9 Obat Sakit Perut yang Mudah Didapatkan

Image title
19 November 2021, 21:58
Obat sakit perut.
cottonbro/pexels
Ilustrasi penderita sakit perut.

Hampir semua orang pernah merasakan sakit perut. Umumnya, nyeri yang diderita berasal dari sakit perut ringan. Mengalami sakit perut akan sangat mengganggu, apalagi bagi orang dengan aktivitas dan mobilitas tinggi.

Mengonsumsi obat sakit perut bisa meredakan derita Anda. Biasanya dokter pun akan memberikan resep obat sakit perut setelah melakukan diagnosa.

Obat sakit perut tersedia dalam beberapa bentuk seperti cair, tablet, dan pil. Namun, untuk sakit perut ringan sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi obat kimia, karena memiliki efek samping. Obat sakit perut alami bisa menjadi pilihan alternatifnya. Obat jenis ini bisa dijumpai dengan mudah.

Obat sakit perut alami terbukti secara efektif mampu meringankan dan meredakan gejala sakit perut ringan. Jika Anda mengalami sakit ringan, daftar obat sakit perut alami di bawah ini mungkin bisa membantu mengatasi nyerinya.

Obat Sakit Perut yang Mudah Ditemui

Indonesia dianugerahi dengan kekayaan alam berlimpah dan tanah subur. Bahkan, beberapa hasil buminya bisa digunakan sebagai obat herbal. Beberapa tanaman obat di sekitar kita terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan, serta mampu meringankan berbagai gejala penyakit seperti sakit perut ringan. Anda bisa mengonsumsinya saat mengalami sakit perut ringan. Simak penjelasan di bawah ini, terkait obat sakit perut yang mudah dijumpai.

1. Yogurt

Dilansir dari situs Hello Sehat, olahan yang berasal dari susu, seperti yogurt dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Makanan ini diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan probiotik yang berkualitas.

Jenis yogurt untuk meredakan nyeri sakit perut ringan, yaitu yogurt tanpa kandungan gula. Yogurt polos semacam ini, sangat baik bagi kesehatan dan sistem pencernaan dalam tubuh.

Manfaat yogurt sebagai obat sakit perut alami terletak pada kandungan bakteri baiknya. Merujuk hasil Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Padjadjaran, dijelaskan kalau yogurt memiliki nutrisi yang hampir mirip dengan susu. Produk hasil fermentasi ini, kaya akan kandungan vitamin B2, vitamin B12, vitamin D dan beberapa kandungan mineral.

Khusus untuk yogurt probiotik, mengandung bakteri starter dan probiotik yang ditambahkan dalam proses fermentasinya. Bakteri baik ini adalah Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei dan Bifidobacterium.

Selain efektif meredakan sakit perut ringan, yogurt dipercaya bisa mengatasi laktosa intoleran dan menyeimbangkan sistem pencernaan. Laktosa intoleran adalah kondisi ketika usus tidak mampu mencerna laktosa secara sempurna. Gejala penyakit ini dapat terlihat saat seseorang merasakan mual, muntah, sakit perut dan diare usai meminum susu. Kandungan bakteri asam laktat pada yogurt, dapat membantu penyerapan dan pencernaan laktosa susu jadi lebih baik.

Anda bisa mengonsumsi yogurt saat sakit perut ringan, sebagai obat sakit perut alami. Untuk mendapatkan makanan ini sangat mudah. Sebab, yogurt sudah banyak dijual di minimarket terdekat atau Anda dapat membelinya di e-commerce.

2. Cuka Apel

Obat sakit perut yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah cuka apel. Saat menderita sakit perut akibat asam lambung, minumlah 1 sampai 2 sendok teh cuka apel dari sari organik yang dicampurkan dengan delapan ons air, efeknya dipercaya akan meringankan nyeri pada perut.

Sejumlah ahli gizi menyebut, cuka apel memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengatasi masalah usus akibat bakteri, seperti diare. Meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait manfaat cuka apel untuk meredakan sakit perut, namun olahan ini diklaim sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat lain dari cuka apel yaitu bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Laporan Journal of Advanced Nursing menyatakan, mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan HbA1c dan gula darah puasa. Cuka apel bisa Anda temukan di beberapa toko atau bisa juga membelinya secara online.

3. Air Beras

Mengutip dari laman Boldsky, salah satu obat sakit perut alami khususnya untuk penderita maag adalah air beras. Jika Anda menderita nyeri seperti ini, minumlah rebusan air beras selama dua kali sehari untuk meringankan gejala sakit maag.

Dilansir dari Hello Sehat, air beras dipercaya bisa membentuk suatu lapisan dan mengurangi peradangan akibat sakit perut. Anda bisa mengonsumsi air beras ini dengan tambahan sedikit madu, agar rasanya lebih enak.

4. Cengkeh

Dalam gejala sakit perut ringan, penggunaan cengkeh sebagai obat herbal sakit perut dipercaya bisa meringankan rasa nyeri. Cengkeh mengandung suatu senyawa yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, muntah dan diare.

Anda dapat mengonsumsi cengkeh dengan cara mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh, dengan 1 sendok teh madu. Kemudian minumlah satu kali sehari, dan nyeri sakit perut ringan akan berkurang.

Melansir dari artikel di Medical News Today, manfaat lain dari cengkeh ternyata mampu memperlambat beberapa pertumbuhan sel kanker.  Dalam sebuah studi, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak cengkeh juga bisa meningkatkan kematian sel pada sel kanker usus besar.

5. Lemon

Lemon diyakini bisa menjadi salah satu obat sakit perut alami, terutama untuk nyeri akibat sembelit. Ketika perut sulit mencerna makanan, lemon ternyata dapat mengatasi hal tersebut.

Dilansir dari Healtline, salah satu khasiat lemon yakni dapat meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Lemon memiliki kandungan karbohidrat sekitar 10% dalam membentuk serat larut dan gula sederhana.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...