6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Image title
26 November 2021, 00:17
Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan
medkomtek.com
Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Tanaman herbal kerap menjadi pilihan untuk obat alami, salah satunya daun binahong. Tumbuhan ini sangat populer di Tiongkok dan punya nama lain, yakni Dhen San Chi. Tanaman ini diprediksi sudah eksis sejak belasan tahun lalu sebagai bahan pengobatan alternatif. Hal itu didukung manfaat daun binahong yang dipercaya mampu mengatasi sejumlah penyakit.

Manfaat daun binahong yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang, salah satunya untuk menyembuhkan luka. Daun ini juga ampuh meredakan nyeri maag dan gagal ginjal.

Merujuk pada buku berjudul Daun Ajaib Penumpas Penyakit (2012) karya Lina Mardiana, dijelaskan bahwa tumbuhan Binahong merupakan tanaman asli Amerika Selatan. Herbal ini mempunyai daun hijau tunggal bertangkai pendek dengan bentuk daun menyerupai jantung dengab helai daun yang tipis berujung runcing.

Di Indonesia, daun binahong sudah lama dipakai untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daunnya sangat mujarab sebagai obat radang usus dan mampu melancarkan peredaran darah. Dikutip dari Sehatq, Alodokter, serta sumber lainnya, berikut manfaat daun binahong untuk kesehatan.

Manfaat Daun Binahong 

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat daun binahong paling umum digunakan untuk mengobati luka bakar. Binahong diperkaya kandungan nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Kulit yang mengalami luka bakar akan semakin cepat sembuh, karena kandungan di dalam daun binahong sanggup meningkatkan kerja pembentukan kolagen.

Dalam proses penyembuhan luka, unsur paling berperan besar itu berasal dari flavonoid, tanin dan saponin. Sifat antibakteri saponin bisa mencegah infeksi bakteri pada luka. Senyawa inilah yang akan mempercepat pembentukan kolagen kulit.

Sementara tanin, merupakan senyawa yang bermanfaat mencegah pendarahan. Nantinya, luka semakin cepat menutup karena tanin pun dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit.

Manfaat daun binahong ini bukan mitos belaka. Sebab, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak daun tersebut mempercepat penyembuhan luka di kulit.

2. Mengobati Penyakit Asam Urat

Kandungan flavonoid pada daun binahong dinilai mampu mengurangi penyakit asam urat di dalam tubuh. Khasiat ini sangat berguna, karena membantu menurunkan risiko terkena penyakit asam urat.

Manfaat daun binahong ini dapat diperoleh dengan berbagai metode. Paling gampang yakni merebus daun tersebut. Mengonsumsi rebusan daun binahong diklaim bisa mengatasi kadar purin berlebih. Sekedar informasi, kadar purin merupakan senyawa organik yang muncul dari mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

Meski dipercaya dapat mengatasi asam urat, ada baiknya penggunaan daun binahong hanya sebatas alternatif pengobatan alami. Jika asam urat kronis, Anda disarankan pergi ke dokter dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...