6 Manfaat Lidah Buaya Atasi Kulit Kering hingga Jerawat

Image title
25 November 2021, 22:01
Ilustrasi manfaat lidah buaya yang baik untuk kulit
pixabay.com
Ilustrasi manfaat lidah buaya yang baik untuk kulit

Salah satu tumbuhan apotik hidup yang mampu subur di Indonesia adalah lidah buaya. Tumbuhan yang memiliki nama lain aloe vera ini merupakan jenis tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Secara habitat, tumbuhan ini bersifat menahun dan berasal dari Jazirah Arab. Tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis dan kering di berbagai belahan dunia.

Dalam perkembangannya, tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan dan tanaman hias, sehingga dapat ditanam dalam pot. Untuk memperoleh manfaat lidah buaya, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman, olesan untuk kulit, kosmetik, hingga obat luar untuk luka bakar.

Advertisement

Kandungan Gizi Lidah Buaya

Dalam setiap daging lidah buaya terdapat beragam gizi dan nutrisi yang bisa dimanfaatkan, sebagaimana dilansir dari Lifebuoy.co.id. Pertama mengandung vitamin B yang berasal dari daging lidah buaya. Vitamin jeni sini dapat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.

Kedua vitamin B12 pada aloe vera memiliki kandungan cukup tinggi. Padahal, umumnya vitamin jenis ini hanya ditemukan pada bahan makanan hewani. Ketiga, yakni vitamin E yang menjadikan manfaat lidah buaya baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Selanjutnya alias keempat, manfaat lidah buaya cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mampu memberikan banyak nutrisi untuk ibu dan janin. Selain itu, kelima, lidah buaya juga memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potasium mangan.

Terakhir, antioksidan dalam aloe vera yang cukup tinggi membuat membuat lidah buaya ampuh untuk melindungi kulit dari sinar UV. Enzim pada lidah buaya yang disebut Bradykinase juga berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Manfaat lidah buaya semakin beragam, karena diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, hormon auksin dan giberelin.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Dari kandungan gizi dan nutrisi lidah buaya tersebut, ada beberapa manfaat lidah buaya yang bisa didapat dari lidah buaya:

1. Mengobati Jerawat

Dikutip dari Alodokter.com, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang telah diresepkan, mampu mengurangi jerawat sekitar 35 %.

Khasiat dan manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini diperoleh dari  kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lainnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement