Contoh Teks Prosedur Beserta Ciri dan Strukturnya

Dwi Latifatul Fajri
25 November 2021, 23:24
Contoh Teks Prosedur
pixabay.com/vgnk

Teks prosedur adalah teks yang berisikan mengenai runutan cara melakukan atau langkah-langkah melakukan suatu kegiatan. Contoh teks prosedur ini biasanya ditemukan dalam bungkus makanan dan minuman. Di bagian belakang wadah pembungkus, terdapat petunjuk atau langkah-langkah proses pembuatan.

Teks prosedur ini menjelaskan tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan atau penyelesaian. Teks ini mengandung pernyataan umum dan mudah dipahami bahasanya. Selain proses pembuatan makanan, teks prosedur juga ditemukan dalam tata cara pembuatan kartu pelajar atau kartu tanda penduduk alias KTP.

Advertisement

Mengutip dari e-modul yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), prosedur adalah tahapan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Pengertian lainnya adalah metode langkah demi langkah untuk pemecahan suatu masalah.

Tujuan teks prosedur dapat dilihat dari judul dan kalimatnya yang berisi tentang langkah berurutan untuk mencapai tujuan.

Pengertian Teks Prosedur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi prosedur adalah langkah-langkah atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini menjelaskan proses pembuatan atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah-langkah secara teratur dan sistematis.

Teks prosedur bermanfaat untuk pembaca memahami dan menggunakan suatu alat tanpa merusaknya. Selain itu, teks ini bisa mengarahkan aktivitas tertentu untuk dijalankan lebih mudah.

Tujuan teks prosedur untuk memberikan petunjuk kepada pembaca melakukan sesuatu melalui serangkaian tahapan. Bahasa yang digunakan teks prosedur ini mudah dipahami oleh pembaca.

Teks prosedur mudah ditemukan di internet, majalah, buku, dan petunjuk pada kemasan barang. Selain petunjuk teks ini bisa berupa tips, trik, dan kiat untuk melakukan sesuatu. Contoh teks prosedur di internet seperti cara membuat blog, facebook, mengunggah video di Youtube, dan membeli produk secara online.

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur dibagi menjadi tiga yaitu tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Setiap teks memiliki struktur untuk pembuatan dan penyusunan.

  • Tujuan

Struktur tujuan biasanya berada di awal kalimat untuk pengantar topik. Tujuan ini berisi tentang alasan mengapa teks prosedur dibuat. Bagian ini menjelaskan sedikit mengenai topik yang akan dibahas, sebelum menjelaskan secara langsung tahapan-tahapan di kalimat selanjutnya. Kalimat awal ini berisi tujuan dan manfaat penulisan.

  • Langkah-Langkah dan Materi

Bagian kedua setelah tujuan pengantar topik adalah langkah-langkah. PAda bagian ini menjelaskan tentang suatu proses atau tahapan secara runtut. Tahapan ini penting untuk dituliskan supaya proses akhir bisa lebih maksimal.

Bagian langkah-langkah ini disusun secara berurutan dari nol sampai pembahasan pencapaian. Contoh langkah-langkah pada teks, terdapat pada buku resep dari proses penyiapan bahan sampai cara memasak ayam goreng.

Penulis memaparkan materi berupa alat, bahan, ukuran, dan takaran bahan-bahan untuk dimasak. Kemudian menjelaskan tahapan untuk memasak supaya mudah dipahami oleh pembaca. Bagian langkah-langkah ini memakai poin atau nomor sesuai urutan.

  • Penegasan Ulang atau Kesimpulan

Bagian penegasan merupakan tahapan akhir, berisi manfaat dan petunjuk untuk dijalankan dengan baik. Bagian kesimpulan ini bisa ditambahkan atau tidak ada teks prosedur karena sifatnya opsional.

Ciri Ciri Teks Prosedur

  1. Berisi langkah-langkah
  2. Disusun secara informatif
  3. Kalimat jelas dan rinci
  4. Bersifat objektif
  5. Memakai pola kalimat perintah (imperatif)
  6. Memakai kata kerja aktif (verba material) yang mengacu pada tindakan, sikap nyata dengan ungkapan
  7. Memakai kata penghubung yang bertujuan untuk mengurutkan kegiatan
  8. Menggunakan kata keterangan waktu, tempat, dan akurat
  9. Memakai kalimat baku, singkat, padat, jelas, dan logis

    Contoh Teks Prosedur

    Teks prosedur berisi panduan singkat yang memudahkan pengguna untuk mengikuti langkah-langkah supaya berhasil. Berikut contoh kalimat teks prosedur tentang pendaftaran UTBK:

Cara Mendaftar UTBK (Judul)

UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN. (Bagian Tujuan)

Pendaftaran harus dilakukan melalui website LTMPT selaku penyelenggara ujian ini. Jika sudah mendaftar, mahasiswa bisa mendapatkan bukti yang bisa dicetak melalui website tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement