5 Rekomendasi Wisata di Kota Solo yang Kaya Nuansa Sejarah

Image title
16 November 2021, 23:05
wisata di kota solo
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Abdi dalem dan kerabat Keraton mengikuti Kirab Malam Selikuran dengan berjalan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/5/2021) malam. Tradisi yang dimulai sejak Kesultanan Demak dan diteruskan hingga Kerajaan Mataram Islam Surakarta tersebut dilaksanakan pada 20 Ramadhan atau malam 21 Ramadhan untuk menyambut malam Lailatul Qadar dan ini menjadi salah satu wisata di Kota Solo.

Kota Surakarta atau yang biasa akrab dikenal dengan Kota Solo menjadi salah satu pusat destinasi wisata bagi masyarakat. Kota yang memiliki luas 44 km ini sering menjadi pilihan bagi apra pelancong karena kaya akan tempat wisata budaya. Terutama yang berkaitan dengan Kasunanan Surakarta.

Wilayah yang pernah dipimpin oleh Joko Widodo ini secara geografis berada di wilayah strategis, karena berbatasan langsung dengan empat kabupaten di Solo Raya. Antara lain: berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Timur dan Barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Selatan.

Dari lokasinya yang strategis Solo menjadi epicentrum bagi berbagai kalangan untuk berkumpul, atau bahkan sekedar mengopi bersama. Selain warung kopi atau angkringan lesehan yang menjadi sasaran para warga untuk mencari hiburan. Solo menyimpan berbagai tempat wisata yang harus dikunjungi.

5 Daftar Wisata di Kota Solo yang Patut Dikunjungi

Berikut daftar tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi bersama kawan dan keluarga dengan harga tiket yang bersahabat:

1. Taman Balekambang

Berkunjung di wisata Taman Balekambang, Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda sewa untuk berkeliling wilayah taman bersama keluarga. Misalnya, mobil-mobil dengan kapasitas empat orang, perahu kayuh, dan kereta kuda. Berbagai fasilitas ini disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan berbagai cara.

Selain aneka kendaraan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, ada juga area hotspot diakses. Meskipun taman ini dipenuhi banyak pohon-pohon tinggi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan sinyal saat.

Pasalnya, Pemerintah Kota Surakarta telah memasang dua tower untuk memaksimalkan koneksi internet. Di taman ini juga terdapat hotspot area di mana wifi yang disediakan dapat digunakan secara gratis oleh para pengunjung yang ada.

Untuk memasuki area wisata ini dimulai dari pagi hari pukul 07.00 WIB sampai sore hari pukul 17.00 WIB. Para pengunjung tidak dikenai biaya untuk menikmati taman ini. Adapun biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 jika ingin menikmati wahana yang ada di sana.

Lokasi Taman Balekambang juga mudah untuk ditemukan, yaitu berlokasi di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Kota Surakarta. Namun apabila Anda berencana pergi menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju ke lokasi. Selain itu Anda juga dapat menggunakan transportasi umum yaitu bus untuk menuju Terminal Tirtonadi. Dari terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak.

2. Benteng Vastenburg

Rekomendasi tempat wisata di Solo adalah Benteng Vastenburg. Benteng ini menjadi salah satu ikon bersejarah di Kota Solo yang tata letaknya berada di tengah kota berseberangan dengan Balai Kota Solo.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement