5 Rekomendasi Wisata di Kota Solo yang Kaya Nuansa Sejarah

Image title
16 November 2021, 23:05
wisata di kota solo
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Abdi dalem dan kerabat Keraton mengikuti Kirab Malam Selikuran dengan berjalan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/5/2021) malam. Tradisi yang dimulai sejak Kesultanan Demak dan diteruskan hingga Kerajaan Mataram Islam Surakarta tersebut dilaksanakan pada 20 Ramadhan atau malam 21 Ramadhan untuk menyambut malam Lailatul Qadar dan ini menjadi salah satu wisata di Kota Solo.

Kota Surakarta atau yang biasa akrab dikenal dengan Kota Solo menjadi salah satu pusat destinasi wisata bagi masyarakat. Kota yang memiliki luas 44 km ini sering menjadi pilihan bagi apra pelancong karena kaya akan tempat wisata budaya. Terutama yang berkaitan dengan Kasunanan Surakarta.

Wilayah yang pernah dipimpin oleh Joko Widodo ini secara geografis berada di wilayah strategis, karena berbatasan langsung dengan empat kabupaten di Solo Raya. Antara lain: berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Timur dan Barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Selatan.

Dari lokasinya yang strategis Solo menjadi epicentrum bagi berbagai kalangan untuk berkumpul, atau bahkan sekedar mengopi bersama. Selain warung kopi atau angkringan lesehan yang menjadi sasaran para warga untuk mencari hiburan. Solo menyimpan berbagai tempat wisata yang harus dikunjungi.

5 Daftar Wisata di Kota Solo yang Patut Dikunjungi

Berikut daftar tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi bersama kawan dan keluarga dengan harga tiket yang bersahabat:

1. Taman Balekambang

Berkunjung di wisata Taman Balekambang, Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda sewa untuk berkeliling wilayah taman bersama keluarga. Misalnya, mobil-mobil dengan kapasitas empat orang, perahu kayuh, dan kereta kuda. Berbagai fasilitas ini disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan berbagai cara.

Selain aneka kendaraan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, ada juga area hotspot diakses. Meskipun taman ini dipenuhi banyak pohon-pohon tinggi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan sinyal saat.

Pasalnya, Pemerintah Kota Surakarta telah memasang dua tower untuk memaksimalkan koneksi internet. Di taman ini juga terdapat hotspot area di mana wifi yang disediakan dapat digunakan secara gratis oleh para pengunjung yang ada.

Untuk memasuki area wisata ini dimulai dari pagi hari pukul 07.00 WIB sampai sore hari pukul 17.00 WIB. Para pengunjung tidak dikenai biaya untuk menikmati taman ini. Adapun biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 jika ingin menikmati wahana yang ada di sana.

Lokasi Taman Balekambang juga mudah untuk ditemukan, yaitu berlokasi di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Kota Surakarta. Namun apabila Anda berencana pergi menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju ke lokasi. Selain itu Anda juga dapat menggunakan transportasi umum yaitu bus untuk menuju Terminal Tirtonadi. Dari terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak.

2. Benteng Vastenburg

Advertisement

Rekomendasi tempat wisata di Solo adalah Benteng Vastenburg. Benteng ini menjadi salah satu ikon bersejarah di Kota Solo yang tata letaknya berada di tengah kota berseberangan dengan Balai Kota Solo.

Dalam sejarahnya, benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, khususnya terhadap keraton Surakarta, benteng ini dibangun, sekaligus sebagai pusat garnisun.

Namun sayangnya, benteng ini tidak mendapat perhatian secara layak setelah lama tidak terpakai sejak 1980-an, benteng ini penuh semak belukar dan tak terawat.Sejak kepemimpinan Joko Widodo, perubahan dan restorasi mulai terlihat. Pada tahun 2014, restorasi terhadap Benteng Vastenburg sangat terlihat dari cat yang mengelupas dicat ulang dengan warna putih.

Selain menjadi wisata sejarah area benteng pernah digunakan sebagai lokasi karantina bagi pasien Covid-19 di bawah tanggung jawab TNI Angkatan Darat.

3. Keraton Surakarta

Salah satu ikon Kota Solo yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi adalah Keraton Surakarta. Area ini menjadi salah satu tonggak sejarah berdirinya Kota Solo dan masuk dalam referensi pelajaran saat di bangku sekolah.

Di keraton ini ada berbagai wahana wisata sejarah seperti tour keliling istana atau ke dalam museum. Selain itu saban tahun secara rutin diadakan acara adat seperti saat Malam Satu Suro dan itu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Solo.

Jangan khawatir bila saat sesi keliling istana Anda akan ditemani oleh abdi dalem yang akan dengan setia memberikan penjelasan mengenai Keraton. Anda juga dapat aktif berdiskusi sehingga bisa menambah wawasan keilmuan.

4. Masjid Agung Keraton Surakarta

Selesai berkunjung ke Keraton Surakarta, tak jauh dari sana ada Masjid Agung Keraton Surakarta. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari keraton. Selain menjadi aktivitas dakwah keagaaman, masjid ini juga sering dikunjungi wisatawan karena memiliki ragam keunikan. Salah satunya adalah jam matahari yang masih bisa Anda saksikan saat ini.

5. Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun Kidul yang berarti alun-alun di bagian selatan menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang patut dikunjungi. Lokasinya terletak di di Pasar Kliwon, Jalan Gading, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Taman ini sangat populer dengan berbagai kedai makanan, wahana karnaval & pemandangan kawanan kerbau yang dikeramatkan.

Apabila Anda beruntung bisa bertemu langsung dengan Kebo Bule yang dilepas merumput di area alun-alun.

Demikianlah lima rekomendasi tempat di Solo yang murah meriah bahkan gratis tanpa ditarik biaya retribusi sepeser pun.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait