Air Terjun Cileat, Wisata Curug Subang yang Memanjakan Mata

Image title
18 November 2021, 00:26
Ilustrasi Curug Cileat di Subang
instagram/@curugsubang
Ilustrasi Curug Cileat di Subang

Wisata curug Subang memiliki daya tarik tersendiri, misalnya air terjun tertinggi di Kabupaten Subang yaitu Curug Cileat. Pemandangan alam di curug ini begitu cantik. Anda bisa menyaksikan derasnya air yang turun dari ketinggian sekitar 100 meter tersebut.

Letak Curug Cileat berada di tengah hutan di kawasan kaki Gunung Canggah. Alhasil, akses jalan menuju lokasi tersebut masih sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua. Untuk sampai ke lokasi Curug Cileat, Anda harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak.

Tidak hanya lanskap pemandangannya yang indah, destinasi wisata curug Subang ini juga menyimpan cerita legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Mengutip dari sejumlah situs pariwisata, penuturan warga setempat menyatakan kalau nama Cileat berasal dari bahasa Sunda yaitu tiporeat atau berarti terjatuh.

Dikisahkan pada zaman dahulu, terdapat dua orang pangeran di Subang yang berlomba pergi menuju laut. Kemudian, dalam perjalanannya, salah satu pangeran itu terpeleset di Curug Cileat. Hingga akhirnya, kata tiporeat disematkan sebagai nama air terjun tersebut.

Pesona Alam Wisata Curug Subang Cileat

Curug Cileat di Subang
Curug Cileat di Subang (Instagram/ @danimuse1993)

 

Berada di kaki Gunung Canggah, Kabupaten Subang, Curug Cileat menyuguhkan keindahan rindangnya pepohonan di dalam hutan. Udara di curug ini pun sangat sejuk dan kondisi airnya masih terawat.

Curug Cileat bisa Anda jadikan salah satu tujuan wisara curug Subang untuk mengilangkan stres. Sebab, meski cukup populer di kalangan wisatawan, suasana di Curug Cileat masih asri dan sepi. Suara gemuruh air yang turun dari atas ketinggian, akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Di sekitar air terjun juga terdapat susunan bebatuan yang menambah cantik pemandangan Curug Cileat. Selain itu, tumbuhan liar yang hidup mengapit curug ini dan dapat Anda jadikan sebagai latar atau spot untuk berswafoto.

Pesona lainnya yang dimiliki Curug Cileat, adalah bentang alam dari Gunung Canggah. Gunung di Kabupaten Subang ini memiliki ketinggian sekitar 1.685 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara administratif, Gunung Canggah berada di Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Anda bisa menjelajah gunung tersebut dan melakukan pendakian.

Untuk mendaki Gunung Canggah, Anda bisa melewati jalur pendakian kampung Panyeredan atau kampung Citali. Pendakian Anda akan semakin mudah, karena beberapa pos pendakian di Gunung Canggah sudah dilengkapi petunjuk arah.

Pengalaman pendakian Anda akan semakin menantang dan seru, jika terlebih dahulu singgah ke Curug Cileat. Usai menikmati wisata curug Subang ini, Anda bisa melanjutkannya dengan menjajaki setiap pos pendakian Gunung Canggah. Lanskap Kabupaten Subang akan terlihat jelas dari  puncak gunung tersebut.

Tempat wisata di Subang seperti Curug Cileat, mampu menyuguhkan pengalaman dan sensasi berbeda saat Anda mengunjunginya. Lokasi ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan cara pergi ke objek wisata alam.

Lokasi Curug Cileat

Dilansir dari Subang.go.id, lokasi Curug Cileat berada di Kampung Cibogo, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Akses jalannya belum bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement