6 Dampak Pemanasan Global Ini Punya Dampak Signifikan

Berikut penjelasan enam dampak pemanasan global yang memiliki langsung terhadap situasi dan keberlangsungan manusia di muka bumi.
Image title
10 Januari 2022, 20:06
Salah satu ilustrasi kebakaran hutan yang timbul akibat dampak pemanasan global.
ANTARA FOTO/REUTERS/Costas Baltas/hp/cfo
Salah satu ilustrasi kebakaran hutan yang timbul akibat dampak pemanasan global.

Dampak pemanasan global dewasa ini semakin terasa. Hal ini bisa Anda temukan saat terjadi gejala alam yang tak wajar, seperti permukaan laut meningkat, perubahan musim berlangsung lebih cepat dari biasanya, serta kejadian alam lainnya. Dampak alam ini disebut dengan perubahan iklim.

Kondisi alam tersebut termasuk dalam beberapa dampak pemanasan global yang perlu diperhatikan. Ini mengingat, kondisi tersebut bisa sangat berbahaya dan merugikan kehidupan umat manusia.

Oleh karenanya, isu pemanasan global selalu menjadi perbincangan banyak kalangan, mulai dari ilmuwan, ahli, aktivis, bahkan masyarakat biasa yang terkena dampaknya. Itu menyusul dampak pemanasan global yang sangat besar dan berbahaya bagi lingkungan, ekosistem dan kesehatan umat manusia.

Adapun penyebab dari kejadian alam terbesar ini bisa dari banyak hal, seperti penggunaan bahan bakar fosil dan berbagai kegiatan alih guna lahan. Selain itu, mengubah hutan menjadi pembangunan, perkebunan, atau pertanian juga menjadi beberapa penyebab munculnya dampak pemanasan global.

Advertisement

Di samping itu, laju perkembangan zaman seiring meningkatnya teknologi juga ikut memengaruhi situasi alam dan lingkungan. Alhasil, tanpa adanya perhatian masyarakat terhadap lingkungan, berisiko merusak alam.

Apalagi, berbagai kegiatan-kegiatan tak ramah lingkungan juga akan menghasilkan gas-gas yang merusak atmosfer, seperti pada proses efek rumah kaca. Tanpa perhatian khusus, dampak pemanasan global akan memengaruhi keberlangsungan dan keseimbangan alam, serta kualitas hidup makhluk bumi.

Pemanasan Global

Sebelum masuk ke dampak pemanasan global, Anda perlu mengenal apa itu pemanasan global. Pemanasan global atau global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata di atmosfer, laut, dan daratan bumi yang sangat ekstrim, sehingga memengaruhi ketidakseimbangan ekosistem di Bumi.

Kemunculan gejala ketidakseimbangan alam ini tidak secara tiba-tiba, namun terjadi dalam jangka periodik yang cukup lama. Tercatat, pemanasan global ini menunjukan kenaikan suhu rata-rata global pada permukaan Bumi ke angka 0,74 ± 0.18 °C (1,33 ± 0,32 °F) dalam seratus tahun terakhir.

Fenomena terjadinya pemanasan global juga ditunjukkan oleh peristiwa mencairnya salju es di Kutub Bumi dan berbagai tempat atau daerah yang memiliki temperatur suhu cenderung naik di seluruh dunia. Bahkan, mencairnya es di Kutub Bumi juga membawa permasalahan baru, di mana permukaan laut telah menggerus daratan secara signifikan.

Dampak Pemanasan Global

Naiknya suhu bumi tentu meruak kawasan kutub baik Selatan dan Utara, serta menghancurkan bongkahan es yang ada di sana. Selain itu, masih banyak dampak pemanasan global yang dilansir dari situs Gramedia.com, seperti:

1. Menggerusnya Bongkahan Es di Kutub

Dampak pemanasan global membuat membuat daerah kutub menjadi negatif. Karena membuat bongkahan es yang ada di wilayah itu menjadi cair. Es di kutub mencair disebabkan karena suhu bumi meningkat karena beberapa faktor. Terhitung dalam 30 tahun terakhir, es di kutub sudah mencair karena pemanasan global dengan jumlah mencapai 28 triliun ton.

2. Krisis Air Bersih

Ketersediaan air bersih dan layak konsumsi menjadi dampak pemanasan global yang cukup mengerikan. Karena ketersediaan air bersih yang kurang akan membuat krisis air bersih yang sangat merugikan umat manusia. Krisis air bersih ini bisa terjadi karena pemanasan global bisa membuat air di dalam tanah banyak yang menguap sehingga air bersih pun sulit didapatkan.

3. Kebakaran Hutan

Situasi pemanasan global yang di luar kendali dapat mengakibatkan peningkatan suhu yang sangat tinggi sehingga dapat memicu kebakaran hutan. Kehilangan hutan tentu adalah hal yang paling buruk bagi alam dan bumi.

Hal itu pernah terjadi di California, Amerika Serikat kebakaran hutan besar-besaran yang kemudian menurut ilmuwan disebabkan karena meningkatnya suhu akibat pemanasan global.

4. Hujan Asam dan Kabut Asap

Hujan asam dan kabut asap akan menjadi dampak pemanasan global yang spesifik merugikan alam dan umat manusia. Seperti kabut asap yang ditimbulkan karena kebakaran hutan akan berdampak pula bagi kesehatan manusia. Pemanasan global memang sangat berdampak besar bagi kelangsungan hidup di bumi.

5. Munculnya Krisis Pangan

Dampak pemanasan global berikutnya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak adalah pengelolaan ketersedian pangan karena dapat meningkat suhu laut sehingga berpengaruh pada kematian biota laut. Jika kita kekurangan pasokan populasi ikan dan hewan laut, maka kita akan mengalami krisis pangan yang dapat sangat menyulitkan manusia.

6. Punahnya Fauna Dunia

Pemanasan global memiliki dapat langsung terhadap terjadinya kelangkaan populasi hewan. Hal ini bisa terjadi karena banyak populasi hewan yang kehilangan habitatnya karena perubahan iklim yang ekstrim akibat pemanasan global.

Jika habitat asli mereka hilang maka akan membuat hewan-hewan bermigrasi. Namun jika mereka tidak bisa beradaptasi dengan habitat baru, hewan tidak bisa bertahan hidup dan banyak yang mati.

Demikianlah enam penjelasan mengenai dampak pemanasan global yang akan berpengaruh langsung terhadap tata kehidupan di muka bumi. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka umat manusia harus menjaga lingkungan dengan mengurangi kendaraan bahan bakar fosil serta memperbanyak tumbuhan dan ruang hijau untuk ekosistem alam.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait