5 Rekomendasi Wisata Lombok nan Indah, Asri dan Murah

Image title
18 November 2021, 23:31
Salah satu wisata Lombok yaitu Air Terjun Tiu Teja
Dokumentasi PT Angkasa Pura I (Persero)
Salah satu wisata Lombok yaitu Air Terjun Tiu Teja

Pulau Lombok kerap menjadi pilihan yang sering dikunjungi turis domestik maupun mancanegara untuk berwisata. Secara geografis Pulau Lombok merupakan salah satu kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, yang terpisahkan Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Pulau Lombok juga memiliki keunikan. Hal itu terlihat pada bentuknya cenderung bulat dan tampak semacam "ekor" di sisi barat daya, dengan panjang kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 kilometer persegi dan menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia dengan kota utamanya adalah Kota Mataram.

Advertisement

Selain itu, Lombok juga memiliki ciri khas yang melekat dari sisi di bidang kelautan dan menjadi sekat flora dan fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia. Ilmuwan yang pertama kali menyatakan hal tersebut adalah Alfred Russel Wallace, warga Inggris abad ke-19. Untuk menghormatinya maka batas ini disebut Garis Wallace.

Tidak hanya Garis Wallace yang membuat Lombok semakin kaya akan ciri khas, namun juga khazanah bahasa dan budaya yang sering dituturkan oleh para manusianya. Penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, ada juga beberapa ruang kota yang menggunakan Bahasa Bali.

Kekayaan tersebut membuat wisata Lombok kini menggeliat. Promosi wisata Lombok semakin gencar dilakukan, khususnya menawarkan ciri khas dari pulau ini. Berikut adalah lima rekomendasi wisata Lombok yang bisa menjadi pilihan saat berwisata.

1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Rekomendasi wisata Lombok yang pertama adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun. Area wisata ini menawarkan pemandangan khas lereng Gunung Rinjani, Lombok. Pemandangannya didominasi bukit-bukit, gunung, hamparan area sawah, serta rumah adat yang bernilai sejarah tinggi.

Untuk ke lokasi ini, Anda bisa berangkat menuju alamat Taman Wisata Pusuk Sembalun di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Harga tiket di tempat ini juga relatif terjangkau, yakni Rp 5.000 per orang. Adapun harga tiket parkir sekitar Rp 5.000 per mobil dan Rp 2.000 per motor.

2. Pantai Indah Tanjung Aan

Wisata lombok selanjutnya adalah Pantai Indah Tanjung Aan. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, dan memiliki garis pantai sekitar dua kilometer. Satu hal yang berbeda saat kaki Anda menginjak Pantai Tanjung Aan, yaitu pasirnya. Tak serupa seperti Pantai Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica.

Untuk mengakses tempat ini, butuh jarak tempuh sekitar 75 kilometer dari Kota Mataram dan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Meski tergolong cukup jauh dari pusat kota, namun jangan khawatir Anda akan menemukan keunikan satwa seperti 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yaitu Eunice siciliensis, Eunice viridis, Licydice collaris dan juga satu spesies dari Nyale Famili Nereidae, yaitu Dendronereides heteropoda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement