5 Manfaat Wedang Jahe Bisa Diracik dengan Mudah di Rumah

Image title
3 Januari 2022, 20:26
Ilustrasi lima manfaat wedang jahe yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dan berkhasiat untuk menjaga stamina dan kebugaran badan.
Times of India
Ilustrasi lima manfaat wedang jahe yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dan berkhasiat untuk menjaga stamina dan kebugaran badan.

Wedang jahe terkadang disajikan di atas meja makan masyarakat Indonesia, selain kopi dan teh. Ini karena, selain nikmat, manfaat wedang jahe juga baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Secara biologis, jahe masuk dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain, seperti kencur, kunyit dan lengkuas. Salah satu bahan bumbu dapur ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Popularitas jahe di kalangan masyarakat karena memiliki akar sejarah yang kuat. Karena jahe sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, tentu sebagai orang Indonesia terbilang mudah untuk mendapatkannya. Disebutkan juga jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia sehingga banyak orang di luar Asia yang menginginkannya baik dalam bentuk bubuk atau masih utuh.

Manfaat Wedang Jahe

Selain memiliki sejarah yang panjang sebagai bahan dapur dan minuman di Indonesia, masih ada beragam manfaat wedang jahe yang sangat berkhasiat untuk tubuh yang dilansir dari Alodokter.com:

1. Meringankan Rasa Sakit Akibat Haid

Mengonsumsi wedang jahe secara rutin dapat membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Agar bisa mendapatkan manfaat wedang jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi wedang jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Kolesterol

Sebuah catatan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health - mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement