6 Dampak Pemanasan Global Ini Punya Dampak Signifikan

Image title
10 Januari 2022, 20:06
Salah satu ilustrasi kebakaran hutan yang timbul akibat dampak pemanasan global.
ANTARA FOTO/REUTERS/Costas Baltas/hp/cfo
Salah satu ilustrasi kebakaran hutan yang timbul akibat dampak pemanasan global.

Dampak pemanasan global dewasa ini semakin terasa. Hal ini bisa Anda temukan saat terjadi gejala alam yang tak wajar, seperti permukaan laut meningkat, perubahan musim berlangsung lebih cepat dari biasanya, serta kejadian alam lainnya. Dampak alam ini disebut dengan perubahan iklim.

Kondisi alam tersebut termasuk dalam beberapa dampak pemanasan global yang perlu diperhatikan. Ini mengingat, kondisi tersebut bisa sangat berbahaya dan merugikan kehidupan umat manusia.

Oleh karenanya, isu pemanasan global selalu menjadi perbincangan banyak kalangan, mulai dari ilmuwan, ahli, aktivis, bahkan masyarakat biasa yang terkena dampaknya. Itu menyusul dampak pemanasan global yang sangat besar dan berbahaya bagi lingkungan, ekosistem dan kesehatan umat manusia.

Adapun penyebab dari kejadian alam terbesar ini bisa dari banyak hal, seperti penggunaan bahan bakar fosil dan berbagai kegiatan alih guna lahan. Selain itu, mengubah hutan menjadi pembangunan, perkebunan, atau pertanian juga menjadi beberapa penyebab munculnya dampak pemanasan global.

Di samping itu, laju perkembangan zaman seiring meningkatnya teknologi juga ikut memengaruhi situasi alam dan lingkungan. Alhasil, tanpa adanya perhatian masyarakat terhadap lingkungan, berisiko merusak alam.

Apalagi, berbagai kegiatan-kegiatan tak ramah lingkungan juga akan menghasilkan gas-gas yang merusak atmosfer, seperti pada proses efek rumah kaca. Tanpa perhatian khusus, dampak pemanasan global akan memengaruhi keberlangsungan dan keseimbangan alam, serta kualitas hidup makhluk bumi.

Pemanasan Global

Sebelum masuk ke dampak pemanasan global, Anda perlu mengenal apa itu pemanasan global. Pemanasan global atau global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata di atmosfer, laut, dan daratan bumi yang sangat ekstrim, sehingga memengaruhi ketidakseimbangan ekosistem di Bumi.

Kemunculan gejala ketidakseimbangan alam ini tidak secara tiba-tiba, namun terjadi dalam jangka periodik yang cukup lama. Tercatat, pemanasan global ini menunjukan kenaikan suhu rata-rata global pada permukaan Bumi ke angka 0,74 ± 0.18 °C (1,33 ± 0,32 °F) dalam seratus tahun terakhir.

Fenomena terjadinya pemanasan global juga ditunjukkan oleh peristiwa mencairnya salju es di Kutub Bumi dan berbagai tempat atau daerah yang memiliki temperatur suhu cenderung naik di seluruh dunia. Bahkan, mencairnya es di Kutub Bumi juga membawa permasalahan baru, di mana permukaan laut telah menggerus daratan secara signifikan.

Dampak Pemanasan Global

Naiknya suhu bumi tentu meruak kawasan kutub baik Selatan dan Utara, serta menghancurkan bongkahan es yang ada di sana. Selain itu, masih banyak dampak pemanasan global yang dilansir dari situs Gramedia.com, seperti:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...