Mengenal Fungsi Distribusi Selaku Pilar Ekonomi

Image title
15 Desember 2021, 15:47
Ilustrasi fungsi distribusi yang dilakukan sejumlah petugas menurunkan tabung berisi oksigen di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (5/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan posko tersebut untuk meme
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Ilustrasi fungsi distribusi yang dilakukan sejumlah petugas menurunkan tabung berisi oksigen di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (5/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan posko tersebut untuk memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit, melalui penyediaan tambahan tabung, isi ulang, dan distribusi tabung oksigen seiring masih tingginya kasus COVID-19 di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Salah satu pilar kehidupan agar semua kegiatan bisa berlangsung adalah ekonomi. Dalam ekonomi terdapat transaksi pertukaran antara uang dengan barang, sehingga seluruh kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik.

Dalam elemen ekonomi, terdapat tiga kegitan penting seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Setiap kegiatan itu sudah memiliki fungsinya masing-masing. Dari ketiga kegiatan itu, bisa dikatakan bahwa distribusi memiliki peranan cukup penting, karena dari kegiatan inilah hasil produksi bisa dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen. Selain itu lewat distribusi, produsen atau perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Advertisement

Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa tanpa adanya kegiatan distribusi, maka hasil produksi tak akan berarti, bahkan bisa membuat kerugian terhadap perusahaan atau produsen.

Apa itu Distribusi?

Setelah mengenal betapa pentingnya ekonomi dalam memenuhi sendi-sendi kehidupan. Selanjutnya adalah mengulas salah satu bagian dari ekonomi, yaitu distribusi. Definisi pertama yang dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) distribusi adalah penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat.

Dari keterangan itu, dapat disimpulkan bahwa distribusi dari makna KBBI berarti penyaluran hasil produksi yang dilakukan oleh perusahaan demi menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Selain itu dengan adanya distribusi, maka hasil produksi akan sampai pada konsumen yang lokasinya cukup jauh.

Fungsi distribusi dalam rantai ekonomi sangatlah penting, karena apabila hasil produksi tidak segera didistribusikan kepada konsumen, maka hasil produksi tersebut hanya tertimbun di tempat penyimpanan. Di sisi lain distribusi dapat membuat harga hasil produksi mengalami peningkatan. Apabila proses transaksi sudah mengalami peningkatan, kemungkinan besar konsumen tidak tertarik untuk membelinya, sehingga produsen atau perusahaan bisa mengalami kerugian.

Sementara itu, perusahaan dalam menerapkan fungsi distribusi juga memiliki beragam metode, terutama dalam taraf perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar distribusi dapat dilakukan dengan maksimal atau dapat dilakukan sesuai kemampuan perusahaan itu sendiri, seperti jangkauan dan armada. Apabila perusahaan tidak mengenal jangkauan distribusi dan tidak mengetahui jenis barang yang didistribusikan, tidak menutup kemungkinan jika hasil produksi tidak sampai dengan tepat waktu.

Mengenal Fungsi Distribusi Menurut Para Ahli Ekonomi

Definisi fungsi distribusi memiliki cukup banyak makna dan referensi dari para ahli. Berikut rangkumannya, dilansir dari Gramedia.com:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement