20 Cara Diet Cepat Alami dan Sehat

Ada beberapa cara diet cepat untuk menurunkan berat badan, di mana seringkali orang ingin mendapatkan hasilnya secara instan. Berikut cara diet cepat secara alami dan sehat.
Image title
8 November 2021, 22:20
Ilustrasi cara diet cepat berat badan secara alami
parade.com
Ilustrasi cara menurunkan berat badan secara alami

Berat badan ideal dengan tubuh ramping menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit yang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. 

Tak hanya itu, ada pula beberapa klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan untuk  membuat tubuh lebih ramping. Ada pula berbagai pil pelangsing yang beredar di pasaran dan seringkali menjadi jalan pintas yang ditempuh sebagai cara diet cepat.

Padahal, cara diet yang instan sebenarnya kurang direkomendasikan. Selain tidak sehat, diet ini juga sulit dilakukan secara konsisten.

Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Sejatinya menurunkan berat badan haruslah dimulai dengan diet sehat, seperti mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di mana, makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi akan menyelamatkan Anda dari berbagai berbagai risiko penyakit.

Advertisement

Berikut cara diet cepat menurunkan berat badan, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Hindari melewatkan sarapan

Untuk dapat menurunkan berat badan, seringkali orang berpikir untuk mengurangi waktu makan dengan melewati sarapan.

Namun, sarapan merupakan hal penting yang harusnya tidak dilewatkan. Sarapan atau makan di pagi hari dapat memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari, sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk menyantap camilan atau makan berlebihan pun berkurang.

Saat sarapan, pillihlah makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, misalnya telur, susu skim, kacang, buah, dan sayuran.

2. Hindari minuman manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga dapat menaikkan berat badan.

Dalam menjalankan diet cepat kurus, Anda disarankan menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

3. Konsumsi air putih sebelum makan

Agar proses menurunkan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan serat larut adalah kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara dan oat.

5. Konsumsi kopi dan teh

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Saat kadar hormon epinefrin meningkat, lemak di tubuh akan mudah dipecah sehingga berat badan akan turun.

Namun, perlu dicatat bahwa kinerja dari hormon epinefrin dalam menurunkan berat badan tidak dapat berjalan maksimal tanpa diet yang sehat dan olahraga yang cukup. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi kopi dan teh tanpa bahan tambahan lain, seperti gula atau krim.

6. Hindari makanan olahan

Hindari mengonsumsi makanan olahan seperti buah kering, makanan yang telah dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng dan daging olahan.

Konsumsi buah, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan segar lebih disarankan, karena lebih bergizi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Konsumsi makanan secara perlahan

Orang yang sering makan cepat akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan agar tubuh Anda bisa menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Makan secara perlahan juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, meski makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak.

8. Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang buruk turut memberikan andil terhadap kenaikan berat badan, sehingga penting untuk memastikan tidur cukup setiap hari.

Meskipun terdapat berbagai cara diet cepat yang dapat menurunkan berat badan dalam waktu lebih singkat, Anda tetap disarankan menjalani diet sehat guna menurunkan berat badan secara bertahap. Diet semacam ini juga lebih bertahan dalam jangka panjang.

Minuman Herbal Tradisional

Selain makanan, ada pula beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Beragam minuman tradisional ini mudah didapatkan, sebab dapat dibuat dari bermacam-macam tanaman herbal yang mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, banyak tanaman herbal yang hadir dalam kemasan siap saji dan digunakan pada industri obat.

9. Teh Hijau

Cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional selanjutnya adalah rutin meminum teh hijau. Teh hijau terkenal memiliki banyak khasiatnya. Sejak dulu, teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif.

  • Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan
  • Pastikan Anda meminumnya tanpa gula
  • Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan dan tentu saja ampuh untuk mengurangi porsi makan Anda

Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Teh Jeruk Nipis

Tidak hanya teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Caranya:

  • Siapkan sekantung teh atau 3 sendok teh
  • 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  • Konsumsilah secara rutin.

11. Madu dan Jahe

Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan berat badan yang alami. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah, karena merasa tidak terlalu lapar. Cara membuatnya pun cukup mudah. Berikut bahan-bahannya:

  • 3 sdm madu
  • 2 sdm perasan jahe

Instruksi:

Campur keduanya dalam gelas dan seduh dengan air panas. Minumlah 2 kali sehari.

