7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Image title
31 Desember 2021, 16:27
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering.
Pexels.com
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering.

Kulit kering (xerosis) menjadi masalah yang menyebalkan bagi sebagian orang. Jika tidak dicoba untuk dirawat, kulit bisa menunjukan gejala-gejala yang cukup mengganggu, seperti kulit mengelupas, pecah-pecah, hingga tampka kusam.

Sebagian besar masalah kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan yang melenyapkan kelembaban kulit, seperti udara kering ketika cuaca dingin.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Ada berbagai pengobatan rumahan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Sebagian besar perawatan di bawah ini dapat digunakan sebagai pelembab. Cara terbaik untuk menggunakan pelembab adalah dengan mengoleskannya secara bebas ke kulit yang lembab setelah mandi dan biarkan meresap.

Mengutip Medical News Today dan Healthline, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering:

1. Madu

Sebuah tinjauan berjudul "Medicinal and cosmetic uses of Bee’s Honey – A review (2012)" mencatat bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan madu merupakan bahan alami yang cukup bermanfaat untuk berbagai jenis penyakit kulit.

Berbagai penelitian telah menemukan madu bisa digunakan sebagai pelembab, bahan penyembuhan, dan antiinflamasi.

Hal tersebut menunjukan bahwa perawatan kulit dengan memanfaatkan madu merupakan alternatif yang aman untuk dicoba bagi mereka yang hendak merawat kulit kering. Bahan alami ini dapat diterapkan langsung ke area kulit.

2. Minyak Biji Bunga Matahari

Sebuah studi berjudul "Effect of Olive and Sunflower Seed Oil on the Adult Skin Barrier: Implications for Neonatal Skin Care (2013)" menemukan bahwa minyak biji bunga matahari ampuh untuk meningkatkan hidrasi ketika digunakan sebagai pelembab di area lengan.

Namun demikian, studi yang sama menemukan bahwa minyak zaitun dapat merusak penghalang kulit. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua minyak alami cocok untuk digunakan sebagai pelembab.

3. Minyak Kelapa

Minyak alami lain yang bekerja dengan baik untuk merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak kelapa sama aman dan efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering. Minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Seperti yang dijelaskan dalam penelitian berjudul "Moisturizers: The Slippery Road (2016)", minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien. Emolien adalah lemak atau minyak yang bertindak sebagai pelembab dengan mengisi celah di kulit kering dan membuatnya halus.

4. Minum Susu

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu. Bahan yang satu ini dapat meredakan kulit kering, tetapi tidak untuk dioleskan ke kulit. Penelitian dari 2015 menunjukkan bahwa menu diet, termasuk susu, dapat memperbaiki kulit kering.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...