Mengenal Buah Bidara hingga Efek Samping dan Cara Mengonsumsinya

Buah bidara atau buah Jujube berasal dari Asia Selatan. Buah ini mengandung vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut kandungan, manfaat untuk kesehatan, dan cara mengkonsumsi bidara
Dwi Latifatul Fajri
29 Oktober 2021, 13:05
Buah Bidara
Pixabay.com/SandeepHanda

Bidara atau ziziphus mauritiana merupakan pohon yang menghasilkan buah bidara. Pohon ini bisa tumbuh di lahan kering. Buah ini juga memiliki nama lain seperti Indian Jujube, Indian Plum, atau Chinese Apple.

Buah bidara bisa tumbuh di lingkungan panas, mendapat banyak cahaya matahari, dan kering. Ketika musim hujan, pohon bidara dapat menjaga kelembaban tanah untuk mematangkan buah.

Buahnya bisa dimakan mentah dan dikeringkan menjadi manisan. Sementara bagian daun bidara bisa dijadikan air rebusan untuk jamu. Bagian akar, biji, kulit kayu berkhasiat untuk obat luka dan pencernaan.

Kandungan Buah Bidara

Buah yang berasal dari Asia Selatan ini dikenal sebagai kurma merah, karena bentuknya yang mirip buah kurma. Ada juga buah bidara yang berwarna coklat dan seukuran biji nangka. Selain itu, ada juga buah bidara yang mirip apel hijau dan bijinya berwarna putih.

Advertisement

Buah yang bentuknya bulat kecil ini, ketika matang warnanya berubah menjadi merah tua dan ungu. Tekstur buahnya cenderung kenyal dan ada juga yang garing. Buah ini digunakan sebagai makanan penutup di beberapa negara Asia.

Berdasarkan jurnal Nutritional composition of jujube fruit yang ditulis Sunil Pareek, dalam 100 gram buah bidara mengandung berbagai nutrisi seperti:

  • Protein 0,8 gram
  • Lemak 0,07 gram
  • Serat 0,6 gram
  • Karbohidrat 17 gram
  • Gula 5,4-10,5 gram
  • Gula reduksi 1,4 - 6,2 gram
  • Gula non pereduksi 3,2 - 8 gram
  • Kalsium 25,6 gram
  • Fosfor 26,8 gram
  • Besi 0,76-1,8 miligram
  • Karoten 0,021 miligram
  • Thiamin 0,02-0,024 miligram
  • Riboflavin 0,02-0,038 miligram
  • Niacin 0,7 - 0,873 miligram
  • Asam sitrat 0,2-1,1 miligram
  • Asam askorbat 65,8 - 76,0 miligram
  • Fluoride 0,1 - 0,2 
  • Pektin 2,2 - 3,4 

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Salah satu manfaat buah bidara, yakni meningkatkan kekebalan, karena kandungan vitamin C dan mineral. Ada juga kandungan potasium yang penting untuk keseimbangan elektrolit dan kontrol otot.

Kandungan karbohidrat sebanyak 17 gram bisa menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Buah bidara yang sudah dikeringkan memiliki kandungan gula lebih tinggi dan kalori. Itu karena, selama proses pengeringan, buah ditambahkan gula. Manfaat penambahan gula ini membuat buah menjadi lebih pekat. Manfaat lain buah bidara yaitu:

1. Mengurangi Sembelit

Sekitar 50% karbohidrat pada buah bidara berasal dari serat. Kandungan ini bisa mempercepat proses pengolahan makanan, melalui saluran pencernaan. Ekstrak buah bisa membantu memperkuat lapisan perut dan usus, sehingga mengurangi risiko cedera dan bakteri berbahaya.

Serat juga membantu penyerapan makanan di usus dan melancarkan sembelit. Fungsi serat yang lain yaitu menjaga pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan.

2. Mengurangi berat badan

Buah bidara mengandung protein, serat, dan rendah kalori. Nutrisi ini penting untuk tubuh. Jika Anda ingin mengurangi berat badan, cobalah rutin mengonsumsi buah bidara. Selain itu, buah juga mengandung sedikit gula dan bisa menjadi menu pilihan saat diet.

3. Mengontrol gula darah

Jika Anda menginginkan tekanan darah normal, konsumsi buah bidara bisa menjadi alternatifnya. Kandungan buah bidara bisa membantu aliran darah ke otak dengan cara meningkatkan kadar oksida nitrat.

Kandungan potasium pada bidara juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini membantu mempertahankan tekanan darah secara optimal.

4. Anti mikroba

Buah bidara mengandung anti-inflamasi dan anti mikroba yang baik untuk tubuh. Mengutip dari Medindia.net, kandungan antibakteri bisa menghambat staphylococcusaureus (bakteri yang menyerang kulit) dan escherichia coli (bakteri jahat yang menyerang usus).

5. Mengurangi stres

Buah bidara mengandung vitamin C dan asam yang membantu meningkatkan kadar glutathione. Kadar ini bisa membantu perlindungan terhadap stres oksidatif.

6. Meningkatkan fungsi otak dan kualitas tidur

Konsumsi buah bidara secara rutin bisa menjadi pengobatan alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak. Mengutip Healthline.com, penelitian dilakukan untuk menguji antioksidan pada buah bidara.

Penelitian dilakukan dengan mengambil ekstrak buah dan bijinya dan dilakukan pada tikus. Hasilnya, buah bidara bisa meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, ekstrak buah ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi kecemasan.

Ekstrak buah bidara bisa meningkatkan memori dan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan senyawa. Ekstrak biji jujube juga bisa membantu mengobati demensia yang disebabkan Alzheimer.

Sayangnya, penelitian ini masih terbatas karena baru dilakukan pada hewan. Diperlukan penelitian pada manusia untuk mengetahui manfaat dari ekstrak bidara lebih jauh, apakah bisa mempengaruhi otak dan sistem saraf.

7. Kaya antioksidan

Senyawa antioksidan seperti flavonoid, polisakarida, dan asam triterpen bermanfaat untuk tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi mencegah dan memulihkan kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Manfaat lain antioksidan bisa mengurangi stres dan peradangan.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan pada buah bidara bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan pertumbuhan sel kanker. Salah satu penelitian menguji polisakarida pada buah bidara. Kandungan gula alami ini bersifat antioksidan yang mengurangi radikal bebas, menetralkan sel-sel berbahaya, serta mengurangi peradangan.

Penelitian lain juga dilakukan pada tikus untuk menguji ekstrak bidara. Hasilnya, buah bidara bisa meningkatkan sel kekebalan tubuh dan menghancurkan sel berbahaya.

Cara Mengonsumsi Buah Bidara

Cara paling umum konsumsi buah bidara yaitu dimakan mentah, dikeringkan, dibuat cemilan, dan dimasak menjadi permen atau selai. Selain itu, buah ini bisa dipotong kecil-kecil bersama buah lain untuk dijadikan rujak.

Beberapa negara membuat buah bidara menjadi kue panggang, menjadi sirup, atau makanan tambahan dalam sayur dan daging. Buah bidara juga bisa dijadikan minuman, berikut resepnya:

1. Teh buah bidara

Ambil buah bidara yang sudah dikeringkkan. Siapkan satu batang jahe segar dan potongan kulit kayu manis. Siapkan panci yang sudah diisi air dan bahan yang tersedia.

Panaskan air sampai mendidih sekitar 1-2 jam. Setelah itu, saring air yang sudah berisi campuran buah bidara, jahe, dan kayu manis. Anda bisa meminumnya selagi hangat atau ditambahkan es. Anda bisa menambahkan pemanis seperti madu, gula, dan rempah-rempah.

2. Jus bidara

Siapkan buah bidara mentah, lalu bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian. Persiapkan mixer untuk membuat jus. Karena buah bidara tidak berair, Anda bisa menambahkan air atau buah yang mengandung air. Misalnya, Anda bisa mencampurkan apel, jeruk, sayuran hijau, atau buah pir.

Efek Samping Buah Bidara

Jika dikonsumsi berlebihan, buah bidara atau buah jujube ini bisa menimbulkan efek samping pada tubuh. Bidara mengandung serat tinggi yang memiliki selulosa. Kandungan selulosa ini sulit dicerna oleh tubuh, sehingga beberapa orang yang memiliki penyakit tertentu disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum memakan buah bidara.

Jenis penyakit yang berpotinsi muncul akibat efek samping buah bidara yaitu:

  • Parasit usus
  • Mengeluarkan dahak berlebihan
  • Menyebabkan kembung
  • Penyakit pada gigi

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait