12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Mudah

Image title
28 Desember 2021, 10:34
Ilustrasi cara menghilangkan kantung mata
Pexels/SHVETS
Ilustrasi cara menghilangkan kantung mata

Kebiasaan begadang dapat berdampak pada munculnya kantung mata. Terbentuknya kantung mata merupakan efek dari berkurangnya lemak akibat penuaan dan kurang tidur, menurut Harvard Health Publishing.

Kantung mata merupakan hal normal yang dimiliki banyak orang. Biasanya, kantung mata muncul disertai lingkaran hitam, sehingga dapat membuat penampilan tampak lebih tua dan sulit untuk dihilangkan.

Kemunculan kantung mata biasanya bukan karena permasalahan kesehatan yang serius. Tetapi, kemunculannya mungkin mengganggu dalam aspek kecantikan. Hal tersebut sering terjadi akibat kelelahan. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kantung mata.

Faktor Penyebab Kantung Mata

Mengutip Alodokter, faktor penyebab kantung mata meliputi:

  • Pengumpulan cairan 

Pengumpulan cairan terutama saat bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin juga menjadi penyebab bawah mata menjadi hitam. Sebaiknya mengosumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi kolagen, seperti ikan, ayam, putih telur dan sayuran hijau.

  • Kurang tidur

Kurang tidur dan istirahat cukup akan menyebabkan darah tidak mampu mengalir dengan baik, termasuk ke daerah mata. Hal itu mengakibatkan darah menjadi menumpuk di daerah bawah mata yang memiliki kulit sangat tipis.

  • Alergi

Mata kering dan reaksi alergi bisa memicu munculnya lingkaran hitam pada mata. Saat mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap penyebab alergi. Histamin inilah yang menyebabkan pembuluh darah melebar termasuk pada bagian bawah mata.

  • Merokok dan minum alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol selain tidak sehat, juga menyebabkan kantung mata menghitam. Merokok dan minum alkohol dapat memicu kerusakan kolagen dan membuat kulit menjadi kusam dan mengendur.

  • Keturunan

Kantung mata yang menghitam bisa juga disebabkan oleh faktor genetik/keturunan yang dimiliki orang tua. Tak hanya itu, orang yang berkulit gelap memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kantung mata yang menghitam.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami dapat dicoba sebagai berikut.

1. Kompres mata dengan es batu

Mengompres mata dengan handuk berisi es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan kompres ke mata.

Anda juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama. Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau es mencair.

2. Tidur lebih awal

Mengutip publikasi California State University Northridge, orang yang tidak mendapatkan cukup tidur pada malam hari akan membuat pembuluh darah dalam tubuh melebar, sehingga mengakibatkan peningkatan aliran darah.

Selain itu, kulit di bawah mata lebih tipis, sehingga mudah berubah warna menjadi gelap, disebabkan oleh peningkatan aliran darah. Hal itu yang menyebabkan munculnya kantung mata. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu menghilangkan kantung mata.

3. Tinggikan kepala saat tidur

Menurut ahli kecantikan Karly O'Keefe dalam Insider.com, meninggikan kepala saat tidur dapat mengurangi kantung mata. Coba tinggikan kepala dengan menggunakan bantal tambahan.

Cara ini akan mencegah cairan menggenang di bawah mata dan mencegah pembengkakan dan peradangan. Jika Anda tidur dengan posisi telentang, cairan dapat menggenang di kelopak mata bagian bawah dan menyebabkan munculnya kantung mata.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...