5 Wisata Banyuwangi dari Bayu Lor Sampai Glenmore

Image title
15 November 2021, 19:00
Kalibendo, salah satu tempat wisata Banyuwangi.
banyuwangiijentravel.com
Kalibendo, salah satu tempat wisata Banyuwangi.

Banyuwangi adalah kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Daerah ini umumnya dikenal sebagai titik penyeberangan Jawa-Bali. Namun, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Situbondo ini ternyata menyimpan segudang destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Selain panorama alam yang memukau, kekayaan seni dan budaya serta tradisi, Banyuwangi memiliki agrowisata yang patut dikunjungi.

Sekilas tentang Banyuwangi

Mengutip laman Banyuwangikab.go.id, pada zaman kerajaan Blambangan, tepatnya 18 Desember 1771 terjadi peristiwa sejarah paling tua dan diangkat sebagai hari jadi Banyuwangi. Peristiwa tersebut merupakan puncak perang Puputan Bayu, di mana sebelumnya sudah terjadi penyerangan pejuang Blambangan di bawah pimpinan Pangeran Puger ( putra Wong Agung Wilis ) ke benteng VOC di Banyualit pada 1768.

Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata yang sangat indah. Dengan potensi wisata yang berlimpah, tak heran jika Banyuwangi mejadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur.

Jumlah kunjungan wisatawan domestik sejak 2016 hingga 2019 mengalami peningkatan signifikan. Pada 2016 wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi mencapai 4.022.449 orang, kemudian meningkat di 2019 menjadi 5.307.054 orang.

Tidak hanya wisatawan lokal, keindahan Banyuwangi juga mendapat sororan wisatawan mancanegara. Terbukti dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Banyuwangi pada 2016 sebanyak 77.139 orang yang meningkat signifikan menjadi 101.622 orang di 2019.

Selama masa pandemi, pemerintah Kabupaten Banyuwangi berupaya mengurangi penyebaran covid-19 dengan melakukan buka tutup tempat wisata. Tak hanya itu, pemerintah juga memberlakukan social distancing di tempat umum yang menyebabkan penurunan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut menyebabkan jumlah wisatawan domestik pada 2020 turun menjadi 2.579.460 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 15.517 orang.

Agrowisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi juga memiliki destinasi dengan sasaran pertanian (perkebunan, kehutanan, dan sebaginya) yang masih alami dan menyegarkan mata. Mengutip buku Banyuwangi The New Paradise of Indonesia Tourism yang diterbitkan oleh Banyuwangi Regency Culture and Tourism Service, berikut 5 agrowisata Banyuwangi.

1. Perkebunan Bayu Lor

Perkebunan Bayu Lor terletak di ketinggian 600 meter dari permukaan laut (mdpl), persisnya di Lereng Gunung Raung. Di sekelilingnya, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan kopi dan cengkih. Selain itu, beberapa hektare terdapat pisang Abaca ditanam di perkebunan Bayu Lor.

Mengutip East java, Perkebunan Bayu Lor terkenal dengan serat Abaka. Selain itu, terdapat beberapa tanaman bunga yang terbilang langka, seperti teratai, dahlia malam, dan bugenfil Eropa.

Perkebunan ini berada di Kecamatan Songgon, sekitar 50 kilometer dari Kota Banyuwangi. Jika berkunjung ke sini, wisatawan akan disajikan pemandangan pegunungan, perkebunan dan air terjun yang menakjubkan.

2. Kalibendo

Terletak sekitar 800 mdpl, terdapat perkebunan Kalibendoyang  jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Pengunjung bebas menikmati segar dan sejuknya udara perkebunan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement