Pengertian, Ciri, dan Contoh Unsur Intrinsik dalam Cerpen

Dwi Latifatul Fajri
21 Desember 2021, 21:05
Unsur Intrinsik
Unsplash/Ergita Sela
Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen adalah cerita pendek yang memiliki alur tulisan yang ringkas dan jelas. Perbedaan cerpen dengan prosa atau karangan fiksi adalah konflik atau permasalah cerita. Cerpen hanya terdiri dari satu konflik saja. Selain itu tokoh dalam cerita umumnya berisi 3 sampai 5 orang.

Mengutip dari buku Unsur Pembangun Cerpen bahasa Indonesia karya Sutardi, cerpen adalah rangkaian cerita yang menjadi satu konflik antar tokoh atau dalam diri tokoh sendiri. Cerita bisa berhubungan dengan tempat, waktu, dan hubungan antar tokoh.

Dari penjelasan diatas cerpen berisi imajinasi, prosa, gagasan, pemikiran, dan pengalaman penulis yang membentuk sebuah peristiwa.

Ciri-ciri cerpen yaitu jumlah kata kurang dari 10.000 kata dan memiliki unsur pembangun. Ada dua unsur pembangun dalam cerpen antara lain unsur intrinsik dan ekstrinsik, seperti cerita fiksi.

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen itu sendiri. Intrinsik juga ada di dalam karya sastra yang memiliki ciri konkret.

Mengutip dari buku Konsep Dasar Kesusastraan: Paling Mutakhir, ciri-ciri unsur intrinsik menurut Pradopo meliputi pikiran, perasaan, genre sastra, gaya bahasa, gaya penceritaan, dan struktur karya sastra.

Unsur intrinsik terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar waktu, gaya, bahasa, sudut pandang, dan amanat.

  • Tema

Tema biasanya tidak dijelaskan dalam sebuah cerpen. Anda harus membaca terlebih dahulu alur cerita sehingga mengenali rangkaian peristiwa di dalamnya.

Tema adalah gagasan dasar yang menjadi latar belakang keseluruhan cerita. Tema bisa bersifat umum misalnya mengangkat permasalahan di lingkungan, pengalaman pribadi penulis, tema pendidikan, sejarah, dan masih banyak lagi.

  • Tokoh

Tokoh merupakan unsur penting untuk mengembangkan cerita cerpen. Tokoh dalam cerita menggambarkan karakter tokoh, pengungkapan jalan pikiran, penggambaran fisik, dan gambaran lingkungan tempat tinggal tokoh.

  • Alur

Cerpen biasanya memakai alur maju. Alur adalah rangkaian peristiwa dalam sebuah cerita. Alur dibagi menjadi alur maju, mundur, dan alur campuran.

Rangkaian peristiwa dalam alur diawalai dengan perkenalan tokoh atau cerita, konflik, penyelesaian, dan keputusan.

Dalam sebuah alur adalah konflik yang muncul bersamaan dengan tokoh. Konflik adalah permasalahan yang terjadi pada tokoh utama. Konflik ini mengakibatkan pertentangan antar tokoh utama dengan tokoh lain.

  • Sudut Pandang

Sudut pandang adalah segi pandang penulis sebagai pengamat di luar cerita. Pengarang bisa memakai kata ganti orang ketiga untuk menceritakan peristiwa atau tokoh utama. Pengarang bisa mengganti tokoh utama dengan sebutan aku yang memakai kata ganti pertama.

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa berguna untuk menciptakan nada atau suasana persuasif. Gaya bahasa ini memperlihatkan dialog dan interaksi antar tokoh. Penulis perlu memakai bahasa yang cermat untuk menceritakan suasana dan imajinasi pembaca.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...