11 Cara Mengecilkan Perut Buncit Beserta Penjelasan Ilmiah

Image title
6 Januari 2022, 11:16
Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit
Unsplash/Towfiqu Barbhuiya
Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit

Perut buncit merupakan permasalahan kesehatan yang sering dialami sebagian orang. Mengecilkan perut buncit bukan hanya sekadar mementingkan penampilan, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Memiliki perut yang ramping dapat membuat tubuh merasa lebih bugar dan ringan. Perut yang membuncit merupakan hal normal jika terjadi setelah makan besar karena lambung menjadi penuh untuk menampung makanan. Setelah makanan diproses, perut akan menjadi normal kembali.

Tetapi, perut buncit yang terus muncul merupakan tanda masalah kesehatan. Menurut buku Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat, perut buncit adalah keadaan lingkar perut yang melebihi 102 sentimeter pada pria dan 88 sentimeter pada wanita.

Jika Anda memiliki pola hidup yang tidak sehat, lemak dapat menumpuk sehingga menyebabkan perut buncit. Memiliki lemak perut yang berlebih tidak hanya dialami oleh orang-orang yang kelebihan berat badan, orang dengan berat badan normal pun dapat memiliki lemak perut berlebih sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Terdapat berbagai cara mengecilkan perut buncit yang dapat Anda coba.

1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Menurut buku Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat, makanan berserat tinggi dapat membantu mengecilkan perut buncit karena membantu tubuh agar kenyang lebih lama. Serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

Contoh makanan berserat tinggi adalah kubis, alpukat, kacang polong, dan beri hitam. Peningkatan asupan serat merupakan langkah penting untuk mengecilkan perut buncit.

2. Olahraga kardio

Latihan kardiovaskular atau aerobik adalah cara terbaik bagi seseorang untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung mereka.

Penelitian oleh Prof. Dirk Vissers dari University of Antwerp yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menunjukkan bahwa latihan aerobik tingkat sedang hingga berat dapat mengurangi lemak pada orang yang kelebihan berat badan tanpa perlu mengurangi asupan kalori.

Banyak olahraga kardio yang efektif dalam memangkas lemak di perut dan memperkuat area perut tubuh seseorang. Beberapa contoh olahraga kardio yang dapat mengecilkan perut buncit meliputi berlari, berjalan, dan berenang.

3. Makan banyak biji-bijian dan protein

Mengganti asupan karbohidrat dengan biji-bijian dapat menyehatkan tubuh dan membantu mengecilkan perut buncit, menurut penelitian dari studi Pennsylvania State University.

Orang yang makan biji-bijian dapat mengurangi lemak perut dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak makan sama sekali.

Biji-bijian utuh mengurangi produksi insulin, yaitu hormon yang mendorong penyimpanan lemak sehingga lebih mudah untuk menghilangkan lemak perut.

Supaya lebih optimal, konsumsi biji-bijian dengan protein tinggi. Dalam sebuah penelitian di Denmark terhadap 60 pria dan wanita, mereka yang mengikuti diet dengan mengonsumsi 25% kalori dari protein dapat menghilangkan lemak hampir dua kali lebih banyak setelah enam bulan dibandingkan mereka yang makan diet dengan 12% protein.

Konsumsi biji-bijian dan protein seperti beras merah dan telur untuk sarapan, roti gandum dengan ikan, yogurt atau susu rendah lemak, serta sayuran seperti wortel, bit, dan brokoli.

4. Mengonsumsi semangka

Menurut sebuah studi dalam Journal of Nutrition, semangka mengandung asam amino arginin yang dapat menurunkan berat badan. Para peneliti melakukan penelitian dengan arginin selama tiga bulan dan menemukan bahwa kandungan tersebut mengurangi peningkatan lemak tubuh sebesar 64%.

Dengan mengonsumsi semangka, tubuh dapat meningkatkan oksidasi lemak dan glukosa serta meningkatkan massa otot sehingga dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Camilan semangka di musim panas, dan makan sumber arginin lainnya, seperti makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian mampu mengecilkan perut buncit.

5. Jalan selama 30 menit setiap hari

Kombinasi diet dan olahraga merupakan cara paling efektif untuk mengecilkan perut buncit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga berat tidak perlu dilakukan, cukup berjalan selama 30 menit setiap hari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...