Olahraga

Selain menjaga asupan makanan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga apabila ingin menurunkan berat badan. Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh, seperti angkat beban, merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Tidak harus repot-repot pergi ke gym atau mengikuti kelas senam yang dapat menguras kantong, ada banyak olahraga dan latihan-latihan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Dengan berolahraga, kalori yang ada di tubuh akan terbakar dan mempercepat proses penurunan berat badan Anda, sekaligus menjadikan tubuh lebih sehat.

12. Cardio

Cardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, otot-otot di tubuh bekerja, mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

13. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu dalam menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran agar lebih rileks, akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

14. Sit Up dan Push Up

Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Namun, Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up, kemudian naikkan intensitas latihan setiap harinya.

Hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

15. Crunch

Salah satu olahraga di rumah yang menjadi bagian dari cara diet cepat adalah crunch. Olahraga ini sangat baik untuk mengencangkan otot perut atas, mengurangi lemak perut, dan membentuk perut terlihat lebih baik.

Latihan ini termasuk dalam salah satu latihan perut yang paling populer, karena telah terbukti efektif menghilangkan perut buncit yang sering dikeluhkan penderita obesitas. Cara melakukan crunch yaitu:

16. Piyo Flip

Olahraga low-impact seperti piyo flip termasuk bagian dari olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Para ahli kebugaran meyakini gerakan piyo flip sangat baik dalam membuat tubuh lebih ramping dan ringan. Hal ini dikarenakan, gerakan piyo flip melibatkan seluruh bagian tubuh, mulai dari bokong, kaki, lengan, dada, dan bahu.

Cara melakukan piyo flip yaitu:

  • Ambil posisi tubuh push-up
  • Tekuk lutut kanan hingga membentuk sudut 90 derajat
  • Angkat tangan kanan dari matras
  • Perlahan putar tubuh Anda hingga wajah menghadap ke atas
  • Lakukan berulang selama 10 kali
  • Lakukan hal yang sama di sisi sebelah kiri

17. Plank

Plank termasuk dalam olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan dalam upaya menurunkan berat badan selama berada di rumah. Gerakan plank sangat baik untuk melatih otot dan membakar lemak di badan, sehingga latihan ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan menguatkan tulang punggung.

Cara melakukan plank yaitu:
- Siapkan matras
- Ambil posisi seperti push-up
- Tekuk lengan hingga membentuk sudut 90 derajat hingga siku menyentuh matras
- Tahan posisi tersebut selama 2 menit
- Ulangi gerakan serupa selama 10 kali atau sesuai kemampuan

18. Squats

Olahraga squats bagus dipilih sebagai olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Latihan ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin membentuk paha dan bokong yang ideal. Gerakan squat dapat membantu melatih otot inti tubuh termasuk otot perut bagian bawah yang menjadi salah satu bagian tubuh yang menyimpan lemak terbanyak.

Cara melakukan squats yaitu:

  • Berdiri tegak
  • Buka kedua kaki hingga sejajar dengan bahu
  • Turunkan pinggul hingga posisi seperti duduk
  • Kembali ke posisi berdiri
  • Lakukan hingga 20 hitungan

19. Side Leg Raise

Salah satu latihan rumahan ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Latihan ini cocok untuk membakar kalori dan lemak di tubuh.

Cara melakukan side leg raise:

  • Posisikan badan tertidur menyamping dengan tumpuan satu tangan dan kaki
  • Angkat kaki yang tak menjadi tumpuan ke atas hingga membuat sudut 45 derajat
  • Lakukan hingga 10 hitungan

20. Skipping atau Lompat Tali

Latihan ini merupakan salah satu bagian dari cara diet cepat, dengan melakukan olah raga rumahan termudah yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan tubuh ideal. Lompat tali baik untuk mengencangkan otot dan dapat membakar hingga 10 kalori per menit. Sebagai permulaan, Anda bisa memulai gerakan ini paling sedikit 10 menit per hari.

Setelah terbiasa, Anda dapat meningkatkan durasi sesuai kemampuan sambil belajar mencoba gaya lompatan lain, seperti melompat sambil berlari atau melompat dengan satu kaki secara bergantian. Jika dilakukan secara teratur, akan mendapatkan perubahan tubuh yang luar biasa.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait