5 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo Ramah di Kantong

Berikut lima rekomendasi pilihan wisata kuliner Solo yang memiliki cita rasa khas dan ramah di kantong.
Image title
16 November 2021, 20:35
Ilustrasi selat solo sebagai salah satu pilihan wisata kuliner Solo
indonesia.go.id
Ilustrasi selat solo sebagai salah satu pilihan wisata kuliner Solo

Kota Solo yang juga menjadi tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ternyata menyimpan kekayaan kuliner. Ada banyak variasi makanan yang patut dicoba dan menjadi tujuan wisata kuliner Solo. Selain rasanya yang sanggup mengggoyang lidah, harga kuliner Solo juga tergolong ramah di kantong.

Wisata kuliner Solo terkenal karena sejarahnya yang cukup panjang. Sejak era Kasultanan Surakarta, Kota Solo memang sudah terkenal dengan wisata kulinernya. Ada banyak pilihan yang bisa menjadi rujukan untuk makan di luar rumah. Mulai dari kuliner halal dan vegetarian seperti Selat Solo hingga yang dilarang untuk dimakan oleh umat muslim seperti menu olahan babi.

5 Rekomendasi Tujuan Wisata Kuliner Solo

Berikut daftar wisata kuliner Solo yang bisa memanjakan lidah Anda dengan berbagai harga:

1. Timlo Sastro

Bagi sebagian orang, Timlo mengingatkan dengan grup band komedi yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Namun. ternyata timlo sendiri adalah kuliner khas Kota Solo. Dari segi komposisi, timlo merupakan sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Untuk menikmatinya, Anda bisa menyantapnya secara langsung atau mencampurnya dengan nasi. Rasanya akan semakin nikmat dengan menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Dari sekian banyak penjaja sajian timlo yang bisa Anda temukan di Solo. Salah satu tempat populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, belakang Pasar Gede, Solo. Biasanya, warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbalong karena lokasi Pasar Gede yang berada di Kampung Balong. Saat musim liburan tiba, Timlo Solo ini tak pernah sepi pengunjung.

Dengan harga Rp 20 ribu kamu sudah bisa mencicipi seporsi Timlo komplit. Maka dari itu, jika melihat kuliner satu ini Anda dipastikan akan rela mengantri. Jadwal bukanya sendiri dimulai pukul 06.00-15.30 sore.

2. Sate Kambing Hj. Bejo

Bila Anda pecinta olahan daging dalam bentuk sate, maka tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke warung sate milik Hj. Bejo. Salah satu menu pilihannya adalah sate buntel daging, menggunakan daging kambing cincang yang dibuntel (buntel dalam Bahasa Jawa artinya bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar. Selain bisa memesan sate buntel, di sini tersedia menu lainnya seperti gule, tongseng, tengkleng. Bila Anda sedang mengunjungi Solo, kuliner satu ini wajib masuk daftar wisata kuliner yang tak boleh terlewatkan.

Kuliner ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena menjadi langganan Presiden Joko Widodo bahkan semenjak dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sate Kambing Hj. Bejo ini sendiri berlokasi di Jalan Lojiwetan. Saat Anda sedang wisata kuliner Solo jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

3. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Tak lengkap rasanya bila ke Pasar Klewer hanya membeli kain batik saja. Anda harus mencicipi menu sajian tengkleng Bu Edi. Warung ini berjualan mulai pukul 14:00 di bagian utara gapura pasar. Di hari biasa, dalam hitungan jam saja tengkleng ini sudah habis tanpa sisa. Jadi kalau Anda tertarik mencoba, sebaiknya sudah datang satu jam sebelum dibuka.

Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulang, lalu disiram kuah kuning. Cita rasanya begitu segar, gurih dan sedikit pedas.

4. Selat Solo Mbak Lies

Sajian fresh salad ala Kota Solo disebut dengan Selat Solo dan menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata kuliner Solo satu ini berada sedikit jauh dari area publik, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan. Tidak usah khawatir soal rasa, usaha Anda untuk menemukan tempat ini pasti akan terbayar dengan selat Solo yang menggugah selera.

Hanya dengan harga Rp 28.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur semakin melengkapi kenikmatan kuliner satu ini.

Tak hanya menyajikan kuliner yang lezat dan membuat lidah terpikat, Warung Selat Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, Anda bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

5. Pecel Solo

Rekomendasi wisata kuliner Solo yang terakhir adalah pecel Solo. Menu andalan dari Warung Pecel ini adalah Pecel Ndeso yang terdiri atas nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, yang disiram bumbu pecel khas dengan cita rasa manis, asin, pedas dan gurih.

Untuk menemani menu Pecel Ndeso, Anda bisa memesan minuman tradisonal dengan bahan herbal seperti beras kencur, jahe pandan, kunir asem sirih, temulawak dan masih banyak menu-menu tradisonal lainnya.

Tidak hanya menunya yang lezat, tempat ini juga nyaman dan nuansa dari Warung Pecel Solo ini sangat khas dengan kota budaya ini. Tempat ini berlokasi di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen. Harga menu disini juga masih terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Adapun jam bukanya dua kali dalam sehari, yakni pukul 08.00 – 16.00 dan 18.00 – 22.00.

Demikianlah lima rekomendasi wisata kuliner Solo dengan harga yang ramah di kantong. Saat bertandang ke Solo, jangan sampai Anda melewatkan lima lokasi jajan tersebut.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait