit kepala. Padahal, minyak alami rambut dapat menjaga kelembut dan bersinar.

Lantas bagaimana kalau berkeringat setiap hari, sehingga rambut perlu dicuci? Solusinya dengan mengganti sampo dengan kondisioner berkualitas. Tak hanya memelihara ujung rambut dari kerusakan, kondisioner juga dapat meminimalisir risiko rambut kusut, bercabang, dan patah. Kondisioner juga dapat menggantikan minyak alami rambut yang hilang, sehingga kelembabannya terjaga.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement