5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Obat Stres hingga Liver

Berikut sejumlah manfaat minyak kelapa yang bisa digunakan dalam keseharian demi menjaga kesehatan.
Image title
26 Oktober 2021, 19:15
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Sebagai negara tropis yang dilewati garis khatulistiwa, pohon kelapa dengan mudah dan tumbuh subur di berbagai wilayah kabupaten dan kota. Banyaknya pohon dan buah kelapa akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya untuk memasak, minyak kelapa diklaim menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Minyak Kelapa

Sebagai salah satu jenis minyak nabati, minyak kelapa dapat menjadi bahan baku dari berbagai kebutuhan harian, seperti sampo, bahan memasak hingga salah satu campuran bahan dasar kopi.

Pada era-era saat ini, khasiat minyak kelapa juga populer bagi tubuh. Hal itu didukung kandungannya, yang diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kompoisisi minyak kelapa mengandung 100 % lemak, di mana 80-90 % diantaranya merupakan lemak jenuh. Hal ini yang membuat minyak kelapa memiliki tekstur lebih kuat pada suhu dingin atau ruangan.

Advertisement

Minyak kelapa memiliki beberapa jenis asam lemak jenuh, antara lain:

1. asam laurat,
2. asam miristat, dan
3. palmitat.

Selanjutnya, asam lemak jenuh pada minyak kelapa juga mengandung asam lemak tak jenuh yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Meski jumlahnya tak mendominasi kandungan dalam minyak kelapa, namun cukup menjadi sorotan dan favorit.

Di sisi lain, minyak kelapa tidak mengandung kolesterol, serat, dan hanya sedikit vitamin, mineral, serta sterol. Sterol pada tumbuhan mempunyai struktur kimia yang mirip dengan kolesterol darah. Hal ini bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol.

Meskipun demikian, kandungan sterol yang terdapat pada beberapa sendok minyak kelapa cukup kecil, sehingga tidak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Manfaat Minyak Kelapa

Kehadiran minyak kelapa tidak hanya digunakan di Indonesia saja, namun telah melalang buana ke berbagai negara. Bahkan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada hingga Australia juga menggunakan minyak kelapa. Berikut manfaatnya, dilansir dari hellosehat.com:

1. Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Manfaat minyak kelapa yang pertama, adalah memperbanyak kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut muncul dari jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut.

Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengendalikan Stres

Tidak hanya meningkatkan kolesterol baik atau HDL saja, khasiat minyak kelapa lainnya yakni membantu mengelola stres. Akan tetapi, stres yang dimaksud memiliki kaitan dengan stres pasca melakukan olahraga. Manfaat itu timbul dari sifat antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas kemungkinan bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine. Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat mengobati beberapa jenis depresi.

3. Menunda Rasa Lapar

Minyak kelapa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Rajin mengonsumsi minyak kelapa, mampu menunda rasa lapar Anda.

Manfaat dalam proses menunda lapar bisa terjadi karena adanya kandungan MCT di dalamnya. Proses kerja MCT ditengarai memiliki hubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, mengingat beberapa studi yang dilaporkan berskala kecil dan dilakukan dalam waktu singkat. Bila manfaat ini bertahan lama, ada kemungkinan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga berkaitan dengan produk kecantikan. Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit.

Perlu diingat, bahwa khasiat itu hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit. Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak, belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Liver

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga kesehatan hati, salah satu pilihannya dengan memanfaatkan minyak kelapa. Hal ini bahkan sudah dilaporkan dalam studi yang dimuat dalam Journal of the Science Food and Agriculture.

Pada penelitian tersebut menguji coba tikus yang menderita penyakit liver untuk mengonsumsi diet glukosa tinggi. Diet dibagi menjadi dua kategori, dengan dan tanpa minyak kelapa.

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki kesehatan hati lebih baik setelah empat minggu dibandingkan tikus yang tidak mengonsumsinya. Ini menunjukkan potensi khasiat minyak kelapa dalam melindungi kesehatan hati.

Kiat-kiat Memilih Minyak Kelapa

Setelah membaca manfaat minyak kelapa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari proses memilih minyak kelapa. Ada pun beberapa tips memilih, menyimpan, dan menggunakan minyak kelapa, meliputi:

  • Hindari minyak kelapa yang terhidrogenasi parsial
  • Simpan minyak kelapa di tempat yang sejuk dan gelap
  • Gunakan minyak kelapa untuk memanggang
  • Pengganti mentega dan baik untuk resep vegan

Selain itu, pilih minyak kelapa yang memiliki label extra virgin oil. Bagi Anda penderita penyakit tertentu,  perlu mengonsultasikan proses konsumsi minyak kelapa kepada dokter terdekat atau ahli gizi, guna mendapatkan solusi yang tepat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait