Tips Mengelola dan Cara Melihat Sandi Email di Google Chrome

Image title
29 November 2021, 17:08
Ilustrasi cara melihat sandi email di Google Chrome
unspalsh.com
Ilustrasi cara melihat sandi email di Google Chrome

Ada banyak cara melihat sandi email. Misalnya saja seperti menggunakan Google Chrome. Aplikasi peramban ini memiliki sebuah fitur untuk menyimpan password secara otomatis. Saat Anda lupa susunan kata sandi, Anda bisa melihat kode tersebut di setelan Google Chrome. Fitur ini akan sangat membantu Anda saat mengalami situasi tersebut.

Kata sandi email menjadi bagian penting untuk menjaga data Anda tetap aman. Oleh karena itu, usahakan agar membuat password dengan kombinasi huruf, simbol dan angka yang kuat. Sebab, semakin pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, ternyata memicu banyak terjadinya kejahatan di dunia maya.

Berdasarkan Databoks, sekitar 56% para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengalihkan metode bisnisnya ke digital mengalami insiden kejahatan siber. Tercatat, serangan malware merupakan jenis serangan siber yang paling banyak dirasakan UMKM. Persentasenya bahkan mencapai 85%.

Dalam kejahatan siber, pelakunya bisa menggunakan berbagai metode untuk melakukan aksinya. Contohnya, ketika kata sandi email Anda tidak kuat, maka pelaku akan mudah membobol semua data penting milik Anda. Hal tersebut bakal menjadi semakin gawat, manakala akun email Anda itu sudah tersinkronisasi atau terhubung dengan akun lainnya seperti akun m-banking, akun e-wallet (dompet digital), dan sebagainya.

Dalam artikel kali ini, Katadata.co.id sudah merangkum tips untuk mengelola sandi email Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Mengelola Sandi Email di Google Chrome

Ketika mendaftar akun email seperti Gmail, umumnya setiap orang akan membuat password menggunakan kode tanggal lahir. Hal ini bukannya tidak boleh, namun akan sangat rawan disusupi. Ini mengingat, data tanggal lahir bisa diperoleh dengan mudah. Sehingga, kekuatan dari sandi yang berasal dari tanggal lahir terasa begitu lemah.

Berbagai macam platform surat elektronik saat ini sudah mewajibkan penggunanya membuat kata sandi dengan perpaduan beberapa angka, huruf, dan simbol. Anda bisa mengetahui kekuatan kombinasi kode tersebut dari indikator yang ada pada laman pendaftaran.

Kalau sudah terlanjur membuat kode sandi yang dirasa lemah, Anda tidak perlu khawatir lagi. Saat ini, Google sudah menyediakan fitur pemeriksa kata sandi. Anda dapat memakai layanan ini untuk mengecek apakah password email Anda kuat atau tidak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...