Ini Bahaya Begadang bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Image title
7 Januari 2022, 10:52
Bahaya begadang bagi kesehatan fisik dan mental cukup signifikan. Bahaya sering begadang, bahkan pernah disinggung oleh sang raja dangdut Rhoma Irama dalam lagunya yang berjdulud begadang.
Unsplash/Alexandra Gorn
Ilustrasi begadang.

Bahaya begadang dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Bahaya sering begadang, bahkan sampai disinggung oleh sang raja dangdut Rhoma Irama, dalam lagunya berjudul "Begadang".

Melansir dari situs This Deakin University, Dr. Melissa Weinberg dari Fakultas Kesehatan menjelaskan, bahaya begadang bagi kesehatan. “Jika Anda tidak tidur, otak tidak memiliki kesempatan untuk mengonsolidasi informasi,”

Sementara itu, bahaya begadang bagi wanita juga tak bisa dianggap enteng. Berbagai masalah kesehatan fisik seperti naiknya berat badan, serta masalah mental seperti depresi, menjadi contoh sederhana bahaya begadang bagi wanita.

Bagi sebagian orang, begadang memang tidak bisa dihindarkan. Pekerja dengan sistem shifting, tentu sulit menghindari begadang. Namun, dengan mengetahui bahaya begadang bagi kesehatan, setidaknya bisa membantu Anda untuk lebih waspada terhadap kondisi tubuh, dan tahu hal-hal apa yang harus dilakukan.

Bahaya Begadang bagi Kesehatan 

Majalah daring Bustle mengungkapkan ada tujuh masalah kesehatan, yang merupakan bahaya dari sering begadang. Sekali lagi, bahaya begadang ini tidak bisa dianggap remeh, karena bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah tujuh bahaya begadang bagi kesehatan, yang sebaiknya dihindari.

1. Meningkatnya Gula Darah

Pada 2015 situs edukasi kesehatan Mayo Clinic membeberkan penelitian, tentang bahaya begadang, dan kaitannya dengan meningkatnya gula darah. Penelitian tersebut dilakukan hanya dalam skala kecil, tapi hasilnya menunjukkan bahwa, risiko naiknya gula darah cukup signifikan pada wanita.

Meningkatnya gula darah, yang merupakan salah satu bahaya begadang bagi wanita tentu tidak bisa disepelekan. Naiknya gula darah berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh secara umum.

Mudah lelah, sakit kepala hingga masalah jantung dan ginjal, jadi efek jangka panjang akibat gula darah yang tinggi. 

2. Berat Badan Naik

 Bahaya begadang yang berikutnya, adalah naiknya berat badan. Kenaikan berat badan ini tidak berlangsung seketika, tapi hal ini terjadi karena pola makan yang berubah. Selain mengubah pola makan, bahaya begadang yang tidak kita sadari adalah pemilihan jenis makanan itu sendiri.

Ketika begadang, kita tidak sadar mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Tanpa disadari, kita cenderung memilih makanan instan seperti junk food saat begadang. Seperti kita tahu, makanan cepat saji tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh, dan menyebabkan naiknya berat badan.

3. Mengganggu Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang ada dalam tubuh kita, dan bahaya begadang bagi kesehatan adalah mengganggu kesehatan jantung. Mengutip dari CBS News, penelitian pada 2017 mengungkapkan bahaya begadang bagi kesehatan jantung.

Penelitian yang berkaitan dengan bahaya begadang, dilakukan oleh University of Arizona. Sierra Forbush, asisten penelitian tersebut menggunakan istilah social jet lag, terkait bahaya begadang bagi kesehatan, dan hubungannya dengan kesehatan jantung.

(Begadang) menyebabkan social jet lag, yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung Anda. Efek yang dirasakan sehari-hari adalah mudah lelah, hingga suasana hati tak karuan,” ujar Sierra.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...