7 Manfaat Daging Kambing Etawa bagi Kesehatan dan Imunitas Tubuh

Image title
28 Oktober 2021, 22:10
Ilustrasi manfaat daging kambing etawa
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Sejumlah wisatawan menyaksikan proses memerah susu kambing peranakan Etawa (PE) di kawasan bukit Menoreh desa ekowisata Ngargoretno, Salaman, Magelang, Jawa tengah, Sabtu (27/3/2021). Masyarakat pegiat wisata bersama pemerhati lingkungan di kawasan tersebut kembali membangkitkan pariwisata perpaduan antara wisata alam dan wisata edukasi melalui program desa Pakar (pelestarian alam berbasis kearifan lokal dan ekonomi kerakyatan) dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

Kambing telah menjadi hewan ternak yang bermanfaat bagi manusia. Dilansir dari catatan Akhmad Sodiq dalam bukunya Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa, kambing menjadi hewan yang banyak dirawat di rumah dan menjadi peliharaan setelah anjing.

Semula, kambing merupakan hewan liar yang berpencar di sepanjang pegunungan Asia, Barat, Persia dan sekitarnya. Para ahli mengungkapkan bahwa kambing banyak dimanfaatkan manusia dan merupakan keturunan dari spesies Capra Aegagrus yang hidup di Asia, daratan Persia hingga Mediterania.

Kambing mengalami perkembangan yang sangat cepat, dilihat dari maraknya produk yang diproduksi dari hewan berbulu satu ini. Salah satu yang kerap dicarai, yakni manfaat daging kambing etawa. 

Kambing Etawa dari India

Kambing etawa adalah jenis kambing yang berasal dari salah satu wilayah di Jamnapari, India. Sehingga kambing etawa memiliki julukan sebagai kambing jamnapari.

Jenis kambing ini paling populer di Asia Tenggara. Pasalnya satu ekor kambing dapat dimanfaatkan daging dan susunya. Selain itu, postur tubuh kambing etawa yang besar banyak diminati. Ukuran telinganya cukup panjang dan menggantung, dengan bentuk muka cenderung menonjol dan bulu di bagian paha sangat panjang.

Rata-rata ekor kambing bisa memiliki berat hingga 90 kilogram. Untuk kambing etawa betina, beratnya berkisar 60 kilogram, memiliki puting cukup panjang dan bisa menghasilkan susu hingga 235 kilogram dengan masa laktasi 261 hari. Di masa puncak laktasi, jumlah susu yang dihasilkan bisa mencapai 3,8 kilogram sehari.

Produksi Ternak Kambing Etawa di Indonesia

Produksi susu etawa yang melimpah menjadikan bisnis ternak kambing etawa banyak dilirik peternak. Kondisi kambing etawa yang mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim juga menjadi salah satu pertimbangan. Untuk mendapatkan hasil yang berlimpah, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa dan menghasilkan kambing peranakkan etawa.

Dalam perkembangannya banyak peternak yang membuat sentra usaha kambing etawa. Sentra itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyumas, Bogor hingga Banyuwangi.

Manfaat Daging Kambing Etawa

Daging kambing etawa memiliki beberapa manfaat. Tak hanya daging, susu kambing etawa juga memberikan manfaat bagi yang meminumnya. Berikut manfaat daging kambing etawa dilansir dari Idntimes.com:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...