Daftar Mobil Murah, dari Listrik sampai Bekas

Image title
5 November 2021, 16:20
Penampakan Twizy di dalam ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD,  Tangerang,  Banten (18/7/2019). Renault Twizy ditetapkan menjadi mobil murah berbasis elektrik yang dibanderol Rp119 juta. Twizy memiliki kecepata
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan Twizy di dalam ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD,  Tangerang,  Banten (18/7/2019). Renault Twizy ditetapkan menjadi mobil murah berbasis elektrik yang dibanderol Rp119 juta. Twizy memiliki kecepatan maksimum 80km/jam dengan durasi pengisian dayanya selama 3,5 jam.

Mobil menjadi alat transportasi yang amat berguna, khususnya ketika melakukan perjalan jauh atau bepergian dengan banyak penumpang. Hal tersebut memicu peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah mobil di Indonesia dari 2017-2019 mengalami kenaikan yakni mencapai 15.592.419 unit.

Meskipun banyak orang ingin memiliki mobil, namun tak sedikit yang merasa gamang ketika melihat taksiran mobil yang dijual dengan harga selangit. Jangan khawatir, beberapa mobil dibanderol dengan harga terjangkau dengan kualitas yang tetap terjaga.

Mengutip berbagai sumber, berikut harga mobil murah, dari mobil listrik sampai mobil bekas.

Mobil Listrik Murah

1. DFSK Gelora E

Dongfeng Sokon alias DFSK merupakan produsen Tiongkok yang menghadirkan mobil minibus komersial EV Gelora E. Mobil ini memiliki kotak serta dimensi besar yang ditujukan untuk mobilitas kendaraan oprasional. 

DFSK Gelora E menggunakan tenaga energi listrik berdaya 42 kwh dengan baterai Lithium Iron Phosphate. Dalam keadaan baterai terisi penuh, mobil listrik ini bisa menempuh jarak sejauh 300 km. DFSK Gelore E dijual seharga Rp 480 juta - Rp 510 jutaan.

2. Nissan Leaf

Guna mendukung gerakan zero emission di Indonesia, Nissan menghadirkan unit hatchback 100% listrik, yaitu Nissan Leaf. Mobil yang satu ini memiliki desain dinamis dan ciri khas V grille.

Nissan Leaf dibekali baterai berdaya 40 kwh. Sekali pengecasan penuh, mobil listrik ini mampu menempuh perjalan sejauh 311 km. Mobil rakitan Jepang ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan menarik, antara lain:

  • elektronik pedal
  • Inteligent Around View Monitor (IAVM)
  • Forward Emergency Braking (FEB)
  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Inteligent Trace Control (ITC)

Nissan Leaf di Indonesia ditaksir sekitar Rp 649 jutaan.

3. Renault Twizy

Renault menghadirkan mobil listrik unik dengan dua penumpang, yang diberi nama Twizy.  Kendaraan ini cukup spesial karena hadir di Indonesia dalam jumlah terbatas, yakni 30 unit. Selain itu, Reanult Twizy juga terbebas dari aturan ganjil-genap di Jakarta.  

Mobil dengan desain open wheeler ini, dibekali mesin 3CG-Electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 17 hp, sehingga bisa melesat 0-45 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik. Mobil mudah ini dibanderol Rp 199 jutaan.  

4. Hyundai Kona

Hyundai Kona termasuk pionir kendaraan listrik di Indonesia. Mobil listrik ini dilengkapi sejumlah fitur canggih, antara lain:

  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist
  • Paddle shifter (for regenerative braking)
  • Wireless smartphone charging pad dan sunroof elektrik
  • Fully digital 10.25″ Gauge Cluster dengan tiga mode berkendara

Hyundai Kona ditunjang baterai berkapasitas 39,2 kWh, dan dapat menempuh jarak sejauh 305 km. Mobil listrik ini dibandrol Rp 697 juta per unit.

5. Wuling Hongguang Mini EV

Mobil murah pabrikan Cina ini dibekali mesin listrik bertenaga 27 Tk yang bersumber dari baterai berdaya 13,8 kWh. Mobil mungil ini mampu menempuh perjalanan sejauh 170 km. Menariknya Wuling Hongguang Mini EV dijual di bawah Rp 100 juta setelah mendapat insentif dari pemerintah Cina.

Mobil Sedan Murah

1. Volkswagen Polo

Dapur pacu dari mobil ini dilengkapi dengan mesin Volskwagen Golft 1.2 Tsi, 1500cc dengan torsi 175 Nm dan kapasitas 42 liter.

Bukan hanya itu, untuk keamaan, Volkswagen Polo dilengkapi sensor dan alarm seperti pada mobil umum lainnya. Ke depannya Volswagern akan mengeluarkan berbagai varian mobil listrik. Volkswagen Polo dibandrol Rp 259 juta (OTR Jakarta) dan Rp 124 juta untuk mobil bekas.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...