5 Rumus Dasar Microsoft Excel yang Penting Diketahui

Image title
2 November 2021, 23:20
Ilustrasi Microsoft Excel
marketingland.com
Ilustrasi Microsoft Excel

Penggunaan Microsoft Excel di era saat ini mencakup berbagai hal. Kalangan yang memanfaatkan layanan Excel pun semakin meluas. Jika dulu, Microsoft Excel rekat hubungannya dengan kebutuhan penunjang para pekerja kantoran, kini penggunanya semakin meluas. 

Itu termasuk mahasiswa hingga para siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Hal ini seiring semakin luasnya penguasaan banyak orang terhadap fungsi dan kegunaan Microsoft Excel.

Dalam pelaksanaannya rumus adalah cara untuk menjalankan perintah di Excel, di mana setiap rumus mesti diawali tanda “sama dengan” (=). Seperti dikutip dari situs Bitlabs.id, ada dua jenis rumus Excel, yaitu Formula dan Function, di mana keduanya seringkali tertukar padahal pengertiannya berbeda.

  • Formula adalah rumus Excel yang diketik secara manual oleh pengguna. Contohnya seperti “=C1+C2+C3” atau “=A1-A2/A3”.
  • Function merupakan template rumus yang disediakan oleh Excel. Contohnya seperti “=SUM(A1:A3)” atau “=AVERAGE(A1:A3)”.

Lalu, muncul pertanyaan manakah yang lebih penting antara Function dan Formula?

Ternyata keduanya sama-sama penting dan tidak bisa dipisahkan. Pertama, karena Formula biasanya digunakan untuk perhitungan yang sifatnya sederhana, sedangkan Function seringkali dipakai untuk mengolah data yang skalanya lebih besar.

Dalam dunia profesional, Function cenderung lebih sering digunakan karena fungsinya yang bervariasi, serta penggunaan yang sangat mudah. Ada beragam hal yang ditawarkan apabila menggunakan Function di Excel.

1. Dapat menyelesaikan masalah secara baik dan akurat. Anda bisa menghindari risiko kekeliruan saat melakukan kalkulasi.
2. Kemampuan untuk visualisasi data. Di mana, saat Anda bisa mempresentasikan hasil rumus Excel dengan membuat visualisasi data yang menarik.
3. Membuat data menjadi lebih rapi, dengan menyortir seluruh data ke dalam kategori yang lebih rapi.
4. Mempersingkat dan mempercepat proses pengolahan data. Function memungkinkan penggunanya untuk mengolah banyak data sekaligus.
5. Mudah digunakan oleh semua kalangan.

Tips dan Trik Penerapan Function di Excel

Untuk menerapkan Function di Excel, Anda harus mengingat tiga hal, yaitu tanda “sama dengan” (=), nama function (seperti SUM), dan sel yang ingin diambil datanya (A1:A3).

Namun jangan khawatir, masih ada cara lain untuk mempraktikkan resep Excel ini dengan lebih mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, klik sel di mana hasil kalkulasi datanya akan muncul

2. Selanjutnya, di tab Formulas, klik tombol drop-down AutoSum lalu pilih rumus yang ingin kamu gunakan. Pada kasus ini, karena kita ingin menghitung rata-rata, kita akan memilih AVERAGE.

3. Pada tahap ketiga, pilihlah sel yang ingin Anda hitung jumlahnya secara rata-rata.

4. Tekan tombol Enter dan hasilnya akan muncul

5 Rumus Microsoft Excel Penting

1. SUM
SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu. Misalnya, saat akan menjumlahkan angka dari sel A2 sampai A6, maka rumusnya adalah:

=SUM(A2:A6)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...