Mengenal Alat Musik Rebana, Fungsi dan Cara Memainkannya

Dwi Latifatul Fajri
29 November 2021, 12:16
Alat Musik Rebana
ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.

Rebana termasuk alat musik ritmis, artinya instrumen musik ini bisa mengatur ritme atau irama pada musik. Alat musik ritmis memiliki ciri-ciri bisa dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pemukul atau digoyangkan.

Rebana menghasilkan nada dengan cara dipukul memakai tangan. Pemain musik ini bisa memainkannya dengan berdiri atau duduk. Bagian kiri memegang rebana, sedangkan tangan bagian kanan memukul rebana.

Advertisement

Alat musik rebana biasanya digunakan untuk mengiringi lagu, menentukan tempo nada dan menandai bagian lagu. Instrumen yang dipukul ini berbentuk silinder dengan permukaan bulat.

Bagian permukaan rebana berwarna putih sedangkan bagian samping berwarna hitam. Ada bagian pengikat rotan yang berbentuk silang atau lurus, untuk merekatkan bagian atas dan samping.

Bagian bingkai (bagian samping) berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu. Bahan bingkai terbuat dari pohon leban, pohon kempas, dan manggis. Bagian pohon ini kemudian dipotong berbentuk silinder yang berbeda sesuai ukuran.

Alat musik rebana berasal dari kata Arba dalam bahasa Arab, artinya empat. Instrumen musik ini mengandung prinsip dasar dari agama Islam, yakni kewajiban pada Allah SWT, alam, masyarakat, dan kewajiban pada diri sendiri.

Di Indonesia, alat musik rebana berkembang di berbagai daerah. Ada jenis dan nama berbeda sesuai daerahnya. Misal rebana Ubi (Riau), genjring, jidor, tambur (Jawa Tengah), dan Rapai (Aceh).

Fungsi Alat Musik Rebana

Sebagai alat musik tradisional, alat musik rebana digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Berikut fungsi alat musik rebana, mengutip dari skripsi Fungsi dan Bentuk Penyajian Musik Rebana Pada Group Anisa di Minomartani Yogyakarta, karya Gayu Perdana :

  1. Pengiring tarian tradisional
  2. Rebana jenis Ngarak sebagai alat musik pengiring pernikahan
  3. Rebana sebagai pengiring Maulid Nabi
  4. Sebagai sarana komunikasi antar masyarakat melalui kesenian
  5. Sebagai komunikasi makna permohonan pada Allah SWT
  6. Sarana seni dan hiburan antar masyarakat
  7. Rebana sebagai media dakwah melalui musik bernuansa Islami
  8. Alat musik tradisional ini sebagai pelestarian budaya

Cara Memainkan Alat Musik Rebana


Butuh keahlian dan kekuatan ketika memukul rebana, supaya menghasilkan nada. Cara memainkan alat musik ini yaitu dipukul memakai tangan. Pemain musik mengambil sikap duduk atau berdiri ketika memainkan instrumen ini.

Dalam posisi duduk, pemain akan menyanggah rebana memakai telapak kaki dan lutut. Dalam posisi berdiri, pembawa instrumen memakai tangan kiri untuk membawa rebana, sedangkan bagian tangan kanan untuk memukul.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement