3 Cara Melihat Sandi Email Paling Mudah

Image title
29 November 2021, 14:39
cara melihat sandi email
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Badan Usaha Tetap (BUT) untuk mengejar pemasukan pajak dari perusahaan asing yang berbasis di luar negeri namun bertransaksi dan memperoleh penghasilan di Indonesia termasuk perusahaan-perusahaan besar 'Over The Top' (OTT) atau daring seperti Google, Facebook, Youtube dan lain-lain.

Untuk membuat akun surat elektronik alias email,  setiap orang diharuskan memasukan kata sandi dengan kombinasi angka, simbol, dan huruf unik. Kode tersebut nantinya akan memperkuat sistem keamanan email supaya terjaga, serta data bersifat pribadi tidak akan dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab.

Namun, ada kalanya pemilik email lupa akan password-nya. Dalam situasi seperti ini, pengetahuan tentang cara melihat sandi email akan sangat membantu untuk mengakses kembali semua data, ataupun berkas berharga di dalam email.

Advertisement

Lupa password email, sama saja tidak bisa membuka beberapa akun lainnya pada sebuah perangkat. Contohnya seperti di ponsel android, sebagian besar aplikasinya sudah tersinkronisasi dengan akun Gmail. Meski tidak ingat, Anda dapat mengetahui kode kata sandi email tersebut di browser. Namun, hal demikian hanya berlaku apabila aplikasi sudah diatur untuk menyimpan sandi secara otomatis.

Sebagai langkah antisipasi, Anda harus mencatat setiap password akun di ponsel. Namun, Anda juga bisa mengatur aplikasi browser agar menyimpan kode tersebut secara otomatis. Untuk memudahkan Anda, berikut panduan dan cara melihat sandi email di komputer, laptop dan ponsel genggam (handphone).

Cara Melihat Sandi Email

Saat ini akun email, khususnya Gmail sangat diperlukan untuk menggunakan beragam software di komputer hingga handphone. Selain itu, umumnya segala urusan administratif dalam dunia maya pasti akan menyertakan email sebagai salah satu syaratnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengingat password akun email, untuk memudahkan menyelesaikan semua hal tersebut.

Sebenarnya, Anda tidak mesti repot-repot mencatat sebuah kata sandi. Sebab, kini sejumlah aplikasi peramban dapat menyimpan password secara otomatis. Contohnya seperti Google Chrome. Saat menggunakan browser tersebut baik di komputer atau gawai lainnya ketika hendak masuk ke email, biasanya akan muncul pilihan untuk menyimpan sandi atau tidak. Jika Anda menyadari hal itu, Anda bisa menekan opsi simpan. Nantinya, semua kata sandi akun apapun bakal diarsipkan.

Saat lupa password, Anda bisa masuk ke Google Chrome dan masuk ke pengaturan atau setelan, kemudian cari menu sandi. Pada opsi tersebut, Anda dapat melihat semua password yang sudah dicadangkan. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut langkah-langkah cara melihat sandi email google.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement