15 Cara Menenangkan Pikiran agar Tidak Stres

Dwi Latifatul Fajri
9 Januari 2022, 12:49
Cara Menenangkan Pikiran
pixabay.com/kalyanayahaluwo
Cara Menenangkan Pikiran Agar Tidak Stres

Cara menenangkan pikiran yang tepat dibutuhkan untuk meredakan stres dan meningkatkan produktivitas. Contohnya, menenangkan pikiran ketika suasana hati sedang tidak menentu atau kacau, ingin cepat tidur, dan mengurangi stres.

Ada berbagai cara untuk menumbuhkan rasa tenang dan santai di dalam pikiran. Cara ini telah diuji oleh peneliti untuk menunjukkan energi, kreativitas, dan perhatian untuk mengatasinya.

Beberapa orang mengalami rasa cemas, stres, dan terlalu banyak berpikir. Stres bisa berdampak pada tubuh dan energi. Selain itu, juga stres bisa mempengaruhi kecerdasan emosional dalam pengambilan keputusan.

Ada berbagai cara untuk menenangkan pikiran yang kacau. Menurut penelitian cara ini bisa memunculkan ide dan kreativitas ketika tidak fokus. Berikut beberapa cara untuk menenangkan hati dan pikiran.

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Mengutip dari berkeley.edu, cara menenangkan hati dan pikiran bisa dilakukan di tengah kegiatan kegiatan produktif. Cara-cara sederhana ini membuat Anda lebih rileks dan tenang untuk menghadapi rutinitas.

1. Pernapasan

Cara sederhana menenangkan hati dan pikiran adalah bernapas. Pernapasan ini bisa dilakukan dimanapun. Pernapasan membentuk mengaktifkan sistem saraf untuk merespon ketenangan dalam tubuh.

Cobalah untuk istirahat sejenak, kemudian menghirup dan menghembuskan udara secara teratur. Cara menarik nafas dalam 4 hitungan, kemudian hembuskan nafas sebanyak dua kali lebih lama (misal hitungan keenam atau kedelapan).

Ketika Anda melakukan pernapasan, sistem saraf parasimpatis akan aktif untuk mengurangi detak jantung dan tekanan darah.

2. Self Compassion

Self Compassion adalah kemampuan seseorang untuk menyadari emosi yang ada dalam diri sendiri. Emosi ini bisa muncul ketika dihadapkan pada kegagalan. Self compassion menjadi cara untuk memperoleh kehidupan membahagiakan dan positif.

Mengutip dari Usd.ac.id, contoh dari self compassion adalah rasa peduli pada diri sendiri, memahami kegagalan diri sendiri, peduli, dan menerima kegagalan tersebut. Bisa dibilang self compassion adalah cara memahami dan menerima diri sendiri.

3. Komunikasi

Kasih sayang dari orang lain dibutuhkan untuk menenangkan pikiran. Jika ada hal-hal yang mengganggu, cobalah untuk berkomunikasi pada orang lain. Kebaikan dan kasih sayang membantu diri sendiri untuk menghadapi kesulitan.

Carilah bahan obrolan bersama orang terdekat untuk mengungkapkan emosi dan stres. Luangkan waktu untuk bernapas, peduli pada diri sendiri, dan terhubung dengan orang lain. Hal ini membantu untuk mendapatkan energi dan ketenangan.

Cara Menenangkan Pikiran agar Tidak Stres

Jika Anda merasa cemas, takut, dan panik cobalah untuk mengatasi sesuai kemampuan. Cara sederhana bisa membantu Anda untuk mengatasi stres yang hadir.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...