Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Image title
8 November 2021, 15:45
Ilustrasi Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar
Pexels.com
Ilustrasi Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Banyak orang menyebut bahwa mencari pekerjaan ibarat mencari jodoh, harus ada kecocokan antara pekerja dan institusi tempat dia bernaung. Apabila tidak ada kecocokan, maka yang terjadi adalah dua hal pemecatan atau pengunduran diri yang tentunya terasa lebih elegan.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa pengunduran diri adalah hal yang sensitif, sehingga perlu membuat surat resign kerja yang baik agar tidak meninggalkan kesan buruk atau bertindak tidak profesional pada perusahaan. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan menjelaskan tata cara menulis surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar.

Advertisement

Pengertian Surat Pengunduran Diri Kerja

Dikutip dari Gramedia.com, surat pengunduran diri adalah surat yang ditujukan untuk memenuhi syarat administrasi yang ditulis oleh karyawan yang ingin mengundurkan diri dari jabatan, atau tugas yang sedang dijabat saat itu.

Oleh karenanya dapat dikatakan bahwa surat pengunduran diri adalah wujud resmi untuk seorang karyawan berhenti dari pekerjaannya. Setiap perusahaan biasanya memiliki ketentuan tersendiri soal surat pengunduran diri ini, namun dapat dipastikan jika perusahaan pasti membutuhkan surat pengunduran diri secara resmi jika karyawannya ingin keluar dari perusahaan.

Mengundurkan diri dari perusahaan tidak cukup hanya secara lisan atau omongan. Perlu ada surat untuk menunjukkan profesionalitas dan syarat administrasi baik bagi karyawan ataupun perusahaan.

Alasan Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Untuk membuat surat pengunduran diri harus memiliki ketentuan utama, yaitu baik dan sopan. Berikut alasan membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar:

1. Membangun Profesionalisme Tinggi

Membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar, juga memerlukan kesopanan sehingga memiliki dampak positif bagi perusahaan yang akan ditinggalkan. Selain itu, etika karyawan yang akan hengkang perlu diperhatikan, tidak bisa keluar begitu saja tanpa pemberitahuan apapun.

2. Mempermudah Perusahaan untuk Mencari Karyawan Pengganti

Surat pengunduran diri juga memberikan sinyal kepada perusahaan untuk segera mencari karyawan pengganti saat ada yang mengundurkan diri. Apabila Anda mengundurkan diri begitu saja, akan membuat perusahaan kebingungan untuk mencari orang yang akan bertanggungjawab mengelola pekerjaan Anda sebelumnya. Apalagi, jika posisi pekerjaan Anda merupakan divisi yang krusial dan tidak boleh terbengkalai. 

Oleh karenanya, surat pengunduran diri dapat membuat hubungan Anda dengan perusahaan tetap baik karena bisa berkomunikasi secara baik pula meskipun ingin keluar. Pentingnya menjaga hubungan baik dengan perusahaan bertujuan untuk memudahkan Anda jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan perusahaan lama Anda. Tak hanya itu, hubungan baik bisa menjaga relasi pekerjaan Anda.

3. Memperjelas Status Hak dan Kewajiban Sebagai Karyawan

Surat resign kerja yang Anda berikan akan memberikan kejelasan untuk perusahaan, dalam hal struktur karyawan dan status pekerja bagian tertentu di perusahaan tersebut. Jadi, surat pengunduran diri juga memastikan bahwa Anda sudah tidak memiliki sangkut paut dengan urusan perusahaan sejak surat tersebut dibuat dan diserahkan. Itu juga akan memperjelas hak dan kewajiban yang dilimpahkan kepada Anda, sebagai karyawan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement