8 Nama Bayi Laki-Laki Islami Bermakna Indah

Berikut contoh nama bayi laki-laki Islami, yang bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menentukan nama bagi si buah hati.
Image title
25 November 2021, 10:50
Ilustrasi nama bayi laki-laki islami
Reynardo Etenia Wongso/Unsplash
Ilustrasi nama bayi laki-laki islami

Rasa bahagia pasti akan dirasakan oleh setiap pasangan suami-istri, mana kala mendapat rizki untuk membesarkan dan merawat bayi laki-laki. Apalagi, jika pasangan tersebut belum lama menikah serta sedang mendambakan anak pertamanya.

Momen bahagia itu akan dibarengi dengan beberapa momen penting kedepannya. Misalnya, menentukan nama bayi laki-laki. Proses ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebelum diberikan, sebuah nama harus dipikirkan matang-matang. Sebab, nama ini bisa mewakili doa serta harapan kedua orang tua.

Bagi umat islam, memberikan nama bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar mendapat berkah dan demi kebaikan si buah hati, orangtua pastinya akan memilih nama yang baik untuk anaknya.

Dikutip dari buku Untaian Variasi Nama Bayi Islami, Kumpulan Variasi Nama Bayi Islami, dan sumber lainnya, berikut beberapa contoh nama bayi laki-laki Islami yang mungkin saja bisa membantu Anda, dalam menentukan nama bagi si kecil.

Advertisement

Contoh Nama Bayi Laki-Laki Islami

bayi laki-laki
bayi laki-laki (apahabar.com)

1. Afif Su’ud Ahwaluh: Harga diri dan berbahagia selalu.

Urutan pertama nama bayi Islami yang bisa menjadi inspirasi adalah Afif Su’ud Ahwaluh. Terdiri dari tiga suku kata yang diambil dari Bahasa Arab. Pertama kata “Afif” bisa diartikan sebagai punya harga diri. Sedangkan kata “Su’ud Ahwaluh” artinya bahagia selalu.

Secara harfiah nama bayi laki-laki Islami Afif Su’ud Ahwaluh ini bermakna seseorang yang punya harga diri dan selalu merasakan kebahagian. Nama tersebut sangat cocok, jika Anda mengharapkan sang buah hati tumbuh sebagai anak periang, ceria, dan tidak mudah putus asa. Kelak ia juga bisa bersaing sehat dengan teman atau orang lain, karena memiliki harga diri sebagai muslim yang taat.

2. Aflahulmu’minin: Mukmin paling beruntung.

Nama bayi laki-laki Islami lainnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah Aflahulmu’minin. Berasal dari Bahasa Arab, nama ini terdiri dari kata “Aflah” yang artinya lebih sukses atau beruntung. Kemudian kata “Muminin” bermakna Mukmin.

Dari penjelasan di atas, makna nama Aflahulmu’minin yaitu seorang mukmin yang taat dan patuh pada ajaran agama Islam, sekaligus menjadi hamba Allah SWT paling beruntung. Nama bayi laki-laki Islami ini bisa Anda berikan pada si kecil, dengan arti nama yang disisipkan sebagai doa.

3. Ahmad a-JauduIIami: Suka berbuat kebaikan.

Nama bayi Islami ini terdiri dari kata “Ahmad” dan “Al-Jaudullami”. Jika digabungkan, untaian nama ini bermakna sebagai orang terpuji yang senang berbuat kebaikan dalam hidupnya. Nama Ahmad a-JauduIIami bisa Anda sematkan pada si buah hati setelah lahir. Nama ini bisa menjadi doa yang baik agar anak Anda menjadi mukmin yang megamalkan kebaikan sesuai ajaran agama islam.

Sekedar diketahui, arti dari setiap kata pada nama bayi laki-laki Islami itu yakni kata “Ahmad” artinya terpuji . Sementara kata “Al-Jaudullami” berarti kebaikan.

4. Ahmad Arsalan Waliuddin : Penolong agama.

Terdiri dari 3 suku kata dari Bahasa Arab, nama Ahmad Arsalan Waliuddin dapat menjadi alternatif pilihan nama bayi laki-laki Islami yang menginspirasi Anda. Nama tersebut berisi harapan dan doa agar anak Anda bisa menegakan kebaikan sesuai ajaran agama Islam.

Nama terebut berasal dari kata “Ahmad” artinya terpuji. Kemudian kata “Arsalan” yang merupakan nama seorang tokoh Islam, serta kata “Waliuddin” berarti penolong agama.

5. Azharuddin Hazim:  Sinar agama yang sangat terang dan bercita-cita luhur.

Anda bisa memberikan si buah hati dengan nama bayi laki-laki salami yaitu Azharuddin Hazim. Nama tersebut bermakna sinar agama yang bersinar begitu terang dan memiliki cita-cita setinggi langit. Nama ini bisa menjadi doa terbaik bagi anak Anda, agar menjadi anak soleh serta berbakti kepada kedua orangtua. Selain itu, buah hati Anda diharapkan memiliki semangat untuk mengejar cita-cita dalam bidang apapun.

6. Azmi Qawim: Keteguhan hati yang kokoh.

Memiliki makna sebagai keteguhan hati yang kokoh, nama Azmi Qawim bisa menjadi pilihan yang bagus untuk si kecil. Nama ini berisi doa agar si anak dapat menjadi orang dengan kesabaran tinggi.

7. Azzamy Syauqi: Kebulatan tekad.

Nama berikutnya yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda ialah Azzamy Syauqi. Nama ini punya makna cukup bagus, yaitu kebulatan tekad yang dirindukan.

8. Azzan Syammasullah: Pelayan ibadah kepada Allah.

Azzan Syammasullah memiliki makna seseorang yang tekun melakukan ibadah kepada Allah. Nama bayi Islami ini sangat cocok, kalau Anda ingin si buah hati tumbuh menjadi anak soleh dan berbakti kepada orangtua.

Sejumlah Nama yang Dilarang dalam Ajaran Agama Islam

Dalam ajaran agama Islam, baik itu bayi laki-laki atau perempuan sebaiknya diberi nama yang sesuai dengan petunjuk dari Nabi Muhammad SAW.  Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari, seseorang bernama Abu Musa dikisahkan mendapatkan anak berjenis kelamin laki-laki. Dia menamai anaknya itu seperti nama Nabi Ibrahim as. Kemudian, Rasulullah SAW berkata bahwa putra sulung Abu Musa itu mendapat berkah dari Allah SWT.

Dari cerita dalam hadis tersebut, dapat diambil kesimpulan kecil. Sebagai umat muslim yang taat, sebaiknya Anda memberikan nama si buah hati dengan nama bayi laki-laki Islami. Selain bisa menjadi doa, nama tersebut akan membawa berkah baginya di masa depan. Untuk membantu Anda, berikut beberapa nama yang dilarang dalam ajaran Islam:

  1. Abkam: Tidak celik, buta.
  2. Abiqah: Hamba yang Iari dan tuannya.
  3. Afinah: Bodoh.
  4. Asyar: Paling jahat.
  5. Asyirah: Yang tidak bersyukur atas nikmat.
  6. Amah: Hamba suruhan perempuan.
  7. Baghiah: zalim, jahat.
  8. Bahimah: Binatang.
  9. Balidah: Bodoh, bebal.
  10. Bakiah: Menangis, merengek.
  11. Baqarah: Lembu betina.
  12. Batilah: Batil, tidak benar.
  13. Dabbah: Binatang.
  14. Dahriyah: Mempercayai alam wujud dengan sendirinya.
  15. Dahisyah: Goncang, stress.
  16. Darakah: Kedudukan yang rendah.
  17. Daniyah: Lemah dan hina.
  18. Dami’ah: Mengalir air matanya.
  19. Fasidah: Rusak, yang binasa.
  20. Ghatbulah: Lalai.
  21. Ghailah  Kecelakaan, bencana.
  22. Ghaibah: Hilang.
  23. Ghasibah: Perampas, perompak.
  24. Ghamitah: Tidak mensyukuri nikmat.
  25. Ghawiah: Sesat, yang mengikut hawa nafsu.
  26. Haqidah: Dengki.
  27. Hasidah: Hasad.
  28. Hazinah: Sedih.
  29. Huzn: Kesedihan.
  30. Khabithah: Jahat, keji.
  31. Khali’ah : Mengikuti hawa nafsu.
  32. Khati’ah: Bersalah, yang berdosa.
  33. Khasirah: Rugi.
  34. Khamrah: Arak.
  35. Jariah: Hamba suruhan perempuan.
  36. Jafiah: Tidak suka berkawan.
  37. Khabithah: Jahat, keji.
  38. Khaliah: Mengikuti hawa nafsu.
  39. Khati’ah: Bersalah, yang berdosa.
  40. Khasirah: Rugi.
  41. Khamrah: Arak.
  42. Jariah: Hamba suruhan perempuan.
  43. Jafiah: Tidak suka berkawan.
  44. Kaibah: Sedih.
  45. Kafirah: Kafir, yang ingkar.
  46. Kamidah: Sangat berduka.
  47. Kazibah: Pendusta, pembohong.
  48. Lahab: Bara api.
  49. ZaIijah: Kebinasaan.
  50. Zalilah: Hina.
  51. Zalimah: Zalim.
  52. Zaniyah: Penzina, pelacur.
  53. Zufafah: Racun pembunuh.

Demikian ulasan tentang nama bayi laki-laki Islam dan beberapa nama yang dilarang untuk digunakan. Sebagai muslim yang taat, Anda bisa menjadikan nama-nama di atas sebagai inspirasi saat menentukan nama anak.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait