Rekomendasi 7 Wisata Gunung Magelang Paling Diburu Pendaki

Image title
15 November 2021, 23:59
Magelang
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah wisatawan menikmati suasana matahari terbit di Gunung Telomoyo, Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (10/11/2019). Gunung yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl tersebut menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara karena menawarkan pemandangan alam matahari terbit hingga tenggelam serta sejumlah gunung di antaranya yaitu Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran.

Aktivitas mendaki gunung kini menjelma menjadi gaya hidup baru. Berbagai kalangan dari anak muda hingga orang dewasa, menggemari kegiatan ini. Biasanya, setelah menaklukkan satu gunung, mereka akan mendaki puncak gunung lainnya.

Indonesia merupakan surganya para pendaki gunung. Khususnya di Pulau Jawa. Sebab, terdapat puluhan gunung dengan ketinggian beragam di pulau ini. Puncak tertingginya, yaitu Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Gunung ini punya keistimewaan tersendiri di mata para pendaki. Lanskap alamnya begitu menakjubkan, didukung daya tarik utamanya, yaitu ranu kumbolo dijamin bakal memikat hati siapapun yang mendakinya.

Setiap gunung di Pulau Jawa memiliki pesonanya sendiri. Seperti gunung-gunung yang mengelilingi wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Gunung di Magelang dan sekitarnya, salah satunya adalah Gunung Merapi. Gunung berapi yang masih sangat aktif. Terlepas dari bencana alam beberapa tahun silam, Gunung Merapi memiliki pemandangan alam yang indah. Wisatawan juga bisa melihat keunikan dari lereng kawah, bekas aktivitas vulkanis gunung ini.

Selain Gunung Merapi, masih banyak lagi gunung di Magelang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam artikel kali ini, Katadata.co.id sudah merangkum daftar gunung yang menjadi destinasi wisata Magelang dan sekitarnya. Simak ulasan berikut ini.

1. Gunung Andong

Tempat wisata alam di Magelang yang cukup populer adalah Gunung Andong. Secara administratif, lokasi Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jalur pendakian Gunung Andong relatif mudah. Untuk mencapai puncaknya, para pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja.  Trek yang umumnya dilalui pendaki, yaitu berangkat dari Dusun Pendem dan pulang lewat Dusun Sawit. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini sangat cocok bagi pendaki pemula.

Saat tiba di jalur pendakian Gunung Andong, pendaki akan menjumpai jalur datar yang sudah disemen. Kemudian, treknya bakal berubah jadi jalan cukup terjal dan berbatu usai melewati sebuah gapura.

Meski tidak setenar Gunung Sindoro ataupun Gunung Sumbing, pemandangan di Gunung Andong tidak kalah bagus. Puncak tertinggi Gunung Andong terdiri dari 4 titik. Setiap puncaknya akan menawarkan panorama alam cantik dan suasana berbeda yang bisa dirasakan para pendaki.

Puncak tertinggi Gunung Andong, yaitu Puncak Andong memiliki bentang alam yang bisa membuat pendaki betah berlama-lama di sana. Sebab, pendaki bisa melihat beberapa gunung tinggi sekaligus sambil menikmati keindahan alamnya.

Tak hanya itu, dapat menyaksikan cantiknya sinar matahari yang baru terbit dan lanskap warna-warni dari puluhan tenda milik pendaki lainnya. Gunung Andong menjadi destinasi wisata Magelang yang menarik untuk dikunjungi.

2. Gunung Telomoyo

Wisata alam di Magelang yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Gunung Telomoyo. Namanya mungkin terdengar asing. Namun untuk warga Magelang dan sekitarnya, tempat ini selalu jadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan.

Lokasi Gunung ini secara geografis berada di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Pengunjung bisa datang ke gunung ini dengan melewati rute Jalan Sriwijaya menuju Merapasari. Kemudian dilanjutkan sampai ke tempat wisata Telomoyo di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Puncak Gunung Telomoyo bisa dijangkau menggunakan sepeda motor. Pemandangan yang ada di puncaknya sangat eksotis. Wisatawan dapat melihat jelas indahnya hamparan pegunungan tinggi dar Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Prau. Selain itu, kecantikan panorama danau ranu pening juga bisa dinikmati dari atas puncak gunung ini.

3. Gunung Tidar

Jika umumnya gunung atau bukit letaknya berada di pinggir kota, lokasi Gunung Tidar justru sebaliknya. Gunung yang selalu ramai didatangi peziarah ini, ada di tengah-tengah Kota Magelang.

Gunung Tidar sarat akan kisah mistis. Bahkan, orang yang ingin naik atau mendaki Gunung Tidar harus meminta izin terlebih dahulu ke juru kunci. Meski begitu, Gunung Tidar bisa menjadi tempat yang cocok untuk berteduh di Magelang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...