4 Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil tanpa Obat Kimia

Image title
29 November 2021, 21:54
Ilustrasi cara mengatasi diare pada ibu hamil
Pexels.com
Ilustrasi cara mengatasi diare pada ibu hamil

Salah satu penyakit yang sering menyerang ibu hamil adalah diare. Penyakit gangguan pencernaan ini umumnya dapat sembuh secara perlahan. Namun, meskipun akan sembuh sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, diare adalah penyakit dengan kondisi ketika seseorang mengalami perubahan kepadatan tinja menjadi encer atau mencret, disertai buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari. Diare bisa terjadi di usia kehamilan kapan pun, tapi keluhan ini paling sering muncul pada trimester ketiga kehamilan.

Kedua, dalam beberapa kondisi, diare akan muncul dan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi, dalam beberapa kondisi lainnya, ada beberapa penyebab ibu hamil merasa lekas letih hingga demam akibat diare yang dialami. Akibatnya, diare parah yang sifatnya berkepanjangan ketika hamil dapat menyebabkan calon ibu kehilangan banyak cairan tubuh atau dehidrasi.

Kondisi tersebut bisa berbahaya dan meningkatkan risiko bagi ibu hamil untuk mengalami keguguran atau melahirkan secara prematur.

Penyebab Penyakit Diare pada Ibu Hamil

Dalam proses kehamilan, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya proses penularan penyakit diare:

1. Hormon Mengalami Perubahan

Faktor pertama penyebab diare pada ibu hamil adalah perubahan hormon. Perubahan hormon menjadi asa krusial karena menyebabkan kerja sistem pencernaan Bumil menjadi lebih cepat, sehingga Bumil menjadi lebih rentan mengalami diare.

2. Pola Makan Berubah

Selama masa kehamilan, pola makan ibu hamil banyak mengalami perubahan. Walaupun secara tujuan itu baik, namun proses perubahan perubahan pola makan secara mendadak bisa menyebabkan diare.

Selain karena pola makan yang berubah, suplemen vitamin prenatal yang dikonsumsi selama kehamilan juga terkadang bisa menimbulkan efek samping diare.

3. Saluran Pencernaan Sensitif di Masa Kehamilan

Di masa kehamilan, saluran pencernaan para ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan. Rasanya akan berubah lebih peka dan sensitif terhadap konsumsi makanan. Tentunya hal ini berbeda dibandingkan sebelum masa kehamilan, perubahan sensitivitas saluran cerna terhadap makanan ini juga dapat menyebabkan diare pada ibu hamil.

Selain penyebab yang berkaitan dengan kehamilan, diare pada ibu hamil juga bisa diakibatkan oleh keracunan makanan, infeksi, dan kondisi tertentu, seperti penyakit sindrom iritasi usus, penyakit celiac, dan radang usus.

Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil

Setelah memahami penyebab kemunculan diare pada ibu hamil, ada beberapa cara mengatasi diare pada ibu hamil yang harus dipahami untuk menyembuhkan penyakit pencernaan tersebut. Selain itu, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan karena sangat mengkhawatirkan sang janin. Berikut empat cara mengatasi diare pada ibu hamil yang dikutip dari Halodoc.com:

1. Mengonsumsi Makanan yang Netral

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...