5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Obat Stres hingga Liver

Image title
26 Oktober 2021, 19:15
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Sebagai negara tropis yang dilewati garis khatulistiwa, pohon kelapa dengan mudah dan tumbuh subur di berbagai wilayah kabupaten dan kota. Banyaknya pohon dan buah kelapa akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya untuk memasak, minyak kelapa diklaim menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Minyak Kelapa

Sebagai salah satu jenis minyak nabati, minyak kelapa dapat menjadi bahan baku dari berbagai kebutuhan harian, seperti sampo, bahan memasak hingga salah satu campuran bahan dasar kopi.

Pada era-era saat ini, khasiat minyak kelapa juga populer bagi tubuh. Hal itu didukung kandungannya, yang diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kompoisisi minyak kelapa mengandung 100 % lemak, di mana 80-90 % diantaranya merupakan lemak jenuh. Hal ini yang membuat minyak kelapa memiliki tekstur lebih kuat pada suhu dingin atau ruangan.

Minyak kelapa memiliki beberapa jenis asam lemak jenuh, antara lain:

1. asam laurat,
2. asam miristat, dan
3. palmitat.

Selanjutnya, asam lemak jenuh pada minyak kelapa juga mengandung asam lemak tak jenuh yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Meski jumlahnya tak mendominasi kandungan dalam minyak kelapa, namun cukup menjadi sorotan dan favorit.

Di sisi lain, minyak kelapa tidak mengandung kolesterol, serat, dan hanya sedikit vitamin, mineral, serta sterol. Sterol pada tumbuhan mempunyai struktur kimia yang mirip dengan kolesterol darah. Hal ini bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol.

Meskipun demikian, kandungan sterol yang terdapat pada beberapa sendok minyak kelapa cukup kecil, sehingga tidak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Manfaat Minyak Kelapa

Kehadiran minyak kelapa tidak hanya digunakan di Indonesia saja, namun telah melalang buana ke berbagai negara. Bahkan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada hingga Australia juga menggunakan minyak kelapa. Berikut manfaatnya, dilansir dari hellosehat.com:

1. Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Manfaat minyak kelapa yang pertama, adalah memperbanyak kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut muncul dari jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut.

Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...