5 Manfaat Wedang Jahe Bisa Diracik dengan Mudah di Rumah

Berikut lima manfaat wedang jahe yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dan berkhasiat untuk menjaga stamina dan kebugaran badan.
Image title
3 Januari 2022, 20:26
Ilustrasi lima manfaat wedang jahe yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dan berkhasiat untuk menjaga stamina dan kebugaran badan.
Times of India
Ilustrasi lima manfaat wedang jahe yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dan berkhasiat untuk menjaga stamina dan kebugaran badan.

Wedang jahe terkadang disajikan di atas meja makan masyarakat Indonesia, selain kopi dan teh. Ini karena, selain nikmat, manfaat wedang jahe juga baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Secara biologis, jahe masuk dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain, seperti kencur, kunyit dan lengkuas. Salah satu bahan bumbu dapur ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Popularitas jahe di kalangan masyarakat karena memiliki akar sejarah yang kuat. Karena jahe sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, tentu sebagai orang Indonesia terbilang mudah untuk mendapatkannya. Disebutkan juga jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia sehingga banyak orang di luar Asia yang menginginkannya baik dalam bentuk bubuk atau masih utuh.

Manfaat Wedang Jahe

Selain memiliki sejarah yang panjang sebagai bahan dapur dan minuman di Indonesia, masih ada beragam manfaat wedang jahe yang sangat berkhasiat untuk tubuh yang dilansir dari Alodokter.com:

Advertisement

1. Meringankan Rasa Sakit Akibat Haid

Mengonsumsi wedang jahe secara rutin dapat membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Agar bisa mendapatkan manfaat wedang jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi wedang jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Kolesterol

Sebuah catatan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health - mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

 3. Menguatkan Imunitas Tubuh

Manfaat wedang jahe berikutnya adalah membuat imunitas menjadi prima. Ada kandungan vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

4. Meredakan Sakit Otot

Meminum wedang jahe secara rutin juga bisa membantu kita untuk meredakan sakit otot. Dilansir dari studi University of Georgia, Amerika Serikat (AS), jahe memiliki efek anti peradangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Namun, banyak sumber mengatakan jika meredakan sakit otot merupakan manfaat dari jahe merah.

 5. Mengobati Masalah Pencernaan

Di antara manfaat wedang jahe adalah kemampuan untuk mengatasi dan mencegah masalah pencernaan. Dipercaya jika ekstrak minyaknya mampu mengatasi masalah layaknya sakit perut karena kandungan antibakterinya. Gangguan di pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk, sehingga konsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Masalah pencernaan tersebut dapat ditanggulangi dengan adanya sifat antibakteri tersebut, manfaat jahe merah lainnya adalah sebagai pengawet alami pada makanan yang rentan disusupi bakteri. Di sisi lain, rasa hangat yang dihasilkan saat mengonsumsi jahe juga membuat sistem pencernaan lebih rileks. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi jahe secara rutin.

Cara Membuat Wedang Jahe dengan Mudah di Rumah

Untuk mendapatkan manfaat wedang jahe secara prima, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memasaknya dengan mudah dan murah di rumah:

  • Parut 1,5 sendok teh jahe segar
  • Rebus empat gelas air
  • Tambahkan jahe ke dalam air
  • Biarkan jahe meresap selama sekitar lima hingga sepuluh menit
  • Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe
  • Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin. Selain jahe, Anda bisa menambahkan madu dan perasan air lemon agar rasanya lebih bervariasi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait