Cara Menulis dan Contoh Daftar Pustaka Paling Lengkap

Image title
9 Desember 2021, 21:43
contoh daftar pustaka
Pexels/Mikhail Nilov
Ilustrasi cara membuat daftar pustaka dari jurnal

Dalam dunia akademik, karya ilmiah biasanya menjadi salah satu syarat penting untuk kelulusan mahasiswa. Misalnya, pada jenjang sarjana mahasiswa harus membuat sebuah skripsi. Kemudian, mahasiswa S2 perlu menyusun tesis agar mendapat gelar magister. Semua tulisan yang mereka buat wajib bersifat ilmiah. Artinya dilakukan suatu penelitian mendalam. Adapun beberapa kutipan serta sumbernya dicantumkan pada daftar pustaka.

Berbicara tentang daftar pustaka, salah satu bagian penting pada karya ilmiah ini tidak jarang akan membuat bingung penulisnya, khususnya mahawsisa pemula yang tidak tahu cara penyusunannya. Contoh daftar  pustaka sebenarnya dapat dilihat pada bagian belakang buku. Tepatnya setelah halaman akhir.

Contoh daftar pustaka tersebut bisa dijadikan sebagai referensi untuk menyusun sumber yang dipakai pada penelitian. Selain itu, di era digital sekarang beberapa contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar sudah tersedia di internet. Layanan mesin pencari seperti Google.com, akan membantu mahasiswa memilih contoh daftar pustaka.

Pengertian Daftar Pustaka

Buku
Buku (Unsplash/Gülfer ERG?N)

 

Sejumlah contoh daftar pustaka umumnya memiliki standar penulisan. Mengetahui cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar akan membantu mahasiswa dalam menyusun sebuah karya ilmiah.  Tak terkecuali skripsi.

Istilah daftar pustaka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti sebagai daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang atau penulis, nama penerbit serta tempatnya, yang ditulis dan ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan dan buku. Daftar pustaka dan contoh daftar pustaka yang ada, biasanya disusun berdasarkan abjad.

Sampai saat ini mungkin saja masih ada mahasiswa ataupun siswa sekolah, yang menganggap bahwa daftar pustaka serta catatan kaki adalah hal serupa. Padahal faktanya, kedua bagian tinjauan kepustakaan itu sangat berbeda. Baik fungsi hingga pengertiannya.

Pengertian catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada margin bawah halaman sebuah buku. Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil guna menambah uraian pokok pada sebuah tulisan.

Sementara daftar pustaka, fungsinya untuk mencantumkan keterangan data buku yang dipakai sebagai sumber rujukan. Selain itu, penempatannya di akhir buku dengan disusun berdasarkan abjad.

Contoh daftar pustaka juga bisa dilihat pada bagian akhir sebuah jurnal ilmiah, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Daftar pustaka menjadi bagian penting serta syarat pada penulisan ilmiah.

Dikutip dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Bahasa Kebangsaanku: untuk SMP dan MTs kelas IX, dijelaskan kalau karya ilmiah adalah tulisan hasil berpikir ilmiah. Proses berpikir ilmiah terdiri atas identifikasi masalah, pembatasan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Banyak ragam dan jenis tulisan yang termasuk karya ilmiah, misalnya makalah, artikel penelitian, artikel ilmiah populer, buku, modul, atau buku pelajaran.

Dalam semua tulisan ilmiah itu wajib mencantumkan daftar pustaka. Berikut unsur-unsur yang ada pada tulisan karya ilmiah:

Struktur Tulisan Karya Ilmiah

  • Pendahuluan: berisi latar belakang, tujuan penulisan, pembatasan masalah, dan perumusan masalah.
  • Isi: pada bagian isi dikupas secara rinci pokok permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan.
  • Penutup: biasanya berisi simpulan dan saran.

Bagian Pelengkap Karya Ilmiah

  1. Judul.
  2. Kata Pengantar.
  3. Daftar Isi.
  4. Daftar Pustaka.

Merujuk pada penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau daftar pustaka terdiri dari judul buku, nama pengarang, nama penerbit yang disusun menurut abjad. Kemudian, untuk mencari contoh daftar pustaka atau contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, bisa melihat bagian belakang sebuah buku untuk dijadikan referensi.

Struktur Daftar Pustaka

SOSIALISASI EPUSTAKA DI BANDUNG
SOSIALISASI EPUSTAKA DI BANDUNG (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.)

 

Memahami struktur daftar pustaka akan memudahkan siapapun untuk menulis daftar pustaka. Sebelum melihat contoh daftar pustaka, materi ini perlu dipahami terlebih dahulu.

Berdasarkan penjelasan di dalam buku Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah, secara umum ada tiga unsur yang menjadi struktur daftar pustaka. Pertama adalah nama penulis, kedua judul sebuah buku, dan ketiga yaitu fakta-fakta penerbitan.

Lebih lanjut, berikut struktur yang ada pada contoh daftar pustaka secara umum:

1. Penulis

Penulis adalah seseorang yang menulis sebuah karangan fiksi atau ilmiah.  Orang yang menulis tidak serta merta bisa disebut penulis. Penulis mencakup pengarang, penulis pendamping, editor, badan atau lembaga resmi.

Ada tiga bagian yang menjadi nama penulis, yaitu nama sendiri, nama tengah, dan nama keluarga. Dalam contoh daftar pustaka, penulisannya biasanya diawali dengan nama keluarga terlebih dahulu.

Di Indonesia, umumnya nama penulis ditulis dari nama akhir. Misalnya, anggap saja terdapat seorang penulis buku bernama Latif Sudirman Ilham. Maka, pada penyusunan daftar pustaka akan ditulis seperti ini: “Ilham, Latif Sudirman”.

2. Judul

Pada penulisan dan contoh daftar pustaka, akan mencantumkan judul serta anak judul kalau ada.

3. Fakta-fakta Penerbitan

Fakta-fakta penerbitan meliputi tempat dan nama penerbit, serta tahun buku diterbitkan.  Contoh penulisannya seperti ini: “Nama penulis 1., dkk. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Ilustrasi cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word
Ilustrasi cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word (Pexels)

Dalam sebuah tulisan ilmiah, umumnya ada beberapa sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi penelitian. Dimana, nantinya rujukan itu akan dicantumkan dalam daftar pustaka.

Dikutip dari situs penerbit buku Deepublish serta sumber lainnya, berikut sumber buku yang ada di daftar pustaka:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement