10 Hewan Buas di Indonesia Ini Terancam Punah

Dwi Latifatul Fajri
9 Desember 2021, 06:19
Hewan Buas
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.

Indonesia memiliki pemandangan yang indah seperti pantai, gunung berapi, dan sejarah budaya masyarakat. Tak hanya keindahan alam, Indonesia juga memiliki keberagaman fauna yang tersebar di pulau-pulau.

Indonesia memiliki hutan dan laut yang banyak dihuni binatang buas. Hewan-hewan itu, kini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi karena jumlahnya semakin sedikit.

Penyebab punahnya hewan karena ulah manusia yang merusak lingkungan. Habitat seperti tempat tinggal dan makanan untuk hewan berkurang. Selain itu, aktivitas pertambangan, migrasi, dan perburuan hewan membuat populasi jenis binatang tertentu semakin sedikit.

Contoh hewan buas di dunia jenis spesies kucing besar yang diketahui seperti jaguar, harimau salju, singa, dan kucing hutan. Di Indonesia sendiri, ada Harimau Sumatera dan kucing liar berukuran besar yang tinggal di hutan.

Adapun hewan buas lainnya, yakni jenis primata seperti simpanse, orang utan, kera hitam dan gorilla. Di Indonesia, ada berbagai jenis primata yang dilindungi karena jumlahnya sedikit seperti orang utan dan kera hitam.

Nama Hewan Buas di Indonesia 

Hewan buas di Indonesia terdiri dari mamalia, burung, dan reptil. Satwa liar tersebut, beberapa tinggal di taman nasional yang dilindungi. Berikut daftar hewan buas di Indonesia yang terancam punah.

Kera Hitam Sulawesi (Macaca Nigra)

BAYI KERA HITAM
BAYI KERA HITAM (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Ada berbagai jenis primata yang ada di Indonesia, salah satunya kera hitam Sulawesi. Nama lain kera hitam adalah Yaki atau Monyet Wolai. Primata ini tinggal di bagian utara dan beberapa pulau sekitarnya.

Kera Hitam termasuk jenis monyet besar yang ada di Sulawesi. Ciri-ciri hewan ini memiliki jambul di atas kepala dan bulunya berwarna hitam. Monyet Wolai juga memiliki pantat berwarna merah muda.

Monyet ini terancam punah karena populasinya semakin sedikit. Sekarang, kera hitam Sulawesi sebagian berada di cagar alam Tangkoko Sulawesi.

Gajah Kalimantan

WISATA MEMBERI MAKAN GAJAH
WISATA MEMBERI MAKAN GAJAH (ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.)

Gajah Sumatera dan gajah dari Kalimantan termasuk hewan buas yang dilindungi. Perbedaan gajah Kalimantan adalah ukuran badan yang lebih kecil dari gajah Sumatera. Binatang yang memiliki belalai ini masuk dalam spesies gajah terkecil di Asia.

Ciri-ciri gajah Kalimantan memiliki tubuh pendek, gemuk, dan telinga yang lebar. Binatang ini bisa ditemukan di Kalimantan Utara dan Sabah.

Harimau Sumatera

POPULASI HARIMAU SUMATRA
POPULASI HARIMAU SUMATRA (ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.)

Harimau Sumatera berada di pulau Sumatera, Indonesia. Hewan karnivora ini masuk dalam spesies Harimau Sunda yang bisa bertahan hidup. Meski begitu, Harimau Sumatera terancam punah dan masuk dalam Konservasi Dunia IUCN, karena populasinya diperkirakan hanya 400-500 ekor.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...