Kumpulan 20 Rumus Excel Beserta Contohnya

Image title
26 Oktober 2023, 14:00
20 rumus Excel
123RF.com
Ilustrasi Microsoft Excel

Rumus Excel adalah salah satu fitur yang sangat berguna dan sering digunakan dalam aplikasi pengolah angka Microsoft Excel. Dengan rumus Excel, kita bisa melakukan berbagai macam perhitungan dan analisis data dengan mudah dan cepat.

Kebutuhan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi kaum kantoran saja, tapi juga anak kuliah hingga siswa-siswi di bangku sekolah. Oleh karena itu, kemampuan penguasaan Microsoft Excel sudah menjadi keharusan.

Seperti tertulis pada situs Bitlabs.id, rumus Excel harus diawali dengan tanda “sama dengan” (=). Berikut adalah 20 rumus Excel yang perlu Anda ketahui, untuk memudahkan dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Rumus Excel

Cara menggunakan rumus Excel cukup mudah. Adapun hal yang wajib yang perlu diingat adalah setiap rumus harus diawali dengan penggunaan "sama dengan" (=)

Selain itu, komponen lainnya yang harus digunakan adalah nama function rumus seperti SUM, MIN, IF dan lainnya. Kemudian dan sel yang diambil datanya seperti klik sel A1 sampai A3 (A1:A3).

Atau lebih mudah ikuti langkah berikut ini:

  • Klik sel yang menjadi tempat hasil data kalkulasi akan dimunculkan
  • Pilih menu "Formulas" di toolbar Microsoft Excel
  • Klik pilihan menu "AutoSum"
  • Setelah itu pilih rumus yang ingin digunakan
  • Kemudian pilih sel yang ingin dikalkulasikan datanya
  • Tekan enter pada keyboard, hasil akan muncul

Rumus Excel Beserta Contohnya

1. SUM

SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu. Misalnya, saat akan menjumlahkan angka dari sel A2 sampai A6, maka rumusnya adalah:

=SUM(A2:A6)

2. COUNT

COUNT memiliki fungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Misalkan, dari sel A1 sampai I1, hanya A1 sampai E1 saja yang berisi angka. Maka, jika dihitung dengan rumus berikut:

=COUNT(A1:I1)

Hasil dari rumusnya adalah 5, karena hanya lima sel yang berisi angka.

3. COUNTA

Serupa dengan COUNT, namun pada rumus COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tapi sel yang berisi apapun. Sehingga, Anda bisa mengetahui jumlah sel yang tidak kosong.

Contohnya, misalkan sel A1 hingga D1 berisi kata, dan sel G1 hingga I1 berisi angka. Maka, jika dihitung dengan rumus berikut:

=COUNTA(A1:I1)

Setelah dilakukan penghitungan, dapat ditemukan bahwa hasil rumusnya adalah 7, karena sel yang kosong hanya E1 dan F1.

4. AVERAGE

Sesuai dengan label yang tersemat, AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada range sel tertentu. Contohnya, ketika Anda sedang menghitung rata-rata nilai mata kuliah yang ada di sel A2 hingga A6, maka Anda bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A1:A5)

5. IF

Rumus Microsoft Excel kelima cenderung lebih kompleks daripada lainnya. Fungsi rumus IF pada Mictosoft Excel cukup berperan penting dalam mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu. Biasanya dalam bentuk benar/salah.

Contohnya, saat Anda ingin mengecek apakah angka di A1 lebih besar dari angka di B1. Jika angkanya lebih besar, Anda ingin melihat kata “Benar”, dan jika lebih kecil, Anda ingin melihat kata “Salah”. Maka rumusnya akan seperti ini:

=IF(A1>B1; “Benar”;”Salah”)

6. MAX dan MIN

Di antara 20 rumus Excel, salah satunya merupakan rumus MAX dan MIN yang berfungsi untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam suatu deretan data. Contohnya, terdapat sembilan siswa yang nilainya ditulis di sel A2 hingga A10. Jika Anda ingin tahu nilai yang paling tinggi, maka bisa menggunakan rumus:

=MAX(A2:A10)

Sebaliknya, jika Anda ingin tahu nilai yang paling rendah, Anda bisa menggunakan rumus:

=MIN(A2:A10)

7. TRIM

Dalam menjalankan rumus Excel tidak selamanya mulus dan mudah. Anda mungkin juga dihadapkan pada beberapa kendala kecil seperti adanya spasi dalam rumus yang menyebabkan formulanya error saat proses kalkulasi.

Fungsi rumus TRIM dapat menghapus spasi berlebih yang ada di dalam sel, contohnya seperti spasi di awal kalimat, akhir kalimat, atau spasi ganda.

Tapi ingat, rumus ini hanya bisa diaplikasikan pada satu sel saja. Jadi, Anda tidak bisa menggunakannya pada beberapa sel sekaligus, harus satu per satu. Contohnya seperti ini:

=TRIM(A1)

8. AND

Dari 20 rumus Excel yang perlu Anda pelajari, ada rumus AND yang memiliki fungsi logika. Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu apakah isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE). Berikut adalah contoh rumusnya:

=AND(A1>50;A1<100)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement