5 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo Ramah di Kantong

Image title
16 November 2021, 20:35
Ilustrasi selat solo sebagai salah satu pilihan wisata kuliner Solo
indonesia.go.id
Ilustrasi selat solo sebagai salah satu pilihan wisata kuliner Solo

Kota Solo yang juga menjadi tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ternyata menyimpan kekayaan kuliner. Ada banyak variasi makanan yang patut dicoba dan menjadi tujuan wisata kuliner Solo. Selain rasanya yang sanggup mengggoyang lidah, harga kuliner Solo juga tergolong ramah di kantong.

Wisata kuliner Solo terkenal karena sejarahnya yang cukup panjang. Sejak era Kasultanan Surakarta, Kota Solo memang sudah terkenal dengan wisata kulinernya. Ada banyak pilihan yang bisa menjadi rujukan untuk makan di luar rumah. Mulai dari kuliner halal dan vegetarian seperti Selat Solo hingga yang dilarang untuk dimakan oleh umat muslim seperti menu olahan babi.

Advertisement

5 Rekomendasi Tujuan Wisata Kuliner Solo

Berikut daftar wisata kuliner Solo yang bisa memanjakan lidah Anda dengan berbagai harga:

1. Timlo Sastro

Bagi sebagian orang, Timlo mengingatkan dengan grup band komedi yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Namun. ternyata timlo sendiri adalah kuliner khas Kota Solo. Dari segi komposisi, timlo merupakan sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Untuk menikmatinya, Anda bisa menyantapnya secara langsung atau mencampurnya dengan nasi. Rasanya akan semakin nikmat dengan menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis.

Dari sekian banyak penjaja sajian timlo yang bisa Anda temukan di Solo. Salah satu tempat populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, belakang Pasar Gede, Solo. Biasanya, warga Solo menyebut Timlo Sastro sebagai Timlo Mbalong karena lokasi Pasar Gede yang berada di Kampung Balong. Saat musim liburan tiba, Timlo Solo ini tak pernah sepi pengunjung.

Dengan harga Rp 20 ribu kamu sudah bisa mencicipi seporsi Timlo komplit. Maka dari itu, jika melihat kuliner satu ini Anda dipastikan akan rela mengantri. Jadwal bukanya sendiri dimulai pukul 06.00-15.30 sore.

2. Sate Kambing Hj. Bejo

Bila Anda pecinta olahan daging dalam bentuk sate, maka tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke warung sate milik Hj. Bejo. Salah satu menu pilihannya adalah sate buntel daging, menggunakan daging kambing cincang yang dibuntel (buntel dalam Bahasa Jawa artinya bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar. Selain bisa memesan sate buntel, di sini tersedia menu lainnya seperti gule, tongseng, tengkleng. Bila Anda sedang mengunjungi Solo, kuliner satu ini wajib masuk daftar wisata kuliner yang tak boleh terlewatkan.

Kuliner ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena menjadi langganan Presiden Joko Widodo bahkan semenjak dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sate Kambing Hj. Bejo ini sendiri berlokasi di Jalan Lojiwetan. Saat Anda sedang wisata kuliner Solo jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

3. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Tak lengkap rasanya bila ke Pasar Klewer hanya membeli kain batik saja. Anda harus mencicipi menu sajian tengkleng Bu Edi. Warung ini berjualan mulai pukul 14:00 di bagian utara gapura pasar. Di hari biasa, dalam hitungan jam saja tengkleng ini sudah habis tanpa sisa. Jadi kalau Anda tertarik mencoba, sebaiknya sudah datang satu jam sebelum dibuka.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement