Contoh dan Pengertian Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

Image title
5 Desember 2021, 17:23
Contoh kalimat langsung bisa kita temukan pada, misalnya teks berita. Kalimat langsung juga ditunjang dengan kalimat tidak langsung.
Unsplash/Roman Kraft
Ilustrasi orang membaca koran.

Contoh kalimat langsung maupun kalimat tidak langsung yang paling mudah, bisa Anda temukan pada berita. Kalimat langsung adalah tulisan yang ditulis sama persis dengan apa yang dikatakan penutur. Sebaliknya, kalimat tidak langsung adalah laporan yang bisa diubah secara bahasa, tapi tetap mengandung maksud yang sama.

Meskipun begitu, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung tidak hanya ditemukan pada berita saja. Tulisan fiksi seperti dongeng, cerpen dan novel juga cukup lazim menggunakan dua jenis kalimat tersebut.

Jika berita menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung untuk menyajikan laporan. Kalimat langsung pada tulisan fiksi biasa digunakan untuk menggambarkan tokoh atau karakter yang sedang beradegan dialog.

Ciri-ciri Kalimat Langsung

Ciri-ciri kalimat langsung dijabarkan dalam buku Bahasa Indonesia (1978), yang ditulis oleh Yohanni Johns dan Robyn Stokes. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat langsung:

  • Menggunakan tanda petik (“...”) dalam bahasa tulis.
  • Bagian kutipan dapat berupa kalimat berita, kalimat perintah, dan kalimat tanya.
  • Kata ganti orang pada bagian kalimat yang dikutip tetap.
  • Intonasi bagian yang dikutip lebih tinggi daripada bagian lainnya.

Selain empat ciri-ciri kalimat langsung di atas, ciri lainnya adalah, pada awal tanda petik menggunakan huruf kapital. Bagian pengiring dan bagian petikan langsung dipisah dengan tanda baca koma (,).

Penggunaan kata sapaan juga sangat mungkin terjadi dalam kalimat langsung, dan sebelum kata sapaan diberi tanda baca koma (,) dan huruf pertama kata sapaan menggunakan huruf kapital.

Kemudian, jika kalimat langsung adalah berupa dialog yang berurutan, penulisan wajib menggunakan tanda baca titik dua (:) di depan kalimat langsung.

Contoh Kalimat Langsung

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri kalimat langsung di atas, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat langsung:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement