10 Manfaat Buah Labu untuk Kesehatan Pria dan Lambung

Dwi Latifatul Fajri
8 November 2021, 15:20
Manfaat Buah Labu
pixabay.com/Pexels
Manfaat Buah Labu Kuning

Manfaat buah labu kuning baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin B, vitamin F, asam folat, dan nutrisi lainnya. Labu juga memiliki vitamin dan mineral yang ada pada biji, daun, dan daging buah.

Di Indonesia, labu kuning biasanya dijadikan campuran menu kolak selama bulan puasa. Labu juga bisa dinikmati langsung saat dagingnya sudah matang.

Labu kuning bisa diolah menjadi masakan lezat. Buah ini bisa dikukus dan dipanggang untuk dijadikan kue, sup, dan puding.

Labu kuning termasuk famili cucurbitaceae, salah satu jenis labu musim dingin. Di Luar negeri, labu kuning populer digunakan untuk perayaan Thanksgiving dan Halloween.

Manfaat Buah Labu Kuning

Labu kuning mengandung beta karoten yang memberikan warna jingga pada sayur dan buah-buahan. Beta karoten adalah antioksidan yang diperlukan oleh tubuh yang menghasilkan vitamin A.

Mengutip dari Medicalnewstoday.com, beta karoten tinggi pada buah dan sayur dapat mengurangi penyakit kronis. Manfaat mengonsumsi beta karoten bisa mengurangi jenis kanker tertentu, mencegah penyakit asma, jantung dan mengurangi risiko degenerasi makula.

Penelitian mencoba menemukan manfaat buah labu kuning untuk mengurangi risiko obesitas. Beta karoten pada buah ini bermanfaat mengurangi penyakit diabetes, menyehatkan rambut, menambah energi, dan menjaga berat badan.

Manfaat Buah Labu untuk Kesehatan

Labu kuning terdiri dari 94% air sehingga rendah kalori. Buah ini mengandung beta karoten dan karotenoid yang diubah menjadi vitamin A. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan:

1. Menjaga tekanan darah tetap normal

Labu kuning mengandung serat, potassium, dan vitamin C yang menyehatkan jantung. Tekanan darah tinggi menjadi faktor penyakit kardiovaskular. Untuk mencegah penyakit jantung, diperlukan asupan makanan yang mengandung sedikit atau tanpa garam (mengurangi natrium).

Menurut National Institutes of Health (NIH) Office of Dietary Supplements, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium bisa mencegah risiko penyakit jantung. Tetapi butuh penelitian lebih lanjut tentang efek konsumsi labu untuk menurunkan stroke dan penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko kanker

Labu mengandung beta karoten yang baik untuk tubuh. Beberapa penelitian menemukan beta karoten bisa mencegah penyakit kanker.

Penelitian tahun 2016 menemukan hubungan positif antara diet makanan mengandung beta karoten terhadap penekanan tumor kanker prostat. Sementara itu penelitian tahun 2014, menunjukkan beta karoten bisa memperlambat perkembangan kanker usus pada populasi Jepang.

3. Menjaga kesehatan kulit

Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, beta karoten pada labu kuning bisa menjaga kulit tetap sehat. Beta karoten termasuk antioksidan yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Mengutip dari Alodokter.com, buah labu bisa digunakan untuk masker wajah. Masker ini bisa menjaga kelembaban kulit dan awet muda. Cara mengolahnya, yaitu haluskan kulit labu kuning sampai 1/4 bagian.

Campurkan kulit labu dengan putih telur, 1 sendok makan susu, dan madu. Kemudian aduk secara merata. Setelah bercampur dan mengental, oleskan masker pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan memakai air hangat. Lakukan secara rutin untuk menjaga kulit tetap sehat.

4. Mengurangi risiko penyakit kronis

Antioksidan pada labu kuning bisa mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang dihasilkan melalui proses metabolisme di dalam tubuh. Radikal bebas bisa menghancurkan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...