5 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Badan dan Mental

Image title
15 Desember 2021, 20:45
Ilustrasi manfaat senam irama yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan mental
Pixabay
Ilustrasi manfaat senam irama yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan mental

Sempat hilang karena pembatasan aktivitas sepanjang pandemi Covid-19, kegiatan fisik seperti senam irama mulai kembali muncul disebagian masyarakat. Senam irama yang diiringi dengan musik ini juga dikenal sebagai senam ritmik dan masuk ke cabang senam artistik.

Aktivitas senam tersebut bisa dilakukan perorangan ataupun secara berkelompok, di mana gerakannya memiliki koreografi bernuansa akrobatik, tari modern, dan balet. Bukan hal yang mengherankan kalau manfaat senam irama juga baik bagi kesehatan. 

Senam irama juga masuk dalam kategori cabang olahraga yang di olimpiadekan dan berbeda dengan senam aerobik. Mulanya, senam irama diperuntukkan bagi kaum perempuan saja. Namun, seiring perkembangannya, Jepang justru menjadi negara yang mempelopori senam irama untuk pria. Adapun pelopor senam ini awalnya berasal dari Eropa dan diprakarsai beberapa pakar di bidang seni.

Senam irama juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, tergantung pada setiap gerakan yang dilakukan. Selain itu, ada banyak adopsi gerakan senam irama yang hanya diperuntukkan bagi kaum perempuan saja. 

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh

Ada beragam manfaat senam irama sebagai olahraga bisa dibilang bertolak belakang dengan olahraga berat seperti bersepeda, berenang, atau jogging. Olahraga tersebut membutuhkan kekuatan paru-paru dan jantung. Namun meski dalam senam irama tidak membutuhkan keduanya, banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang melakukan senam. Berikut penjebarannya yang dilansir dari Gramedia.com:

1. Melatih Kemampuan Menyeimbangkan Badan

Manfaat senam irama yang pertama adalah melatih keseimbangan badan. Melalui unsur inilah, Anda juga bisa melatih keseimbangan pada tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga postur tubuh dan meminimalkan risiko pembengkokan pada tulang belakang.

 2. Memperkuat Masa Otot

Senam irama apabila rutin dilakukan, oleh karenanya jaringan otot pada tubuh akan semakin kuat dan lentur. Hal itu disebabkan ada banyak gerakan ringan yang bisa dilakukan saat senam. Hal tersebut tentu membuat tubuh jadi lebih banyak menjangkau gerakan-gerakan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...