4 Tips dan Trik Memperbaiki Intonasi Nyanyian

Image title
15 Desember 2021, 21:02
intonasi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kelompok paduan suara lagu natal atau Christmas Carol tampil dalam perayaan Hari Natal secara terbuka di Jalur pedestrian kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Hari Natal secara terbuka yang digelar di 11 titik sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan stasiun MRT pada 18-20 Desember 2019 mulai pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Suara merdu adalah modal dasar yang harus dimiliki seorang penyanyi. Namun, hal itu pun perlu didukung faktor lainnya seperti nada, intonasi, artikulasi, hingga keselarasan harmoni antara suara dan alunan musik pengiring.

Bagi penyanyi pemula, wajib hukumnya untuk memahami dan mempelajari teknik vokal. Di mana, teknik vokal yang baik akan membantu penyanyi mendapatkan intonasi yang pas saat bernyanyi.

Berbicara soal intonasi, salah satu unsur teknik vokal ini punya peran cukup besar di dalam musik. Sebab, intonasi menjadi hal krusial untuk mendapatkan keakuratan tinggi rendahnya nada pada sebuah lagu.

Secara harfiah, pengertian intonasi adalah penyajian tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau oleh penyanyi. Bila melihat dari definisi ini, bisa diketahui kalau intonasi memiliki keterkaitan begitu kuat dengan nada. Umumnya, nada adalah sebuah bunyi dengan frekuensi tunggal dan normal. Artinya, suara tersusun sangat beraturan.

AWARDS-COUNTRY MUSIC
AWARDS-COUNTRY MUSIC (ANTARA FOTO/REUTERS/Harrison McClary/HP/sa.)

Sebuah lagu dengan irama yang indah memiliki tangga nada bervariasi. Tangga nada adalah deretan nada disusun berjenjang. Untuk mencapai nada tinggi ataupun nada rendah, seorang penyanyi harus menempatkan intonasi sesuai. Kalau tidak, maka suara dia akan fals atau tidak enak didengar.

Ini akan menjadi pengalaman memalukan. Alih-alih memukau penonton dengan pertunjukan bagus, justru yang terjadi adalah sebaliknya.

Jika Anda memiliki suara merdu tapi belum tahu cara mendapatkan intonasi yang tepat, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut tips dan trik cara memperbaiki intonasi nyanyian:

Tips dan Trik Mendapatkan Intonasi Bagus 

AWARDS-BILLBOARD
AWARDS-BILLBOARD (ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzuoni/FOC/dj)

 

1. Kontrol Pernapasan

Pernapasan adalah elemen penting dalam bermusik. Seorang penyanyi harus melatih dan mengontrol pernapasannya agar bisa mendapat ketepatan atau intonasi nada yang sesuai.

Mengeksekusi intonasi, khususnya untuk nada tinggi memerlukan napas panjang. Sebaliknya, mencapai intonasi nada rendah pun memerlukan kontrol napas yang baik.

Intonasi adalah momen ketika penyanyi harus mencapai nada tertentu. Mengontrol pernapasan, menjadi solusi bagi Anda yang belum bisa mendapatkan intonasi yang baik. Oleh karenanya, Anda juga perlu memahami macam-macam teknik pernapasan agar bisa memperbaiki intonasi nyanyian.

Mengutip dari situs Akupintar.id, berikut teknik dasar pernapasan dalam olah vokal:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...