8 Nama Bayi Laki-Laki Islami Bermakna Indah

Image title
25 November 2021, 10:50
Ilustrasi nama bayi laki-laki islami
Reynardo Etenia Wongso/Unsplash
Ilustrasi nama bayi laki-laki islami

Rasa bahagia pasti akan dirasakan oleh setiap pasangan suami-istri, mana kala mendapat rizki untuk membesarkan dan merawat bayi laki-laki. Apalagi, jika pasangan tersebut belum lama menikah serta sedang mendambakan anak pertamanya.

Momen bahagia itu akan dibarengi dengan beberapa momen penting kedepannya. Misalnya, menentukan nama bayi laki-laki. Proses ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebelum diberikan, sebuah nama harus dipikirkan matang-matang. Sebab, nama ini bisa mewakili doa serta harapan kedua orang tua.

Advertisement

Bagi umat islam, memberikan nama bayi tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar mendapat berkah dan demi kebaikan si buah hati, orangtua pastinya akan memilih nama yang baik untuk anaknya.

Dikutip dari buku Untaian Variasi Nama Bayi Islami, Kumpulan Variasi Nama Bayi Islami, dan sumber lainnya, berikut beberapa contoh nama bayi laki-laki Islami yang mungkin saja bisa membantu Anda, dalam menentukan nama bagi si kecil.

Contoh Nama Bayi Laki-Laki Islami

bayi laki-laki
bayi laki-laki (apahabar.com)

1. Afif Su’ud Ahwaluh: Harga diri dan berbahagia selalu.

Urutan pertama nama bayi Islami yang bisa menjadi inspirasi adalah Afif Su’ud Ahwaluh. Terdiri dari tiga suku kata yang diambil dari Bahasa Arab. Pertama kata “Afif” bisa diartikan sebagai punya harga diri. Sedangkan kata “Su’ud Ahwaluh” artinya bahagia selalu.

Secara harfiah nama bayi laki-laki Islami Afif Su’ud Ahwaluh ini bermakna seseorang yang punya harga diri dan selalu merasakan kebahagian. Nama tersebut sangat cocok, jika Anda mengharapkan sang buah hati tumbuh sebagai anak periang, ceria, dan tidak mudah putus asa. Kelak ia juga bisa bersaing sehat dengan teman atau orang lain, karena memiliki harga diri sebagai muslim yang taat.

2. Aflahulmu’minin: Mukmin paling beruntung.

Nama bayi laki-laki Islami lainnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah Aflahulmu’minin. Berasal dari Bahasa Arab, nama ini terdiri dari kata “Aflah” yang artinya lebih sukses atau beruntung. Kemudian kata “Muminin” bermakna Mukmin.

Dari penjelasan di atas, makna nama Aflahulmu’minin yaitu seorang mukmin yang taat dan patuh pada ajaran agama Islam, sekaligus menjadi hamba Allah SWT paling beruntung. Nama bayi laki-laki Islami ini bisa Anda berikan pada si kecil, dengan arti nama yang disisipkan sebagai doa.

3. Ahmad a-JauduIIami: Suka berbuat kebaikan.

Nama bayi Islami ini terdiri dari kata “Ahmad” dan “Al-Jaudullami”. Jika digabungkan, untaian nama ini bermakna sebagai orang terpuji yang senang berbuat kebaikan dalam hidupnya. Nama Ahmad a-JauduIIami bisa Anda sematkan pada si buah hati setelah lahir. Nama ini bisa menjadi doa yang baik agar anak Anda menjadi mukmin yang megamalkan kebaikan sesuai ajaran agama islam.

Sekedar diketahui, arti dari setiap kata pada nama bayi laki-laki Islami itu yakni kata “Ahmad” artinya terpuji . Sementara kata “Al-Jaudullami” berarti kebaikan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement