4 Tips dan Trik Memperbaiki Intonasi Nyanyian

Image title
15 Desember 2021, 21:02
intonasi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kelompok paduan suara lagu natal atau Christmas Carol tampil dalam perayaan Hari Natal secara terbuka di Jalur pedestrian kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Hari Natal secara terbuka yang digelar di 11 titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan stasiun MRT pada 18-20 Desember 2019 mulai pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Suara merdu adalah modal dasar yang harus dimiliki seorang penyanyi. Namun, hal itu pun perlu didukung faktor lainnya seperti nada, intonasi, artikulasi, hingga keselarasan harmoni antara suara dan alunan musik pengiring.

Bagi penyanyi pemula, wajib hukumnya untuk memahami dan mempelajari teknik vokal. Di mana, teknik vokal yang baik akan membantu penyanyi mendapatkan intonasi yang pas saat bernyanyi.

Berbicara soal intonasi, salah satu unsur teknik vokal ini punya peran cukup besar di dalam musik. Sebab, intonasi menjadi hal krusial untuk mendapatkan keakuratan tinggi rendahnya nada pada sebuah lagu.

Secara harfiah, pengertian intonasi adalah penyajian tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau oleh penyanyi. Bila melihat dari definisi ini, bisa diketahui kalau intonasi memiliki keterkaitan begitu kuat dengan nada. Umumnya, nada adalah sebuah bunyi dengan frekuensi tunggal dan normal. Artinya, suara tersusun sangat beraturan.

AWARDS-COUNTRY MUSIC
AWARDS-COUNTRY MUSIC (ANTARA FOTO/REUTERS/Harrison McClary/HP/sa.)

 

Sebuah lagu dengan irama yang indah memiliki tangga nada bervariasi. Tangga nada adalah deretan nada disusun berjenjang. Untuk mencapai nada tinggi ataupun nada rendah, seorang penyanyi harus menempatkan intonasi sesuai. Kalau tidak, maka suara dia akan fals atau tidak enak didengar.

Ini akan menjadi pengalaman memalukan. Alih-alih memukau penonton dengan pertunjukan bagus, justru yang terjadi adalah sebaliknya.

Jika Anda memiliki suara merdu tapi belum tahu cara mendapatkan intonasi yang tepat, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut tips dan trik cara memperbaiki intonasi nyanyian:

Tips dan Trik Mendapatkan Intonasi Bagus 

AWARDS-BILLBOARD
AWARDS-BILLBOARD (ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzuoni/FOC/dj)

 

1. Kontrol Pernapasan

Pernapasan adalah elemen penting dalam bermusik. Seorang penyanyi harus melatih dan mengontrol pernapasannya agar bisa mendapat ketepatan atau intonasi nada yang sesuai.

Mengeksekusi intonasi, khususnya untuk nada tinggi memerlukan napas panjang. Sebaliknya, mencapai intonasi nada rendah pun memerlukan kontrol napas yang baik.

Intonasi adalah momen ketika penyanyi harus mencapai nada tertentu. Mengontrol pernapasan, menjadi solusi bagi Anda yang belum bisa mendapatkan intonasi yang baik. Oleh karenanya, Anda juga perlu memahami macam-macam teknik pernapasan agar bisa memperbaiki intonasi nyanyian.

Advertisement

Mengutip dari situs Akupintar.id, berikut teknik dasar pernapasan dalam olah vokal:

  1. Teknik Pernapasan Dada: teknik pernapasan dada memiliki dua mekanisme, yaitu inspirasi dan ekspresi. Tetapi secara umum pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk.
  2. Teknik Pernapasan Perut: ini merupakan teknik pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Namun, meski terdengar sama, teknik ini cukup berbeda dengan pernapasan diafragma.
  3. Teknik Pernapasan Diafragma: teknik ini adalah jenis pernapasan yang terjadi sebagai akibat dari kontraksi dan relaksasi otot diafragma. Otot-otot yang menggerakkan pernapasan ini berbeda secara signifikan dari otot-otot yang menggerakkan pernapasan perut.

Tips untuk Mengontrol Napas

Intonasi adalah bagian yang menentukan suatu nyayian terdengar merdu atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara mengontrol napas saat bernyanyi. Usahakan Anda bernyanyi menggunakan napas diafragma. Pada waktu luang Anda bisa mencoba metode ini untuk mengontrol napas:

  • Tarik napas dalam-dalam menggunakan diafragma.
  • Kemudian buang napas sambil mengeluarkan suara "ssss" yang panjang selama lebih kurang 10-15 detik.
  • Ulangi sampai Anda merasa perlu mengakhirinya.

Metode di atas bisa dipraktikan secara rutin agar Anda bisa mengontrol napas dengan baik saat bernyanyi.

2. Memahami Interval Nada dan Tangga Nada

Di dalam dunia musik, intonasi adalah suatu jenjang nada tertentu yang harus dicapai seorang penyanyi. Singkatnya dia harus benar-benar mengeksekusi tinggi rendahnya suatu nada.

Tips berikutnya agar Anda bisa mendapatkan bunyi nada yang tepat saat bernyanyi adalah dengan memahami interval nada dan tangga nada.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah kata tangga nada berarti tinggi nada berdasarkan frekuensinya. Di dalamnya terdapat jarak tertentu yang disebut interval nada.  Dalam teori musik, setiap suara atau bunyi diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Namun, tangga nada yang paling lazim digunakan adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik.

Istilah dan penjelasan di atas harus Anda pelajari, karena intonasi dalam lagu adalah pitch yang berkaitan dengan interval nada. Menurut buku berjudul Teori Musik I Musik Tonal (2016) karya Ovan Bagus Jatmika, dijelaskan bahwa interval nada adalah ukuran jarak tinggi dan rendahnya suatu nada di antara dua nada.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka Anda bisa menentukan intonasi yang pas sesuai ukuran jarak tinggi dan rendahnya suatu nada di antara dua nada. Sebagai catatan, nada dasar sebuah karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.

3. Konsentrasi Bernyanyi dan Peka Terhadap Musik Pengiring

Saat bernyanyi pastikan diri Anda selalu konsentrasi dan peka terhadap alunan musik pengiring. Ini akan membantu Anda untuk memutuskan kapan waktu yang tepat memberikan penekanan tinggi rendahnya nada.

Intonasi adalah bagian teknik vokal yang menunjukan ketepatan pengucapan, sekaligus keakuratan irama nada. Dengan begitu, saat Anda berhasil mengeksekusi intonasi maka suaranya akan endak didengar dan memiliki harmonisasi.

4. Selera Musik Tinggi

Kalau Anda bercita-cita menjadi penyanyi terkenal, maka teruslah mempelajari musik. Sebab, saat memiliki selera atau sense of music yang tinggi Anda akan mampu mengikuti irama, tempo, dan menentukan intonasi yang sesuai dengan nada.

Oleh sebab itu, terus gali dan kembangkan lagi sisi musikalitas Anda agar intonasi nyanyian Anda semakin baik.

Kesimpulan

Intonasi adalah cara penyajian seorang penyanyi dalam mengeksekusi tinggi rendahnya nada. Ketepatan intonasi akan mempengaruhi suara musik yang layak didengar atau tidak. Secara garis besar, Anda harus bisa mengontrol napas hingga meningkatkan sisi musikalitas untuk memperbaiki intonasi nyanyian.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait