6 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Image title
28 Oktober 2021, 23:50
Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh
iStock
Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak mengenal buah kedondong? Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal buah tersebut. Buah kedondong kerap dijadikan salah satu buah dalam kombinasi rujak. Tak hanya itu,  ketenaran buah kedondong sering dijadikan bahan pantun dan menaikkan pamornya.

Secara definisi buah, kedondong termasuk dalam jenis tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (anacardiaceae). Pada umumnya, kedondong tumbuh dengan subur dan banyak ditemukan di seluruh daerah tropis, serta termasuk ke dalam angiospermae. Jika merinci menggunakan Bahasa Inggris, buah kedondong akan dijuluki dengan Ambarella, Ataheitte apple / Great hot plum.

Di Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai varian kedondong seperti kedondong bangkok yang merupakan jenis unggul dan biasa ditanam para petani. Selain itu, ada juga kedondong konden di Karimun Jawa. Saat ini budidaya tanaman kedondong bangkok juga kerap dijadikan tanaman buah dalam pot.

Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau diolah menjadi rujak, asinan, acar, atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut, dan daunnya dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Aneka Nutrisi dalam Buah Kedondong

Setiap mengonsumsi 100 gram buah kedondong, Anda akan mendapatkan 40 kalori dan beragam nutrisi antara lainnya, seperti:

  • 1 gram protein dan serat
  • 12 gram karbohidrat
  • 0,1 gram lemak
  • 230 IU vitamin A
  • 30 miligram vitamin C
  • 2,8 miligram zat besi
  • 15 miligram kalsium
  • 65 miligram fosfor

Selain beragam kandungan di atas, kedondong juga mengandung vitamin B serta antioksidan flavonoid dan polifenol. Buah kedondong juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antikanker.

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

Dengan beragam jumlah nutrisi yang terkandung, buah kedondong memiliki beragam manfaat. Dikutip dari Alodokter.com berikut manfaat buah kedondong untuk kesehatan:

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko serangan jantung. Kandungan serat pada buah kedondong diketahui bermanfaat mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis, yaitu penyumbatan di pembuluh darah, yang bisa memicu penyakit jantung.

2. Memperkuat Kekebalan Daya Tahan Tubuh

Buah kedondong merupakan salah satu pilihan buah yang baik dikonsumsi untuk memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh. Ini dikarenakan, buah kedondong merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan vitamin A. Ketiga zat penting tersebut diketahui berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi sel darah putih yang berperan sebagai penunjang daya tahan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...