9 Cara Melancarkan Haid karena Berbagai Faktor

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari stres, kehamilan, sampai masalah kelenjar tiroid. Berikut 9 cara melancarkan haid.
Image title
29 November 2021, 17:45
Cara melancarkan haid.
Getty Images/iStockphoto
Cara melancarkan haid.

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami setiap wanita. Normalnya, menstruasi pada wanita terjadi selang 28 hari dan berlangsung sekitar sepekan. Namun tak jarang juga siklusnya bervariasi, beberapa orang mengalami siklus menstruasi kurang dari 28 hari, namun ada juga yang lebih dari 35 hari. 

Di sisi lain, siklus menstruasi yang kerap berubah-ubah terkadang bisa mengindikasikan kondisi tertentu dengan kesehatan atau hormon Anda. Untuk itu, ada cara melancarkan haid agar siklusnya stabil, sekaligus memastikan kesehatan Anda dalam kondisi baik.

Ada beberapa gejala menstruasi yang tidak teratur, yakni periode haid yang mulai berubah, darah yang muncul lebih banyak atau sedikit selama waktu haid, serta jumlah hari menstruasi yang bervariasi.

Haid yang tidak teratur sebenarnya normal terjadi pada wanita. Namun ada cara melancarkan haid, seperti rutin mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Haid yang tidak teratur dapat disebabkan beberapa faktor seperti berikut:

Advertisement
  • Kehamilan

Kehamilan menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Beberapa orang hanya mengalami bercak darah haid. Gejala kehamilan seperti mual di pagi hari, kepekaan terhadap bau, payudara nyeri ketika ditekan, dan kelelahan

  • Hormon

Pil keluarga berencana alias KB sebagai alat kontrasepsi mengandung hormon yang menyebabkan pendarahan tidak teratur. Pil KB menyebabkan bercak darah ketika menstruasi.

  • Gangguan makanan

Ada beberapa penyakit seperti anoreksia nervosa atau bulimia, yang menyebabkan berat badan menurun drastis. Penyakit tersebut disebabkan oleh gangguan makanan. Perubahan berat badan ini bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar, termasuk ketika berat badan naik atau obesitas.

  • Menopause

Wanita berusia 45 tahun sampai 55 tahun akan mengalami gejala menopause. Ada juga wanita usia 40 tahun yang mengalami menopause dini. Pertambahan usia membuat persedian sel telur menipis dan membuat haid tidak lancar.

  • Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Tiroid merupakan bagian tubuh yang mengatur metabolisme, sehingga kadar hormon terpengaruh. Penyebab tiroid disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan, sehingga butuh perawatan atau cara melancarkan haid agar menstruasi bisa kembali normal.

Selain itu, siklus menstruasi yang tidak lancar dapat disebabkan oleh penurunan atau peningkatan berat badan, olahraga berlebihan, dan kondisi kronis seperti diabetes.

Mengutip Cosmopolitan, menurut Cheryl Lythgoe, perawat berpengalaman di Benenden Health, bagi mereka yang mengalami menstruasi yang berat, sering, atau tidak teratur, kebutuhan untuk menginduksi menstruasi bisa sangat penting. 

Cara Melancarkan Haid

Ada beberapa cara melancarkan haid yang bisa dilakukan untuk menjaga siklus menstruasi Anda, di antaranya:

1. Vitamin C

Lythgoe menjelaskan, vitamin C dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron pada tubuh. Namun, dia menyebutkan belum ada penelitan yang dapat memastikan manfaat vitamin C sebagai cara melancarkan haid yang ampuh.

2. Olahraga Ringan

Mengutip Medical News Today, olahraga ringan dapat mengendurkan otot dan membantu menstruasi datang sedikit lebih cepat. Namun, penelitian belum memastikan bahwa metode ini bisa menjadi cara melancarkan haid.

Di sisi lain, beberapa orang mengalami menstruasi yang tidak teratur karena rutinitas olahraga yang berat. Aktivitas olahraga dalam jumlah sedang dapat membantu memulihkan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

3. Relaksasi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi memiliki hubungan dengan ketidakteraturan menstruasi.

Relaksasi dinilai dapat menghilangkan stres sekaligus menjadi cara melancarkan haid. Apalagi, jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur akibat terlalu banyak pikiran, sehingga menyebabkan Anda stres.

4. Seks

Percaya atau tidak, seks dan orgasme juga bisa membantu mendatangkan menstruasi. Kombinasi hormon yang dihasilkan selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

5. Menjaga Berat Badan

Perubahan berat badan seseorang dapat memengaruhi menstruasi mereka. Berat badan yang terlampau rendah dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, atau bahkan dapat menyebabkan menstruasi berhenti sama sekali. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah lemak untuk memproduksi hormon yang berhubungan dengan menstruasi.

Memiliki berat badan yang tinggi atau mengalami perubahan berat badan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Untuk itu, cara melancarkan haid bisa dilakukan dengan membatasi kalori yang ekstrim atau olahraga yang berlebihan, sehingga tidak berdampak atau memengaruhi hormon reproduksi dan memengaruhi ovulasi.

6. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mempengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya. Mengutip Healthline, penelitian tahun 2017 menemukan bromelain bisa mengurangi peradangan.

Enzim di dalam buah nanas ini bisa mencegah menstruasi tidak teratur dan berhubungan dengan peradangan. Tetapi tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain bisa menjadi cara melancarkan haid yang manjur.

7. Rempah

Emenagog adalah ramuan yang dipercaya dapat melancarkan menstruasi. Orang terkadang menggunakan chamomile, peterseli, kayu manis, rosemary, sage dan oregano sebagai pilihan cara melancarkan haid.

8. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan mengurangi stres emosional. Cobalah mandi air hangat dalam bak mandi dengan wewangian yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh. Kompres perut memakai botol air panas. Cara tersebut dapat meningkatkan aliran darah, sehingga mempercepat siklus haid.

9. Istirahat Cukup

Badan lelah dan kesehatan mental yang terganggu bisa mengacaukan siklus haid normal. Beberapa orang bisa mengalami haid dua kali dalam sebulan atau tidak sama sekali ketika stres.

Stres bisa membuat perubahan pola tidur, misalnya begadang di malam hari. Istirahat yang cukup seperti tidur tepat waktu bisa membuat tubuh lebih rileks. Orang dewasa normalnya tidur selama 7-8 jam setiap hari.

Tidur malam dan istirahat cukup bisa membantu siklus haid lebih lancar. Usahakan dalam sehari, Anda istirahat dengan cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan rileks. Hindari minum kopi atau makanan yang mengandung kafein karena membuat seseorang terjaga sepanjang malam.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait