Ciri-ciri, Contoh dan Dampak Positif Negatif Globalisasi

Dwi Latifatul Fajri
31 Desember 2021, 17:03
Globalisasi
pixabay.com/geralt
Contoh Globalisasi

Globalisasi sering dikaitkan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Sebenarnya apa itu globalisasi?

Menurut sejarah, globalisasi berkembang sekitar tahun 1000 sampai 1500 masehi. Berawal dari pedagang Cina dan India menelusuri jalur darat untuk berdagang.

Teknologi pada masa lalu, belum secanggih sekarang untuk berkomunikasi. Kemudian, perkembangan teknologi diawali adanya revolusi industri di Inggris. Hal ini menyebabkan perkembangan teknologi di segala bidang.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah sebuah proses dimana terjadi interaksi sosial, ketergantungan antarnegara, dan manusia di dunia yang makin besar. Globalisasi terjadi berkat kemajuan teknologi, informasi, dan transportasi yang menyebar di seluruh dunia.

Mengutip dari buku Sosiologi: Jilid 3, globalisasi berasal dari kata globe yang artinya bola dunia. Kata globalisasi bisa diartikan sebagai tindakan yang mendunia.

Pengertian globalisasi ini menjelaskan dunia begitu luas, seolah seperti kertas yang dilipat menjadi kecil.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Giddens

Globalisasi adalah ketergantungan masyarakat di dunia yang semakin meningkat. Ketergantungan ini membuat kesenjangan antara masyarakat industri dan dunia ketiga.

IMF (1997)

Globalisasi menjelaskan ketergantungan ekonomi antar negara di dunia. Ekonomi ini dapat meningkatkan volume transaksi barang dan jasa.

A.G. Me Gew

Mengacu pada keterkaitan antar negara untuk membentuk sistem dunia modern. Proses globalisasi bisa menjadi keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang membawa konsekuensi penting pada masyarakat.

Ciri-ciri Globalisasi

Mengutip dari buku Geografi dan Sosiologi, istilah globalisasi mengacu pada perubahan dalam sistem ekonomi dunia, seperti melalui perdagangan dan pertukaran budaya.

Berikut ciri-ciri umum globalisasi:
  • Meningkatnya Perdagangan Global

Kerjasama antar negara, membuat barang-barang diimpor dari luar negeri. Contohnya saja jika anda mencari barang elektronik, bisa pergi ke toko dan menemukan berbagai macam barang.

Selain barang-barang, globalisasi membuat pertukaran budaya di dunia. Contohnya anda bisa menikmati makanan pizza tanpa harus pergi ke Italia.

Danya globalisasi bisa mengubah konsep ruang dan waktu. Terjadi pergerakan massa, yang memungkinkan pertukaran informasi dan budaya tanpa terbatas waktu.

  • Meningkatnya Aliran Modal Internasional dan Investasi

Ciri globalisasi selanjutnya adalah sumber daya alam Indonesia bisa dikirim ke luar negeri. Contohnya ekspor kerajinan keramik, industri semen, dan masih banyak lagi.

Sumber daya alam ini bisa menambah modal investasi dari luar negeri. Selain itu bisa meningkatkan perdagangan dalam negeri.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...