12 Manfaat Kumis Kucing dan Cara Membuat Ramuannya

Image title
1 Desember 2021, 15:48
Manfaat kumis kucing untuk kesehatan.
pxfuel.com
Manfaat kumis kucing untuk kesehatan.

Kumis kucing atau orthosiphon aristatus adalah tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sesuai namanya, flora yang juga dikenal dengan nama cat whiskers atau java plant ini mirip helai kumis kucing yang cantik.

Tidak hanya sebagai tanaman hias, kumis kucing juga populer sebagai tanaman obat yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebagian besar manfaat tanaman ini berasal dari senyawa bioaktif dalam daunnya.

Kumis kucing memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang baik untuk tubuh. Khasiat tersebut berasal dari kandungan senyawa alami, meliputi flavonoid, fenolik, triterpenoid, sinensetin, tanin, dan sebagainya.

Mengutip Distan.jogjaprov.go.id daun kumis kucing basah maupun kering sering digunakan sebagai obat-obatan. Di Indonesia, daun kumis kucing kering kerap dimanfaatkan sebagai obat memperlancar pengeluaran air kemih, sedangkan di India digunakan untuk mengobati rematik.

Masyarakat juga menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk, encok, masuk angin dan sembelit. Di samping itu, daun tanaman ini bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria dan penyakit syphilis.

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Dihimpun dari Nature Ceuticals, Helth.co dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut manfaat kumis kucing untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan Gangguan Ginjal dan Kandung Kemih

Nama lain dari tanaman kumis kucing adalah tanaman ginjal, karena memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan ginjal. Ramuan yang terbuat dari daun kumis kucing ini secara alami dapat menghilangkan penyakit batu ginjal yang berukuran hingga lima sentimeter.

Bukan cuma itu, ramuan kumis kucing juga dapat mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi saluran kemih dan kandung kemih, hingga masalah sering buang air kecil.

2. Mengatasi Masalah Pernapasan

Jika diminum secukupnya dan dalam jumlah yang tepat, ramuan kumis kucing dapat mengobati berbagai masalah kesehatan lainnya, termasuk napas pendek dan masalah yang berhubungan dengan saraf.

3. Mengobati Peradangan dan Arthritis

Sifat antiinflamasi dari daun kumis kucing membantu mengobati radang sendi akut dan kronis. Selain itu, tanaman ini memiliki enzim yang membantu meringankan gejala asam urat. Flavonoid dan asam alami tanaman ini mampu mengurangi rasa sakit khususnya pada nyeri arthritis.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kumis kucing dikenal karena sifat pembersihannya. Tidak hanya bertindak sebagai detoks alami bagi tubuh yang membantu menghilangkan racun dan kelebihan air, tetapi juga membantu penurunan berat badan.

5. Mengatur Gula Darah

Ekstrak tumbuhan ini secara efektif mengatur kadar glukosa, mengobati kondisi seperti gula dan diabetes. Namun, konsultasi medis dianjurkan untuk orang yang menderita kondisi kesehatan lain atau berencana beralih ke bahan alami ini sebagai alternatif perawatan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...