Manfaat Pohon Kelapa dari Akar hingga Pucuk Daun

Berikut manfaat pohon kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan dari konsumsi rumah tangga hingga kebutuhan bangunan.
Image title
26 Oktober 2021, 23:50
manfaat pohon kelapa
Arief Kamaludin|KATADATA
Seorang petani yang sedang menanam demi meraih manfaat pohon kelapa

Sebagai negara tropis, pohon kelapa dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Dalam catatan Royal Botanic Gardens, kelapa merupakan anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan atau arecaceae. 

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia, sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga sebutan untuk buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini.

Tanaman kelapa secara subur tumbuh dan dibudidayakan di berbagai negara tropis basah dunia. Tetapi, 94,64 % produksinya datang dari kawasan Asia Pasifik. Indonesia menjadi tempat dengan luas perkebunan dan produksi kelapa terbesar, diikuti oleh Filipina dan India.

Pohon kelapa memiliki sejumlah ciri-ciri, seperti akar serabut yang kuat, batang ramping tegak dan tidak bercabang, daun berpelepah, serta sirip-sirip lidi yang menopang daun. Usia pohon kelapa cukup lama, bisa mencapai satu abad di usianya yang tertua. Namun, umur produktifnya hanya bertahan di usia 30 tahun.

Advertisement

Tinggi pohon kelapa bisa mencapai 30 meter, dengan 80-120 buah per pohon dalam setahun. Tetapi, nyaris semua bagian tanaman kelapa bermanfaat bagi kehidupan. Tidak heran, pohon kelapa dikenal sebagai pokok serba guna.

Manfaat Pohon Kelapa dari Akar hingga Pucuk Daun

Dilansir dari buku Kelapa Pohon Kehidupan karya FG Winarno, diketahui sejumlah manfaat pohon kelapa mulai dari akar paling dalam, hingga daunnya paling pucuk. Berikut manfaat pohon kelapa:

Daun Kelapa

  1. Menjadi bingkai lemari
  2. Dirangkai menjadi hiasan janur dan dekorasi pada acara adat maupun kontemporer
  3. Dapat dianyam menjadi sarang ketupat, tempat buah, keranjang sampah, kipas, sandal, tas tangan, dan topi
  4. Tulang daun kelapa dapat menjadi bahan baku sapu lidi
  5. Pucuk daun kelapa dapat dibuat menjadi makanan, seperti asinan
  6. Manggar atau pangkal pelepah daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula

Daging Buah Kelapa

Daging buah kelapa berwarna putih dengan tebal 8-15 milimeter (mm). Daging buah kelapa mengandung berbagai zat gizi dan minyak nabati. Berikut manfaat daging buah kelapa:

  1. Dijadikan santan untuk membuat sayur, soto, gulai, rendang, dan ragam hidangan lain
  2. Dapat dikerok, diparut, dan dikeringkan menjadi bahan baku makanan ringan dan minuman
  3. Menghilangkan kerutan di wajah dan mengurangi tumit pecah-pecah
  4. Melembabkan kulit
  5. Mencegah uban dan menghilangkan ketombe
  6. Menghilangkan jerawat dan menyamarkan lutut atau siku yang hitam
  7. Membersihkan ubin lantai

Air Kelapa

Air kelapa yang terdapat dalam buah kelapa mengandung protein, lemak, beberapa mineral, dan sedikit karbohidrat. Air kelapa yang difermentasi dapat menjadi nata de coco. Berikut manfaat air kelapa:

  1. Membantu menjaga pola makan (diet) dengan meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi rasa lapar, mengubah lemak jadi massa otot, dan membantu fungsi tiroid dalam menurunkan berat badan
  2. Memenuhi kebutuhan vitamin B
  3. Alternatif minuman sehat dan minuman isotonik
  4. Memperlancar pencernaan
  5. Menetralisir racun
  6. Mencegah batu ginjal dan memperbaiki sirkulasi darah
  7. Mengobati penyakit chikungunya, membunuh parasit giardia lamblia, dan membantu proses penyembuhan kolera
  8. Mengatasi mabuk kendaraan
  9. Mencegah osteoporosis

Minyak Kelapa

Daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak yang kemudian memiliki banyak manfaat, seperti:

 1. Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Manfaat minyak kelapa yang pertama, adalah memperbanyak kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut muncul dari jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut.

Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengendalikan Stres

Tidak hanya meningkatkan kolesterol baik atau HDL saja, khasiat minyak kelapa lainnya yakni membantu mengelola stres. Akan tetapi, stres yang dimaksud memiliki kaitan dengan stres pasca melakukan olahraga. Manfaat itu timbul dari sifat antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas kemungkinan bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine. Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat mengobati beberapa jenis depresi.

3. Menunda Rasa Lapar

Minyak kelapa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Rajin mengonsumsi minyak kelapa, mampu menunda rasa lapar Anda.

Manfaat dalam proses menunda lapar bisa terjadi karena adanya kandungan MCT di dalamnya. Proses kerja MCT ditengarai memiliki hubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, mengingat beberapa studi yang dilaporkan berskala kecil dan dilakukan dalam waktu singkat. Bila manfaat ini bertahan lama, ada kemungkinan bisa membantu menurunkan berat badan.

 4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga berkaitan dengan produk kecantikan. Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit.

Perlu diingat, bahwa khasiat itu hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit. Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak, belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

Batang Kelapa

Batang kelapa yang sangat tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap,  Dengan begitu, batang kelapa juga memiliki banyak manfaat, seperti:

  1. Dibentuk menjadi perabotan dengan motif menarik seperti meja, kursi, bingkai lukisan, dan lain-lain
  2. Menjadi bahan dasar pembangunan rumah, jembatan darurat, kerangka perahu, alas genteng, papan, kayu, dan lain-lain

Akar Kelapa

Akar kelapa menginspirasi teknologi penyangga bangunan cakar ayam seperti di Bandara Soekarno-Hatta oleh Sedyatmo. Berikut manfaat akar kelapa:

  1. Menjadi zat pewarna perabotan rumah tangga
  2. Diramu menjadi obat-obatan dengan takaran tertentu

Bunga Kelapa

  1. Nira bunga kelapa dapat dikemas menjadi minuman ringan yang bisa disimpan atau dikonsumsi secara langsung
  2. Sari nira dijadikan sebagai gula kelapa yang mengeras setelah melalui proses pemanasan atau dimasak

Produksi Pemanfaatan Kelapa di Indonesia

Asia dan Pasifik menghasilkan 5,3 juta ton kelapa atau setara 82 % produksi dunia yang meliputi 12 negara, sedangkan sisanya oleh negara di Afrika dan Amerika Selatan. Indonesia merupakan negara dengan produksi kelapa terluas dan tersebar di Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku.

Indonesia juga menyandang predikat sebagai produsen kelapa terbesar di dunia, dengan jumlah produksi 183 juta ton kelapa per tahun pada 2018. Sebagian besar kelapa Indonesia diproduksi di Sulawesi Utara.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait