9 Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

Image title
25 November 2021, 01:51
Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki
Reynardo Etenia Wongso/Unsplash
Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

Menemukan dan memilih nama bayi laki-laki memang bukan perkara gampang.  Sebab, semua orang tua pasti ingin menyematkan sebuah nama terbaik bagi anaknya. Terutama, kalau si buah hati adalah anak laki-laki pertama yang sangat dinantikan di tengah keluarga kecil pasangan yang baru menikah.

Belakangan ini tren memilih nama bayi yang unik dan berbeda tengah naik daun lagi. Sejumlah orang tua berlomba-lomba mencari kosakata unik, guna diberikan pada bayi mereka. Hal ini memang tidak salah. Tetapi, sebaiknya dipikirkan kembali secara matang sebelum melakukannya. Mengingat, sebuah nama bakal menjadi identitas seumur hidup sang buah hati. Kalau nama tersebut terdengar aneh, tentu di masa depan kelak sang anak akan merasa kurang percaya diri.

Advertisement

Memberikan nama bayi laki-laki, pastinya berbeda dengan memberikan nama pada bayi perempuan. Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan. Umumnya, orang tua cenderung memilih nama yang bisa menggambarkan kalau si kecil itu kuat, gagah, berani, dan juga tampan.

Untuk mencari sebuah nama bayi laki-laki, Anda mendapat inspirasinya dari berbagai sumber, termasuk dari buku. Namun demikian, Anda perlu memikirkan beberapa hal sebelum menentukan nama bayi laki-laki yang akan Anda pilih. Dilansir dari Love to Know, The Tot, dan Alodokter, berikut tips untuk memilih nama bayi laki-laki.

Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki

bayi laki-laki
bayi laki-laki (apahabar.com)

1. Melihat Silsilah Keluarga

Apabila merasa bingung mencari nama untuk anak, cobalah melihat daftar silsilah keluarga Anda. Biasanya inspirasi tersebut akan datang saat Anda melakukannya.

Nama keluarga bisa menjadi pilihan alternatif guna mencari ide nama bayi laki-laki. Jika di dalam silsilah keluarga ada kerabat yang memiliki nama unik dan terdengar menarik, namun arti serta maknanya sangat bagus, Anda dapat meminta izin untuk menggunakan nama tersebut.

Contohnya, anggap saja salah satu saudara Anda bernama “Billal Hafizh Athaillah” yang berarti “sebuah rahmat Allah SWT yang bertanggungjawab”. Anda bisa memakainya atau menggunakan salah satu nama tersebut untuk membuat rangkaian nama bagi anak laki-laki Anda kelak.

Selain itu, beberapa suku di Indonesia seperti Batak dan lainnya juga memiliki sebuah marga untuk diberikan pada anggota keluarganya. Umumnya, nama bayi laki-laki pun akan dipadukan dengan marga tersebut sebagai salah satu identitas yang tidak boleh hilang.

2. Melihat Latar Belakang Budaya dan Agama

Budaya dan agama bisa memengaruhi sebuah nama bayi laki-laki. Bila seorang anak dilahirkan dari suku Jawa dengan menganut agama Islam, biasanya akan diberikan nama yang terdiri dari rangkaian kata bercorak Jawa dan Islam.

Langkah di atas bisa Anda praktekan saat kebingungan mencari nama bayi laki-laki. Jika Anda beragama Islam, cobalah untuk mencari untaian kata dalam Bahasa Arab yang memiliki arti dan makna mendalam. Sesuai pepatah lama yang berbunyi “nama adalah doa”, Anda dapat memberikan nama pada anak laki-laki dengan menyisipkan doa serta harapan di dalamnya.

3. Mencari Arti dan Makna

Sebelum memberikan nama bayi laki-laki, Anda perlu memperhatikan kembali arti dan makna dari nama yang sudah dipilih. Pastikan rangkaian nama tersebut mengandung arti serta makna yang bagus untuk si buah hati.

Hal ini menjadi penting karena bisa mempengaruhi perkembangan si anak kedepannya. Kalau nama yang disematkan padanya bermakna bagus, rasa percaya diri dia akan meningkat. Khususnya saat ia mulai dihadapkan lingkungan baru dan harus mencari teman sebayanya.

Kalau Anda sudah punya inspirasi nama bayi laki-laki, jangan lupa untuk mengecek arti dan makna yang terkandung di dalamnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement