Mengenal Sosok Pencipta Permainan Bola Voli

Image title
7 Desember 2021, 20:07
Pencipta Permainan Bola Voli
ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Boyers/AWW/sa.
Pemandangan umum pertandingan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Pool A Basketball 3x3 Women France melawan Romania di Aomi Urban Sports Park, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Boyers/AWW/sa.

Permainan bola voli mungkin sudah cukup populer bagi kalangan masyarakat baik di kota maupun pedesaan. Hal itu disebabkan olahraga ini memiliki karakter pemersatu golongan, karena dimainkan secara kelompok. Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi saat bermain bola voli sehingga sportifitas menjadi kunci.

Namun tidak banyak yang tahu, siapakah pencipta permainan bola voli. Dia adalah William G. Morgan yang merupakan seorang instruktur di Young Men's Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Advertisement

Sosok William lahir di Lockport, New York pada 1870. Morgan dulunya kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men's Christian Association). Di tempat kuliah itulah sosok William mudah lahir dan tumbuh.

Sebagaimana yang dilansir dari Kumparan.com, bahwa di masa kuliah itu William Morgan menjadi rekan satu tim dari sosok James Naismith, yaitu sang pencipta olahraga basket. Sama seperti Morgan, Naismith juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Perkenalan dengan sang penemu bola basket melahirkan banyak ide brilian dalam perkembangan hidupnya. Puncaknya saat empat tahun berselang setelah berkenalan dengan James Naismith, Morgan memodifikasi olahraga bola basket dan menciptakan Mintonette pada 1895.

Dalam proses modifikasinya, Morgan melakukan perubahan pada beberapa bagian dari bola basket. Dirinya berasumsi bahwa bola basket terlalu berat untuk beberapa kalangan utamanya bagi yang berusia tua. Menurutnya, olahraga bola basket penuh dengan gerakan fisik yang dinamis dan tak jarang harus melakukan duel fisik.

Proses Ditemukannya Olahraga Bola Voli

William Morgan tidak berhenti dalam proses kreatifnya hanya dengan memasukkan unsur basket. Ada unsur lain seperti baseball, tenis, dan bola tangan untuk membuat permainan dengan kontak fisik yang lebih minim.

Menurutnya kombinasi olahraga tersebut menjadi paduan yang unik sehingga terciptalah olahraga bola voli yang sebagaimana sering dipraktikkan saat ini.

Awal mulanya, saat olahraga bola voli diciptakan hanya khusus untuk anggota YMCA yang sudah tidak lagi berusia muda, sehingga permainan ini pun dibuat tidak se-dinamis bola basket. Permainannya masih belum tersebar di kalangan lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement