13 Daftar Pekerjaan Paling Dicari 2021 Versi LinkedIn

Image title
9 November 2021, 21:40
Ilustrasi pekerjaan paling dicari 2021
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi pekerjaan

Pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 telah mengubah banyak hal, termasuk pekerjaan. Ada banyak profesi yang menjadi korban pandemi Covid-19, karena pembatasan aktivitas.

Di sisi lain, kebiasaan baru selama pandemi dan perkembangan teknologi digital terus meningkat pesat, sehinggai terbuka beberapa lapangan kerja baru.

Pekerjaan yang erat kaitannya dengan teknologi digital kian diburu perusahaan, apalagi saat pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk tidak bepergian. Perusahaan berbondong-bondong membuat inovasi berbasis teknologi untuk menjaga hubungan dengan konsumen.

Platform jaringan profesional LinkedIn menggunakan data pekerjaan yang tumbuh antara April dan Oktober 2020 dan merilis 10 pekerjaan paling dicari 2021.

1. Profesi di e-commerce

Selama pandemi Covid-19, e-commerce menjadi salah satu industri yang kian berkembang. Banyak masyarakat yang mengandalkan berbagai e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Posisi sebagai kurir, personal shopper, hingga supply chain management semakin banyak dibutuhkan. Menurut Linkedin, pertumbuhan profesi bidang ini mencapai 73 %.

2. Tenaga pendukung kesehatan

Selain tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat, tenaga pendukung kesehatan juga sangat dibutuhkan. Pekerjaan, seperti apoteker, asisten kesehatan dan teknisi laboratorium sangat diperlukan, karena membantu mendukung kesiapan kesehatan untuk masyarakat dan juga para tenaga kesehatan. Sejak 2019, rekrutmen untuk posisi tenaga pendukung kesehatan naik lebih dari 34 %.

3. Sales dan business development

Tanpa pegawai yang ahli di bidang tersebut, sebuah perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik. Bidang sales dan business development bertugas memastikan penjualan produk dan jasa perusahaan tetap berjalan baik. Untuk itu, pekerjaan seperti sales consultant dan penasehat strategi bisnis, semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja.

4. Digital marketing

Di masa sekarang, transaksi jual beli juga beralih ke dunia digital. Profesi digital marketing pun semakin banyak dicari seiring dengan perkembangan teknologi. Para ahli digital marketing dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan melalui media digital.

Melalui platform digital, perusahaan dapat memaksimalkan promosi penjualan dengan lebih spesifik berdasarkan target yang diincar. Dengan begitu, perusahaan dapat menekan biaya operasional dibandingkan harus memasang iklan di media konvensional.

Tak heran, profesi digital marketing semakin banyak dicari oleh perusahaan. Lowongan pekerjaan digital marketing banyak tersedia mulai dari level fresh graduate sampai profesional berpengalaman.

5. Perawat

Pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan tenaga kerja seperti perawat sangat dibutuhkan. Tugas perawat adalah membantu dokter dan masyarakat selama pandemi berlangsung dan memastikan layanan kesehatan tetap berjalan baik.

Menurut Linkedin, kebutuhan akan perawat meningkat hingga mencapai 30 % di tahun 2020. Angka ini berpotensi meningkat di tahun 2021, mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

6. Guru

Tanpa kehadiran guru, anak-anak akan kesulitan mendapatkan akses pengetahuan yang cukup. Guru, baik di sekolah formal maupun non formal sangat penting untuk memajukan pendidikan anak-anak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...